Comscore Tracker

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kamu Setelah Mengonsumsi Sabu-sabu

Percayalah, kamu gak akan keren jika pakai narkoba

Sabu-sabu atau dalam dunia medis disebut sebagai metamfetamin, termasuk jenis narkotika yang sering disalahgunakan. Sebenarnya metamfetamin adalah obat yang biasa digunakan oleh pasien yang mengalami gangguan hiperaktif (ADHD), obesitas, dan narkolepsi.

Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan zat kimia dalam otak seperti dopamin, norepinefrin, dan serotonin. Ketiganya bisa menimbulkan perasaan euforia yang kuat. Maka tak heran jika banyak orang yang kecanduan dengan obat ini.

Metamfetamin menjadi obat terlarang setelah kasus penyalahgunaan di luar resep dokter. Lalu apa efek samping memakai sabu-sabu jika melebihi dosis? Berikut ini penjelasannya:

1. Sekali sabu-sabu itu masuk ke dalam tubuh, pengguna tidak akan mampu memproduksi dopamin lagi begitu efek sampingnya hilang. Makanya pengguna akan mengalami kecanduan

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kamu Setelah Mengonsumsi Sabu-sabupsmag.com

Sabu-sabu bisa memberikan efek kecanduan bagi penggunanya. Pengguna juga akan menaikkan dosis seiring dengan intensitas pemakaiannya. Kenapa bisa begitu?

Sabu-sabu mengeluarkan dopamin dalam jumlah besar di otak. Zat tersebut akan tersisa dalam dan menimbulkan efek euforia. Namun setelah efek obat itu hilang, pengguna tidak akan mampu memproduksi dopamin untuk sementara waktu. Akibatnya, pengguna terus membutuhkan obat tersebut untuk kembali normal.

Jika kebutuhan itu tidak dipenuhi, mereka akan merasakan efek samping yang parah. Seperti depresi, kelelahan, disorientasi, hingga berujung pada sakau.

2. Pengguna berisiko mengalami gangguan untuk membedakan realitas dan halusinasi

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kamu Setelah Mengonsumsi Sabu-sabucloudfront.net

Efek samping berikutnya adalah psikosis. Pengguna berisiko mengalami gangguan untuk membedakan mana yang realitas, mana delusi atau halusinasi. Ini merupakan kelanjutan dari penurunan dopamin pada otak.

Gejalanya meliputi munculnya rasa takut atau paranoid, gangguan mood yang berkepanjangan, halusinasi visual dan pendengaran, sifat menjadi agresif, serta delusi. Efek ini bisa muncul secara tiba-tiba, dan bisa bertahan selama bulanan atau bahkan tahunan.

3. Awalnya dia akan mengalami nyeri di dada dan rasa sakit ringan lainnya. Namun semakin lama, rasa sakit itu akan berujung pada kematian

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kamu Setelah Mengonsumsi Sabu-sabunetdna-ssl.com

Seseorang yang mengonsumsi sabu akan mengalami stroke, serangan jantung, atherosclerosis, dan diseksi aorta akut. Awalnya, pengguna hanya akan merasakan gejala ringan seperti detak jantung yang tidak teratur, nyeri di dada, dan tingginya tekanan darah. 

Namun dalam jangka panjang, masalah tersebut akan berubah menjadi penyakit mematikan yang bisa datang kapan saja. Bahkan tidak sampai menunggu beberapa tahun, lho. Ada pula orang yang terkena serangan jantung setelah mengonsumsi sabu pertama kalinya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclair

4. Hati pengguna narkotika akan melemah, seiring bertambahnya obat yang masuk ke dalam tubuh

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kamu Setelah Mengonsumsi Sabu-sabucloudinary.com

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang hati. Ada banyak hal yang bisa memicunya. Satu di antaranya mengonsumsi obat-obatan terlarang. Hati pengguna narkotika akan melemah, seiring bertambahnya obat yang masuk ke dalam tubuh. 

Akibatnya, organ tersebut tidak mampu lagi menjalankan perannya dengan baik. Komplikasi dari penyakit ini bermacam-macam. Seperti kanker hati, sirosis, hingga gagal hati. 

5. Pengguna akan mengalami parkinson. Efeknya tidak akan hilang meski dia berhenti memakai sabu-sabu

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kamu Setelah Mengonsumsi Sabu-sabuphysiozentrum.ch

Sabu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyerang sistem saraf. Bahkan setelah penggunanya berhenti, efek tersebut tidak akan hilang. Lalu apa dampaknya bagi kesehatan?

Menurut laman Drug Abuse, hal ini akan menimbulkan parkinson, penyakit saraf yang membuat penderitanya kesulitan mengontrol gerakan.

6. Gigi akan membusuk, menghitam, keropos, dan bahkan copot dari akarnya

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kamu Setelah Mengonsumsi Sabu-sabunewshub.co.nz

Efek samping berikutnya adalah kerusakan pada gigi. Dalam dunia medis, efek ini sering disebut sebagai meth mouth (methamphetamine mouth).

Gigi akan membusuk, menghitam, keropos, dan bahkan copot dari akarnya. Ini terjadi karena sabu-sabu mengandung asam yang tinggi sehingga bisa merusak gigi.

7. Pengguna sabu-sabu juga bisa mengalami rasa gatal yang luar biasa

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Kamu Setelah Mengonsumsi Sabu-sabutranceformpsychology.com

Selain kondisi yang sudah disebutkan di atas, masih banyak efek negatif lainnya. Yaitu:

  • Penurunan berat badan yang ekstrem
  • Rasa gatal yang luar biasa
  • Gelisah dan cemas
  • Perubahan struktur dan fungsi otak
  • Kebingungan
  • Hilangnya memori
  • Masalah tidur
  • Meningkatkan risiko HIV/AIDS melalui penggunaan suntikan
  • Rentan melakukan kekerasan.

Itulah yang terjadi pada tubuhmu ketika mengonsumsi sabu-sabu. Kalau sudah tahu banyak efek buruknya, seharusnya kamu bisa menghindari barang-barang berbahaya tersebut. Kecuali kalau kamu sakit dan mengonsumsinya atas resep dokter.

Baca Juga: Gejala-gejala Awal Gangguan Jantung, Waspada Buat yang Cepat Kelelahan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya