Comscore Tracker

7 Cara Efektif Mengobati Batuk dan Pilek, Gak Perlu ke Dokter!

Batuk dan pilek sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya kok

Perlu kamu ketahui, bahwa batuk dan pilek umumnya disebabkan oleh virus. Karena ini merupakan virus, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya kok. Meski begitu, kondisi ini bisa mengganggu aktivitasmu. Minum antibiotik juga tak kunjung sembuh. Karena biasanya obat antibiotik untuk mengobati bakteri, bukan virus. Terus, kita harus ngapain dong?

Tenang, berikut ini cara mengobati batuk dan pilek dalam semalam, dilansir dari berbagai sumber:

1. Minum teh campur madu untuk menipiskan lendir

7 Cara Efektif Mengobati Batuk dan Pilek, Gak Perlu ke Dokter!pexels.com/bruce mars

Batuk dan pilek biasanya menimbulkan lendir atau ingus yang berlebihan. Biasanya lendir ini menumpuk di belakang tenggorokan (postnasal drip). Tubuhmu akan terhidrasi dengan baik dan selaput lendir akan tetap lembap jika kamu minum teh hangat, yang dicampur madu. Selain itu, lendir akibat postnasal drip tersebut akan menipis.

2. Mandi atau berendam air hangat

7 Cara Efektif Mengobati Batuk dan Pilek, Gak Perlu ke Dokter!pexels.com/adobestock

Batuk dan pilek biasanya makin menjadi-jadi ketika udaranya kering. Karena itu, kamu bisa mandi atau berendam air hangat untuk mengurasi batuk dan pilek. Selain berendam air hangat, kamu bisa menggunakan humidifer atau pelembap ruangan sebagai alternatif lainnya.

3. Mengisap permen lozenges atau pereda tenggorokan

7 Cara Efektif Mengobati Batuk dan Pilek, Gak Perlu ke Dokter!Pixabay.com/Daria-Yokovleva

Mengisap permen ternyata juga bisa meredakan batuk lho. Tetapi bukan sembarang permen juga sih. Pilihlah permen pelega tenggorokan yang mengandung mentol. Hidung yang tersumbat dan nyeri di tenggorokan akan lega ketika kamu mengisap permen pelega tenggorokan.

4. Istirahat yang cukup di rumah dan hindari berada di kerumunan orang

7 Cara Efektif Mengobati Batuk dan Pilek, Gak Perlu ke Dokter!Unsplash/Anthony Tran

Cara terbaik untuk sembuh adalah istirahat yang cukup di rumah. Itu akan mengembalikan stamina kamu yang awalnya menurun menjadi fit kembali. Hal itu juga mencegah kamu untuk bertemu dengan banyak orang dan penularan virus.

5. Hindari rokok dan minuman beralkohol

7 Cara Efektif Mengobati Batuk dan Pilek, Gak Perlu ke Dokter!IDN Times/Irma Yudistirani

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol justru akan memperparah kondisi kamu. Sistem imun kamu akan memburuk seiring dengan banyaknya mengonsumsi minuman alkohol dan rokok. Sebaiknya hindari dulu biar kamu cepat sembuh.

6. Menyantap makanan bergizi meski gak nafsu makan

7 Cara Efektif Mengobati Batuk dan Pilek, Gak Perlu ke Dokter!pixabay.com/ShenXin

Sakit biasanya bikin seseorang jadi gak nafsu makan. Tetapi perlu kamu ingat, tubuh juga butuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup, apalagi kalau lagi sakit. Dengan menyantap makanan bergizi, tubuhmu jadi cepat pulih.

7. Tidur yang cukup

7 Cara Efektif Mengobati Batuk dan Pilek, Gak Perlu ke Dokter!amazon.com

Cara yang terakhir adalah hindari begadang. Tidurlah yang cukup. Tak masalah meski tidur kamu lebih lama hingga kondisimu membaik.

Itulah cara mengobati batuk dan pilek dengan mudah. Penyakit ini muncul di saat pergantian musim atau cuaca yang lagi tak menentu. Sebaiknya kamu menjaga kesehatan ya. Mencegahnya dari awal justru lebih bagus. Banyak olahraga juga ya. Semangat!

Baca Juga: Cara Mencegah Penularan Virus Corona dan Gejalanya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya