Comscore Tracker

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Mata

Polisi biasanya pakai gas air mata untuk memecah demo

Polisi biasanya menggunakan gas air mata untuk memecah kerusuhan, bentrok, dan lainnya. Gas ini mengandung chlorobenzylidene melono-nitrile berupa serbuk yang dicampur ke dalam aerosol.

Mata akan terasa seperti perih, terbakar, perih, bengkak, berair, dan sulit membukanya jika terpapar gas. Efek ini bersifat sementara, dan bisa membaik setelah beberapa jam. Berikut ini cara untuk mengurangi efek gas air mata:

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Malu Mendengar Suara Sendiri

1. Sebisa mungkin kamu menahan napas

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Matanewsapi.com.au

Dada terasa sesak dan merasa ingin muntah jika menghirup gas air mata. Selain itu, hidungmu akan mengeluarkan banyak lendir. Reaksi pertama yang harus kamu lakukan adalah tahan napas sebisa mungkin.

2. Tutup mata jika memungkinkan

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Matagannett-cdn.com

Pasti akan sulit untuk menutup mata di saat-saat seperti itu. Namun usahakan untuk menghindari keramaian dan tutup mata kamu sambil menahan napas. Gas air mata yang berupa serbuk akan membuat mata terasa pedas dan terbakar.

3. Bawalah masker gas untuk mengurangi efek

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Matasputniknews.com

Mata dan saluran pernapasan adalah bagian tubuh yang paling kena dampak gas air mata. Karena bawalah masker gas supaya menutupi hidung dan mata.

Jika kamu tidak memilikinya, cukup gunakan masker debu dan kacamata pelindung untuk memberikanmu perlindungan sementara. Saputangan dan baju juga bisa kamu gunakan untuk melindungi pernapasan.

4. Jika kamu terlanjur menghirupnya, jangan panik

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Matanationalreview.com

Efeknya terasa menyakittkan, tetapi gas air mata tidak akan membunuhmu. Kamu harus tetap tenang. Mundurlah dari titik yang terserang gas air mata dan lakukan langkah-langkah berikutnya.

Baca Juga: 10 Penyakit yang Paling Sering Menyerang di saat Mudik, Jaga Dirimu ya

5. Segera bilas wajah pakai air dingin

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Mataallure.com

Air dingin bisa meredam efek dari gas air mata. Segera bilas mata dan hidung kamu setelah terkena gas. Jangan menggunakan air panas karena pori-porimu akan semakin terbuka. Itu membuat zat kimia semakin meresap ke dalam kulit.

6. Lepaskan lensa kontak dan kacamata

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Matactfassets.net

Lensa tersebut akan terlapisi partikel gas air mata. Jika kamu menggunakan kacamata, bilaslah dengan air dan sabun sampai tidak ada partikel yang menempel.

7. Carilah tempat yang lebih tinggi

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Matajatimnow.com

Misalnya seperti jembatan penyeberangan, bangunan, dan lainnya. Partikel gas air mata lebih berat daripada udara. Sehingga kamu akan terhindar dari efek gas air mata.

8. Bilas tangan dan jangan mengucek mata

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Matabenefitsbridge.unitedconcordia.com

Partikel gas air mata akan menempel di seluruh tubuh. Jadi meskipun perih, jangan sampai kamu mengucek mata. Itu akan membuat mata menjadi lebih parah. Bilas tanganmu menggunakan air dan sabun hingga bersih sebelum menyentuh wajah.

9. Pisahkan pakaianmu dengan yang lain jika dicuci

Bukan Pakai Pasta Gigi, 9 Cara Mengurangi Efek Gas Air Matarackcdn.com

Tidak perlu sampai membuang pakaian yang kamu pakai setelah terkena gas air mata. Cukup dicuci seperti biasa saja. Hanya saja kamu perlu memisahkan pakaian yang terkena gas air mata dengan lainnya. Lalu air bekas cucian jangan dipakai untuk mencuci baju lainnya, biar tidak terkontaminasi.

Satu hal lagi, ternyata penggunaan pasta gigi tidak membawa dampak untuk mengurangi efek gas air mata. Pasta gigi justru dapat membuat kulitmu iritasi.

Baca Juga: Apa Sakit Mata Bisa Menular Melalui Tatapan? Ini Kata Para Ahli Medis!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya