Comscore Tracker

Alur, Pedoman, Kontak, dan Biaya di LBM Eijkman untuk Tes Virus Corona

Hasil tes bisa diketahui hanya dalam satu hari

Setelah sebelumnya dipusatkan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan, sejak Senin (16/3) pemerintah menunjuk Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute sebagai laboratorium untuk tes virus corona COVID-19. Keputusan ini dilakukan untuk mempercepat proses identifikasi di tengah semakin banyaknya jumlah pasien yang terjangkit virus corona ini.

Apa saja peran Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Institute? Berikut ini alur, pedoman, kontak, dan biaya untuk tes virus corona!

1. Pedoman Uji COVID-19 di LBM Eijkman

Alur, Pedoman, Kontak, dan Biaya di LBM Eijkman untuk Tes Virus Coronanpr.org

Berdasarkan instruksi dari Presiden Republik Indonesia pada tanggal 13 Maret 2020 terkait dengan pemeriksaan virus corona (SARS-CoV-2), LBM Eijkman menerbitkan Pedoman Uji COVID-19. LBM Eijkman menganjurkan masyarakat untuk menghubungi fasilitas layanan kesehatan, seperti klinik dokter, puskesmas, hingga rumah sakit terdekat apabila mengalami gejala terjangkit virus corona. 

Gejalanya yang dimaksud adalah mengalami demam, batuk-pilek, sakit tenggorokan, sesak napas atau gangguan pernapasan. Pemeriksaan juga perlu dilakukan oleh seseorang yang memiliki riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir dari negara yang terdampak COVID-19 atau melakukan kontak dekat dengan orang yang terpapar virus corona (SARS-CoV-2) dalam jangka waktu 14 hari setelah munculnya gejala.

2. Hanya menerima sampel dari fasilitas layanan kesehatan berdasarkan rujukan tenaga kesehatan

Alur, Pedoman, Kontak, dan Biaya di LBM Eijkman untuk Tes Virus Coronahealthpolicy.fsi.stanford.edu

LBM Eijkman bisa melayani pemeriksaan sampel untuk uji virus corona (SARS-CoV-2), asalkan memenuhi kondisi tertentu. Misalnya, pasien harus mengisi lembar persetujuan pasien terlebih dahulu. Lalu, tenaga kesehatan mengisi formulir permintaan uji laboratorium untuk deteksi virus dengan mencantumkan data klinis.

Tenaga kesehatan juga perlu untuk melengkapi surat pengantar permintaan untuk pemeriksaan virus corona (SARS-CoV-2). Selanjutnya, LBM Eijkman hanya menerima sampel yang berasal atau dikirimkan dari fasilitas layanan kesehatan berdasarkan rujukan tenaga kesehatan. Hal tersebut dijelaskan dalam situs resmi LBM Eijkman.

3. Kontak yang bisa dihubungi masyarakat

Alur, Pedoman, Kontak, dan Biaya di LBM Eijkman untuk Tes Virus Coronachron.com

Setelah semua prosedur tersebut dipenuhi, kita tinggal menunggu hasil tes selesai. Hasil pemeriksaan ini akan dijaga kerahasiaannya dan hanya diberikan kepada pihak yang berwenang. Hal ini sejalan dengan prinsip Amnesty International Indonesia yakni pengungkapan data pasien yang positif terkena virus corona termasuk melanggar hak privasi.

Kamu bisa menghubungi LBM Eijkman lewat kontak di bawah ini:

Baca Juga: Pengalaman Menjalani Tes Virus Corona di RS Surabaya, Biaya Rp500 Ribu

4. Tidak dikenakan biaya apapun

Alur, Pedoman, Kontak, dan Biaya di LBM Eijkman untuk Tes Virus Coronainstagram.com/eijkmaninstitut

IDN Times mencoba untuk menelepon hotline, namun tidak berhasil tersambung karena kemungkinan sedang ramai penelepon. Kamu juga bisa mencoba beberapa kali untuk terhubung. Untuk lebih cepatnya, kami menghubungi nomor telepon kantor Eijkman Institute for Molecular Biology di (021) 3917131 dan terhubung dengan Dra. Chairin Nisa Ma'Roef (Nami), Technology Specialist, bagian pendeteksian di LBM Eijkman.

"Kalau biaya jelas gak ada. Tapi harus lewat rumah sakit. Datang ke rumah sakit dan bilang kalau ada gejala atau kontak, mau minta diperiksain. Jadi udah siap. Kita ngasih alat pendeteksi, cairannya itu ada di rumah sakit. Kita udah meletakkan alat untuk swab di rumah sakit. Nanti (hasilnya) di kirim ke sini. Gak ada yang pribadi di Eijkman. Kalau di Eijkman gak bayar. Kalau jumlah (tes pasien)nya banyak, hari itu kita kerjain, besoknya bisa ada hasilnya," ungkap Nami kepada IDN Times saat dihubungi.

Dari hasil komunikasi tersebut, hasil tes virus corona di LBM Eijkman bisa diketahui paling cepat dalam sehari. Tes di Eijkman sepenuhnya gratis, tapi harus melalui tes di rumah sakit dengan status pasien adalah suspek virus corona, orang dengan pengawasan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP). Tes awal di rumah sakit tersebut masih sesuai kebijakan rumah sakit yang bersangkutan.

5. LBM Eijkman memiliki level keselamatan biologi tipe 2

Alur, Pedoman, Kontak, dan Biaya di LBM Eijkman untuk Tes Virus Coronafacebook.com/pg/eijkmaninstitute

Ada alasan tertentu mengapa LBM Eijkman dipilih sebagai laboratorium virus corona. Lembaga ini mempunyai biosafety level (BSL) alias level keselamatan biologi tipe 2. Ini berarti akses menuju laboratorium dibatasi (restricted) dan pekerja telah dibekali dengan pelatihan khusus dalam menangani agen patogenik.

Secara umum, pengujian virus corona dilakukan dengan dua cara yakni genome sequencing dan polymerase chain reaction (PCR). Dalam tes ini, cairan di tenggorokan dan paru-paru diambil sebagai sampel. Mengapa kita harus melakukan dua tes sekaligus? Dua metode ini dilakukan bersamaan supaya mendapatkan akurasi terbaik.

Baca Juga: Riset: Fungsi Paru-paru Akan Berkurang Pasca Sembuh dari Virus Corona

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya