Comscore Tracker

Sering Tak Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Kering

Sayangi kulit kamu ya!

Tidak semua orang bisa merawat kulit dengan baik. Tidak jarang timbul berbagai masalah pada kulit, termasuk kulit kering! Padahal organ tubuh manusia dengan ukuran paling besar adalah kulit. Tercatat orang dewasa memiliki hingga 3,6 kilogram kulit dan melapisi tubuh dengan ukuran 2m². 

Tanpa disadari, ada kebiasaan dan hal-hal kecil yang menyebabkan kulit menjadi kering. Apakah kamu juga pernah mengalami permasalahan ini? Nah untuk menanggulanginya, berikut 7 penyebab kulit menjadi kering. 

1. Dipengaruhi oleh iklim dan cuaca di sekitar kita

Sering Tak Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Keringlivability.com

Cuaca dingin bisa memengaruhi tubuh. Ketika suhu turun, kadar air di kulit juga akan turun. Akibatnya, kulit jadi kering, muncul ruam kulit dan kulit akan kehilangan kelembapannya. Udara dingin, kelembapan rendah dan angin yang kencang di luar rumah bisa menghempaskan kelembapan dari kulit.

Padahal lapisan kulit terluar mengandung minyak alami dan sel kulit mati yang menahan air di dalam kulit. Fungsinya adalah membantu menjaga kulit supaya tetap lembut, lembap dan halus. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin mengoleskan pelembap atau hand body ke area kulit ketika cuaca sedang dingin-dinginnya, ya!

2. Nutrisi dan pola makan memengaruhi kondisi kulit

Sering Tak Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi KeringFreepik/wavebreakmedia_micro

Dr. Terry Loong, seorang dermatologis menyebut bahwa beberapa makanan dan minuman memiliki efek merusak pada kulit di antaranya adalah alkohol, produk susu, makanan tinggi gula dan gandum, tuturnya dalam laman Belfast Telegraph.

Misalnya, alkohol bisa memengaruhi organ hati yang bisa membantu tubuh membersihkan diri dari racun. Akibatnya, kulit jadi dehidrasi, terlihat abu-abu dan kering. Akan semakin parah jika kita minum alkohol beberapa kali dalam seminggu. Begitu juga kafein dalam kopi yang bersifat diuretik serta bisa menyebabkan kulit jadi kering dan pucat.

3. Dehidrasi menyebabkan kulit menjadi kering

Sering Tak Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Keringmdpremier.com

Dehidrasi juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Sebuah penelitian di tahun 2007 dan dipublikasikan dalam International Journal of Cosmetic Science menguji efek hidrasi pada kondisi fisiologis kulit. Lantas, benarkah ada keterkaitan antara jumlah air yang kita minum setiap harinya dengan kulit?

Hasilnya, kesehatan kulit meningkat pesat pada orang-orang yang kebutuhan airnya tercukupi. Dengan kata lain, orang-orang yang kurang atau tidak rutin minum air bisa membuat kulit jadi stres. Kulit yang stres akan berkurang kelembapannya dan menjadi kering, ungkap laman Drip Drop Hydration.

4. Kebiasaan mandi dengan air panas

Sering Tak Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Keringhealthline.com

Di saat tubuh sedang pegal, mandi dengan air panas bisa membuat kita merasa segar kembali. Namun, siapa sangka kalau memiliki kebiasaan mandi dengan air panas bisa membuat kulit jadi kering? Menurut Dr. Harry Dao, asisten profesor dermatologi di Baylor University, mandi dengan air panas bisa menyebabkan kulit jadi iritasi, gatal, dan kering.

Efeknya akan semakin buruk apabila kita mandi air panas pada musim dingin. Bukan hanya membuat kulit kering, tetapi juga bisa merusak permukaan kulit. Kulit kering yang ekstrem bisa berkembang jadi kondisi yang lebih serius seperti peradangan kulit, memerah atau eksim, terang laman Baylor College of Medicine.

Baca Juga: Ini 8 Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Kamu Si Pemilik Kulit Kering

5. Beberapa jenis sabun bisa membuat kulit jadi kering

Sering Tak Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Keringspy.com

Beberapa sabun bisa menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit. Ada jenis sabun yang tergolong keras dan memiliki sifat abrasif. Akibatnya, kulit akan menjadi kering. Padahal, sabun sangat efektif untuk menghilangkan kotoran, kuman dan bakteri dari kulit kita.

Untuk mencegahnya, cobalah memakai sabun lembut atau pembersih non-sabun yang mengandung pelembap. Hindari memakai sabun yang mengandung alkohol dan wewangian yang berlebihan, tutur Dr. Mehmet OZ, MD dalam laman Share Care. That's why, kamu tetap perlu mengoleskan lotion setelah kita mandi.

6. Terlalu sering mencuci tangan

Sering Tak Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi KeringIlustrasi cuci tangan. pexels.com/Polina Tankilevitch

Mencuci tangan bisa membunuh kuman dan bakteri yang ada di permukaan tangan. Namun, berbeda jika kita mencuci tangan terlalu sering. Ini dialami oleh tenaga kesehatan, seperti dokter atau perawat. Karena terlalu sering mencuci tangan, mereka lebih mungkin memiliki tangan yang kering dibanding orang dari profesi lain, jelas Medical News Today.

Bukan hanya itu, memakai hand sanitizer secara berlebihan juga bisa mengakibatkan kulit menjadi kering. Apalagi jika pembersih tangan itu memiliki bahan dasar alkohol. Akibatnya, kulit jadi mengering, pecah-pecah dan mengelupas. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tak baik, ya!

7. Terpapar AC dalam waktu lama

Sering Tak Disadari, Ini 7 Penyebab Kulit Menjadi Keringallconsuming.net

Terakhir, kulit kering bisa disebabkan paparan AC secara terus-menerus, lho! Memang, rasanya sangat nyaman ketika kita menyalakan AC di kala cuaca panas terik. Namun, hal ini berimplikasi buruk pada kulit kita. Pendingin ruangan bisa menyebabkan kulit kering karena bisa menghilangkan kelembapan dari udara.

Selain itu, AC juga bisa menurunkan resistensi kulit dan membuat sel-sel di permukaan kulit jadi mengering. Untuk mencegah ini terjadi, cobalah sesekali mengganti AC dengan kipas angin, lalu kembalikan kelembapan dengan alat pelembap udara. It will works!

Nah itu beberapa penyebab kulit menjadi kering. Sekarang kamu sudah tahu kan ya penyebabnya, sehingga bisa melakukan pencegahan. Sayangi kulit kamu ya!

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ampuh Atasi Masalah Kulit Kering, Kamu Sudah Tahu?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya