Comscore Tracker

Gejala-gejala Awal Batu Ginjal, Waspada Kalau Punggung Mulai Sakit

Please, jangan disepelekan

Batu ginjal disebabkan oleh faktor makanan, kondisi kesehatan yang sering disepelekan, hingga penyakit turunan. Batu tersebut bisa terbentuk karena berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah. Zat limbah tersebut akan mengendap seiring waktu dan mengkristal di dalam ginjal.

Sebenarnya bagaimana sih gejala awal batu ginjal dan dapat menyerang di usia berapa? Berikut ulasannya:

1. Alami sakit perut dan punggung

Gejala-gejala Awal Batu Ginjal, Waspada Kalau Punggung Mulai Sakitkevinmd.com

Dilansir dari Healthline.com, ini merupakan gejala awal batu ginjal yang paling umum terjadi. Nyeri biasanya terasa di perut bagian samping, punggung bagian bawah, pinggang, selangkangan, hingga testis. Jika rasa nyeri itu semakin kuat, sebaiknya segera periksa ke dokter.

2. Terasa mual hingga muntah

Gejala-gejala Awal Batu Ginjal, Waspada Kalau Punggung Mulai Sakitsouthcoastsun.co.za

Penyakit batu ginjal juga menimbulkan rasa mual sampai muntah. Gejala ini umum dimiliki oleh semua penyakit, termasuk batu ginjal.

3. Sering dan sakit ketika buang air kecil

Gejala-gejala Awal Batu Ginjal, Waspada Kalau Punggung Mulai Sakitidre.am

Sering buang air kecil juga jadi gejala awal munculnya penyakit ini. Biasanya juga diikuti oleh rasa nyeri karena batu ginjal berpindah ke kandung kemih. Batu ginjal dapat mengiritasi dan menyebabkan organ terasa terbakar. Gejala ini juga bisa jadi merupakan gejala medis dari infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual.

Baca Juga: Ini 5 Komplikasi Penderita Gagal Ginjal Kronis Yang Wajib Kamu Tahu!

4. Urine berubah warna menjadi keruh dan baunya tak sedap

Gejala-gejala Awal Batu Ginjal, Waspada Kalau Punggung Mulai Sakitytimg.com

Dilansir dari mayoclinic.org, warna keruh (kecokelatan atau kemerahan) terjadi karena batu ginjal melewati saluran kemih, dan merusak tabung kecil yang membawa urine keluar dari tubuh. Segera ke dokter jika kondisinya sudah seperti ini.

5. Selalu gelisah

Gejala-gejala Awal Batu Ginjal, Waspada Kalau Punggung Mulai Sakitnews.uthscsa.edu

Gejala awal batu ginjal adalah penderita sering kesulitan tidur dan gelisah. Kondisi ini bisa saja terjadi karena penderita sulit menemukan posisi tidur yang tepat.

6. Muncul gejala flu dan demam

Gejala-gejala Awal Batu Ginjal, Waspada Kalau Punggung Mulai Sakitrd.com

Batu ginjal yang terjebak di saluran kemih menyebabkan terjadinya gejala flu seperti demam, menggigil, mual dan kelelahan. Mungkin kamu akan mengira itu hanya flu biasa, padahal tidak.

7. Buang air kecil disertai darah

Gejala-gejala Awal Batu Ginjal, Waspada Kalau Punggung Mulai SakitIlustrasi/kennethbrownmd.com

Dilansir dari kidneyfund.org, pendarahan ketika mengeluarkan urine atau hematuria terjadi karena batu ginjal dan ureter. Darah yang terekskresi bersama urine ini membuat warnanya menjadi gelap.

Itulah gejala awal batu ginjal yang jarang disadari penderitanya. Kalau sudah muncul tanda-tanda seperti, sebaiknya periksa ke dokter ya. Mencegah sedini mungkin lebih baik sebelum membesar.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya