Comscore Tracker

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahan

Mimin doakan kalian sehat terus ya

Penyakit jantung jadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini bahkan sering disebut sebagai silent killer, karena terlambatnya mendiagnosa, dan ketidakpahaman terhadap gejala-gejala yang muncul. Banyak sekali yang membuat seseorang terkena serangan jantung. Mulai dari kurang olahraga, gaya hidup yang tidak sehat, stres, dan diet tidak sehat.

Jika merasa hidupmu tidak jauh dari hal-hal itu, patut diwaspadai akan terkena serangan jantung. Lalu bagaimana cara mendiagnosa kalau kita punya penyakit jantung? Berikut gejala-gejala awal gangguan jantung:

1. Sesak napas dan tiba-tiba ngos-ngosan

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahanmedicalnewstoday.com

Gejala umum yang sering muncul adalah sesak napas. Sebuah studi yang diterbitkan di Circulation Research: Journal of the American Heart Association, menyebutkan lebih dari 40 persen perempuan cenderung mengalami sesak napas di saat sebelum terjadinya serangan jantung.

Kalau kamu tiba-tiba ngos-ngosan ketika sedikit melakukan aktivitas, padahal sebelumnya tidak pernah mengalami hal itu, harus mulai berhati-hati ya.

2. Cepat kelelahan, bahkan ketika bangun tidur

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahannevblog.com

Penderita gangguan jantung boasanya cepat kelelahan. Sebab suplai darah ke seluruh tubuh terhambat. Apabila kamu merasa cepat lelah bahkan ketika bangun tidur, sebaiknya segera ke dokter ya.

3. Waspadalah ketika kamu mulai mual dan pusing

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahanfnfdoc.com

Mual dan pusing bisa jadi tanda-tanda kamu memiliki gangguan jantung, yang diawali dari pembengkakan di bagian perut. Rasa mual yang berlebihan juga sangat memengaruhi nafsu makan.

Sebuah penelitian mengatakan, bahwa perempuan dua kali lebih mengalami muntah, mual, dan gangguan pencernaan selama beberapa bulan menjelang serangan jantung.

4. Nyeri di dada bagian kiri

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahanaxiaessentials.com

Gejala lainnya adalah nyeri di dada bagian kiri. Tetapi tidak semua nyeri dada adalah gejala gangguan jantung.

Munculnya rasa nyeri itu karena ada penyumbatan pembuluh darah arteri, yang membuat darah tidak bisa dialirkan ke seluruh tubuh secara normal. Setelahnya, penderita menjadi lemah dan mati rasa.

5. Sakit kepala dan sering migrain

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahandailymail.co.uk

Jika kamu mengalami sakit kepala ketika terkena paparan sinar, mulai hati-hati ya. Karena bisa jadi kamu ada masalah pada jantungnya. Denyut jantung bisa lebih lambat atau lebih cepat. Hati-hati juga kalau kamu sering migrain. Ini juga salah satu gejala gangguan jantung.

Sakit kepala ini terjadi karena adanya penyimpanan sirkulasi darah, akibat tersumbatnya pembuluh darah arteri. Sehingga sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi tidak normal.

6. Mengalami pembengkakan di bagian perut dan pergelangan kaki

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahanphotos.demandstudios.com

Gangguan jantung yang sudah tergolong parah ditandai oleh pembengkakan pada tubuh. Biasanya di bagian perut dan pergelangan kaki. Hal ini terjadi karena penumpukan cairan pada tubuh.

7. Diam-diam berkeringat meski tidak beraktivitas

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahanngwear.in

Berkeringat setelah melakukan kegiatan berat sih wajar. Tetapi kalau sering berkeringat padahal tidak melakukan aktivitas apa-apa, ini yang wajib kamu waspadai. Karena itu gejala awal penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekan

8. Sering cemas yang berlebih itu tidak baik bagijantung

Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahandupontdental.com

Seseorang yang cemas karena takut atau khawatir bisa memicu gangguan jantung yang lebih parah.

Kalau gejala-gejala di atas sering muncul, segeralah pergi ke dokter.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya