Comscore Tracker

Waspada! Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Perhatikan

Juwita Bahar, Ashanty, dan Olga Syahputra pernah terjangkit

Jika dirunut ke belakang, ada beberapa figur publik dan selebritis tanah air yang sempat menderita meningitis, di antaranya Juwita Bahar dan Ashanty. Mereka berhasil bisa pulih dari meningitis. Namun, Olga Syahputra dan Giska Putri Sahetapy menghembuskan napas terakhir akibat penyakit tersebut.

Tahukah kamu apa sesungguhnya penyebab meningitis? Let's find the answer here!

1. Umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri

Waspada! Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Perhatikantophealthjournal.com

Biasanya meningitis disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri tersebut memasuki aliran darah, lalu berjalan ke otak dan sumsum tulang belakang. Akibatnya, terjadi meningitis bakteri akut. Bakteri itu juga bisa disebabkan infeksi telinga, sinus, fraktur pada otak atau terpapar pasca operasi sebagaimana diungkapkan dalam laman Mayo Clinic.

Inilah bakteri yang menyebabkan terjadinya meningitis bakteri akut di antaranya streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae dan Listeria monocytogenes. Mari kita kenali perbedaannya satu per satu!

2. Bakteri Streptococcus pneumoniae

Waspada! Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Perhatikancdc.gov

Pertama, bakteri penyebab meningitis adalah Streptococcus pneumoniae. Bakteri ini menyebabkan meningitis pada bayi, anak kecil, dan orang dewasa di Amerika Serikat. Bukan hanya meningitis, bakteri ini juga bisa menyebabkan infeksi pneumoniae dan sinus. Namun sesungguhnya meningitis bisa dicegah dengan vaksin!

3. Bakteri Neisseria meningitidis

Waspada! Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Perhatikanwebpath.med.utah.edu

Bakteri kedua penyebab meningitis adalah Neisseria meningitidis. Bakteri ini umumnya menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas dan bisa menyebabkan meningitis meningokokus ketika memasuki aliran darah. Infeksi ini rentan menyerang remaja dan dewasa muda. Bakteri ini juga bisa dicegah lewat vaksin. Don't panic!

4. Bakteri Haemophilus influenzae

Waspada! Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Perhatikanecdc.europa.eu

Selain itu, bakteri Haemophilus influenzae juga bisa menyebabkan meningitis. Faktanya, bakteri Haemophilus influenzae tipe B pernah menjadi penyebab utama meningitis bakteri pada anak-anak. Namun, sekali lagi, vaksin bisa menangkal penyebaran bakteri ini sehingga meningitis bisa dicegah.

Baca Juga: 6 Faktor Datangnya Bakteri Salmonella Penyebab Penyakit Diare 

5. Bakteri Listeria monocytogenes

Waspada! Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Perhatikanthenativeantigencompany.com

Masih ada lagi bakteri penyebab meningitis yaitu Listeria monocytogenes. Bakteri ini bisa ditemukan di keju yang tidak dipasteurisasi, hot dog dan makanan yang tak steril. Bakteri ini merupakan sejenis bakteri gram positif.

Kalangan yang rentan dengan bakteri ini adalah perempuan hamil, bayi baru lahir, orang tua dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Listeria monocytogenes juga bisa melewati penghalang plasenta pada akhir masa kehamilan dan dapat menyebabkan masalah serius pada janin. 

6. Meningitis juga bisa disebabkan oleh virus

Waspada! Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Perhatikaneverydayhealth.com

Meningitis virus adalah penyebab meningitis lainnya dan cukup umum ditemukan. Virus menyebabkan peradangan pada meninges, selaput pelindung yang mengelilingi otak, dan sumsum tulang belakang. Gejala yang muncul antara lain sakit kepala, mual, sensitivitas terhadap cahaya dan lesu. Selain itu, virus HIV, gondong dan herpes simpleks juga bisa menyebabkan meningitis.

7. Jamur, namun jarang ditemukan

Waspada! Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Perhatikannbcnews.com

Terakhir, meningitis bisa disebabkan oleh jamur. Namun, dibandingkan dengan yang lain, ini relatif jarang ditemukan. Meningitis jamur tidak ditularkan dari orang ke orang. Meningitis kriptokokus umum menyerang orang dengan defisiensi imun, seperti penderita AIDS. Jika tidak diobati, ini akan mengancam jiwa, lho!

Nah, itulah 7 penyebab meningitis yang perlu kamu ketahui. Semoga kita bisa terhindar ya!

Baca Juga: 7 Cara Mudah Lancarkan Aliran Darah ke Otak, Bikin Segar!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya