Comscore Tracker

7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasur

Kapan terakhir kali ganti seprai, sarung bantal dan guling?

Kapan terakhir kali kamu membersihkan kasur? Hayo, coba diingat-ingat. Normalnya, kamu perlu mengganti seprai, sarung bantal dan guling setiap 1-2 minggu sekali.

Tetapi kadang saking sibuknya, kamu seperti gak punya waktu membersihkan, apalagi menggantinya. Apa sih efeknya ketika kita tidak mengganti seprai, kasur dan bantal?

1. Memicu kemunculan jerawat

7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasureverydayhealth.com

Kamu sering ketiduran tanpa mencuci wajah gak? Wajah yang kotor akibat polusi, debu dan kotoran ini akan menempel di bantal, guling dan kasur. Menurut Dr Elizabeth Tanzi di laman Redbook, ini akan menumpuk bakteri dan memicu jerawat baru.

Bahkan hal ini bisa memperburuk jerawat yang sudah lama ada. Karena itulah kamu perlu membersihkan kasur dan mengganti seprai setiap 1-2 minggu sekali. Jangan lupa juga untuk membersihkan debunya, dengan cara menepuk-nepuk permukaan kasur pakai sapu lidi.

2. Bisa menyebabkan iritasi kulit dan eksim

7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasurbrightenyourmood.com

Seprai kotor dan penuh bakteri akan bergesekan dengan kulit kita saat tidur. Gesekan ini akan menyebabkan iritasi kulit, ujar Dr Joshua Zeichner. Memakai salep atau krim kulit akan sia-sia jika kasur kamu tetap tidak dibersihkan.

Produk salep maupun krim kulit akan sulit menyerap ke tubuh, dan justru akan menempel ke seprai kita. Lebih baik bersihkan seprai, sarung bantal dan guling dulu. Setelah itu, kamu bisa fokus untuk mengatasi kulit yang iritasi dan gatal-gatal.

3. Kasur bisa dihuni tungau debu

7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasurhealthline.com

Bayangkan, bagaimana rasanya saat tidur ada tungau yang merambat ke kulit dan menggigit kamu? Hal ini bisa saja terjadi kalau kamu jarang membersihkan kasur. Tungau akan memakan serpihan kulit mati dan beranak-pinak di kasur yang tidak dibersihkan secara teratur.

Biasanya tungau debu akan meninggalkan bekas gigitan di leher, wajah, lengan dan tubuh bagian atas. Tungau juga bisa menyebabkan masalah pernapasan. Maka, jagalah kasur agar tetap kering, bersih dan tidak lembap.

4. Terkena infeksi jamur dan bakteri

7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasurblog.docsapp.in

Jika kamu berkeringat saat tidur, maka hal ini bisa memperparah keadaan. Keringat akan menyebabkan kasur jadi lembap, serta menjadi tempat bagi jamur dan bakteri tumbuh. Contohnya jamur Cladosporium yang bisa tumbuh di kasur lembap.

Jamur ini bisa menyebabkan pneumonia, asma, dan infeksi jamur. Selain itu, infeksi, ruam dan gatal-gatal dipicu oleh kasur yang kotor. Jika kasur tak dibersihkan seminggu lebih, di dalamnya ada 24.631 bakteri yang lebih banyak dari pintu kamar mandi!

5. Bisa menyebabkan alergi kulit

7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasurvitalallergy.com

Kombinasi bakteri, jamur dan tungau debu di kasur yang kotor bisa menyebabkan dan memperparah alergi! Akan semakin buruk jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sebab alergiakan terasa semakin menyiksa kamu.

Selain rutin membersihkan kasur serta mengganti seprai dan sarung bantal guling, coba memakai kasur dari bahan hypoallergenic. Dengan ini, kelembapan akan berkurang sehingga jamur dan tungau tidak bisa berkembang biak, saran laman Redbook.

6. Ada jutaan sel kulit mati di kasur yang kotor

7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasursomyanshu.com

Ketahuilah, bahwa kita melepaskan sekitar 500 juta sel kulit mati setiap hari. Sel kulit mati ini akan bercampur bersama keringat, jamur, debu, serbuk sari hingga bulu hewan peliharaan di atas kasur, jelas laman Reader's Digest.

Karena itu disarankan untuk mengganti pakaian dengan yang baru saat hendak tidur, supaya mengurangi terjadinya masalah kesehatan akibat kasur yang kotor. Menurut Dr Joshua Zeichner MD, kasur yang kotor bisa menyebabkan iritasi kulit, jerawat hingga infeksi.

7. Ada syaratnya untuk membersihkan kasur

7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasurmatthewsmattress.com

Aturannya, kita perlu membersihkan kasur dan seprai setiap satu minggu sekali. Tetapi harus lebih sering membersihkan kasur ketika kamu sakit, tidur dalam keadaan telanjang, atau tidur tanpa mandi dulu.

Karena kondisi seperti itu membuat kasur jadi banyak kuman, jamur dan bakteri, ungkap Dr Raman Madan MD, direktur dermatologi kosmetik di Northwell Health di laman Reader's Digest.

Tuh, kan? Ngeri banget kalau kondisi kasur kita seperti itu kalau jarang dibersihkan. Yuk, buruan ganti seprai.

Baca Juga: Suka Berlama-lama di Kasur? Mungkin Kamu Mengidap Penyakit Ini

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya