Comscore Tracker

7 Cara Mencegah Gangguan Jantung, Mumpung Masih Muda

Ingat ya. Penyakit jantung bisa menyerang usia 20 tahunan

Penyakit jantung merupakan sillent killer, pembunuh utama manusia di berbagai negara dunia. Lebih dari 17,6 juta manusia di dunia mati karena penyakit jantung pada tahun 2016 lalu. Diperkirakan, penyakit jantung akan membunuh lebih dari 23,6 juta nyawa pada 2030 mendatang, ungkap American Heart Association.

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, termasuk kamu yang masih muda. Berikut ini cara mencegah gangguan jantung:

1. Hipertensi bisa memicu gagal jantung. Rutinlah mengontrol tekanan darah

7 Cara Mencegah Gangguan Jantung, Mumpung Masih Mudadrtaylorwallace.com

Tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko utama penyakit jantung. Hipertensi dijuluki sebagai silent killer dan bisa menyebabkan serangan jantung. Karena itu ubahlah gaya hidup, pola makan, berolahraga teratur, dan memeriksa tekanan darah secara rutin, saran laman Medline Plus.

Selain itu, hipertensi juga bisa memicu gagal jantung, penyakit jantung iskemik dan hipertrofi ventrikel kiri (Penebalan otot jantung yang berlebihan), terang laman Web MD. Beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah seperti buah beri, pisang, kiwi, semangka dan mentimun. Hindari makanan yang terlalu asin.

2. Tidur yang cukup minimal 7-8 jam per hari

7 Cara Mencegah Gangguan Jantung, Mumpung Masih MudaPexels/Bruce Mars

Orang yang kurang tidur bisa memicu berbagai macam penyakit. Seperti hipertensi, menyebabkan berat badan bertambah, membuat jadi pelupa, meningkatkan risiko depresi, mengurangi hasrat seks, bahkan bisa mengakibatkan diabetes, stroke, dan penyakit jantung, ungkap laman Web MD.

Karena itu tidurlah yang cukup selama 7-8 jam dalam sehari. Agar memulihkan energi dan memberikan kesempatan bagi sel-sel tubuh untuk memperbaiki diri. Berdasarkan penelitian, orang yang tidur selama 6-9 jam per malam memiliki risiko kecil terkena serangan jantung, jelas laman Medical News Today.

3. Mengontrol stres bisa mencegah gangguan jantung

7 Cara Mencegah Gangguan Jantung, Mumpung Masih Mudamedicalnewstoday.com

"Semua penyakit berawal dari pikiran"

Pernyataan itu benar, guys. Faktanya, stres bisa memicu banyak penyakit seperti tekanan darah tinggi, irama jantung abnormal, penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan masalah mental seperti depresi, kecemasan hingga gangguan kepribadian.

Contohnya, stres bisa membuat kita lupa memerhatikan kesehatan. Kita akan berperilaku sembrono seperti makan berlebihan, minum-minuman keras, kurang tidur, dan kurang berolahraga. Stres yang ekstrem bisa memicu serangan jantung, terang laman Medline Plus.

Baca Juga: 6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekan

4. Menjaga kolesterol agar tidak mengalami gangguan jantung

7 Cara Mencegah Gangguan Jantung, Mumpung Masih Mudamedclique.org

Rupanya, ada kaitan antara kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyumbat arteri, menumpuk di dinding arteri, dan meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, serta serangan jantung. Selain itu, arteri jadi menyempit dan aliran darah ke otot jantung melambat dan tersumbat.

Kurangi low-density lipoprotein (LDL) karena membuat plak yang bisa menyumbat arteri. Untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kadar kolesterol harus diturunkan. Caranya adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan mengonsumsi obat-obatan secara teratur.

5. Bayam dan sawi adalah makanan yang menyehatkan bagi jantung

7 Cara Mencegah Gangguan Jantung, Mumpung Masih Mudahealthsciencesfoundation.ca

Sayuran hijau seperti bayam dan sawi adalah makanan yang menyehatkan bagi jantung, karena tinggi vitamin K dan nitrat. Kandungan ini bisa mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi arteri. Selain itu, coba konsumsi gandum. Karena gandum tinggi serat, mengurangi LDL, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Buah beri kaya akan antioksidan dan bisa melindungi dari stres, peradangan dan penyakit jantung. Di sisi lain, jangan lupa menghindari fast food, makanan yang digoreng dengan banyak minyak, permen, minuman manis, soda, kue-kue manis dan makanan dengan bahan pengawet, saran laman Time.

6. Jagalah berat badan

7 Cara Mencegah Gangguan Jantung, Mumpung Masih Mudamilitary.com

Kita sudah lama tahu bahwa obesitas erat kaitannya dengan berbagai penyakit. Obesitas bisa meningkatkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, penyakit jantung koroner hingga stroke. Seseorang dikategorikan kelebihan berat badan apabila memiliki BMI 25,0 sampai 29,9. Sementara BMI di atas 30 dikategorikan sebagai obesitas.

Menurut laman Very Well Health, kelebihan berat badan meningkatkan risiko sebesar 20 persen terkena penyakit jantung. Akan semakin parah apabila kita memiliki lemak di sekitar perut!

Kamu berisiko mengalami gangguan jantung jika memiliki bentuk tubuh berbentuk apel (Memiliki lemak berlebih di perut), daripada mereka yang memiliki tubuh buah pir (Memiliki lemak di area pinggul dan paha).

7. Rutin berolahraga 30 menit selama lima hari dalam seminggu

7 Cara Mencegah Gangguan Jantung, Mumpung Masih Mudapopsugar.com

Rutinlah berolahraga. Menurut American Heart Association, berolahraga 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Olahraganya seperti bersepeda secara teratur bisa meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru dan sirkulasi darah pada tubuh. Selain itu, bersepeda juga memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak darah. Kalau gak suka bersepda, cobalah berlari, berenang, atau angkat beban.

Itulah cara mencegah gangguan jantung. Mumpung kamu masih muda, segera ikuti saran-saran di atas ya.

Baca Juga: Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya