Comscore Tracker

6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekan

Serangan jantung juga bisa menyerang usia 20 tahun

Suami Bunga Citra Lestari atau BCL, Ashraf Sinclair, meninggal dunia karena serangan jantung di usia 41 tahun, pada Selasa (18/2). Ashraf meninggalkan seorang anak putra bernama Noah Sinclair. Semoga keluarganya ditabahkan ya.

Umumnya, penyakit jantung akan menyerang seseorang berusia di atas 40 tahun. Namun studi terbaru dari American College of Cardiology menyatakan, bahwa kini serangan jantung cukup umum dialami seseorang di usia 20 hingga 30 tahunan.

1. Satu dari lima pasien serangan jantung dialami usia 20 sampai 30 tahun

6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekandontsick.com

Menurut studi tersebut, seperlima pasien serangan jantung berada di usia 20 hingga 30 tahun. Dari tahun 2000 hingga 2016, proporsi dewasa muda yang mengalami serangan jantung naik dua persen setiap tahunnya.

“Biasanya kami sangat jarang melihat orang yang berusia di bawah 40 tahun mengalami serangan jantung. Namun saat ini mereka bahkan berusia 20 hingga awal 30 tahunan,” kata ahli jantung, Ron Blankenstein dilansir dari Medical Xpress.

2. Mereka memiliki risiko kematian yang sama meski masih muda

6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekanverywellhealth.com

Sekalinya terkena serangan jantung, para dewasa muda berisiko untuk mengidap penyakit jantung lainnya. Walaupun jauh lebih muda dari pasien lainnya, mereka ternyata memiliki risiko kematian yang sama. Lalu apa saja yang bisa menyebabkan serangan jantung di usia muda ini?

3. Penyebabnya karena kebiasaan merokok

6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu DisepelekanIDN Times/Irma Yudistirani

Sudah banyak yang tahu, bahwa Rokok adalah menyebabkan penyakit jantung koroner. Diperkirakan bahwa merokok bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga empat kali lipat.

Asap yang masuk ke dalam saluran pernapasan bisa menyebabkan rusaknya lapisan arteri, dan penyumbatan pembuluh darah. Ketika arteri yang memasok darah ke jantung menyempit, kinerjanya akan menurun karena kekurangan darah beroksigen.

4. Diabetes juga memicu serangan jantung

6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekanclevelandclinic.org

Selain merokok, serangan jantung di usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Seperti tingginya tekanan darah, diabetes, tingginya tingkat kolesterol, dan ada atau tidaknya riwayat serangan jantung di dalam keluarga.

5. Psikotropika berkontribusi besar terhadap tren penyakit jantung pada usia dewasa muda

6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekanmydr.com.au

Dari hasil studi Ron Blankenstein, 18 persen pasien serangan jantung di usia muda terdeteksi memakai marijuana dan kokain. Sedangkan orang tua jumlahnya hanya setengah dari 18 persen. Studi tersebut menunjukkan, bahwa obat-obatan tersebut berkontribusi besar terhadap tren penyakit jantung pada dewasa muda.

6. Minuman beralkohol juga berkontribusi besar terhadap serangan jantung

6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekanmedicaldaily.com

Walaupun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, mengonsumsi minuman beralkohol pada dewasa muda juga berkontribusi besar terhadap serangan jantung. Minum alkohol dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko stroke, aritmia jantung, hipertensi, dan kematian mendadak.

7. Cara mencegahnya cukup mudah kok. Asalkan benar-benar kamu lakukan

6 Penyebab Serangan Jantung yang Selalu Disepelekanamericaninno.com

Serangan jantung sebenarnya bisa dicegah. Dimulai dari kebiasaan-kebiasaan yang harus kamu hindari dari sekarang. Seperti olahraga teratur, diet yang sehat, merokok dan asap rokok, dan menjaga berat badan. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan check up secara rutin untuk memonitor tingkat gula darah dan tekanan darah.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya