Comscore Tracker

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahak

Mantap nih!

Biasanya seseorang berdahak ketika sedang sakit batuk, radang tenggorokan, atau flu. Lendir ini sebenarnya diproduksi oleh paru-paru untuk menghalangi masuknya virus dan bakteri.

Dahak bisa mengental karena terlalu banyak partikel asing yang masuk ke dalam tenggorokan. Namun jangan buru-buru mengambil obat ya. Banyak metode sederhana untuk mengeluarkan dahak. Berikut ini cara alami mengeluarkan dahak:

1. Udara yang kering bisa membuat dahakmu semakin banyak. Untuk jagalah kelembapan udara di ruangan kamu

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahakvasco.eu

Udara yang kering bisa membuat hidung dan tenggorokan semakin iritasi. Akibatnya, paru-paru akan memproduksi lebih banyak dahak. Untuk mengatasi itu, kamu bisa mengaktifkan humidifier di kamarmu. Jika udara di sekitar lembap, dahak akan menjadi lebih cair sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Minumlah air hangat

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahakallure.com

Banyak-banyaklah minum air hangat. Karena mudah membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan. Air hangat bisa meluruhkan dahak yang menyangkut di tenggorokan. Selain air hangat, kamu bisa menyantap makanan yang berkuah. Tapi hindari makanan yang terlalu kuat dan berbumbu ya.

3. Minum air hangat campur madu dan lemon

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahakunsplash.com/@arwinneil

Buatlah minuman hangat dari campuran madu dan lemon. Minuman ini bersifat antibakteri, sehingga bisa mencegah iritasi dan penumpukan dahak di tenggorokan.

4. Buat minuman hangat yang dicampur dengan garam

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan DahakPixabay/Bru-nO

Selain madu dan lemon, kamu bisa membuat minuman hangat yang dicampur dengan dua hingga tiga sendok teh garam. Setelah diaduk rata dan larut, segera minum air tersebut. Garam bisa membantu mengeringkan bagian belakang tenggorokan. Lakukan cara ini dua sampai tiga kali dalam sehari.

5. Jaga posisi kepalamu lebih tinggi daripada tubuh ketika tidur

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahakunsplash.com/KingaCichewicz

Kamu akan kesulitan tidur ketika tenggorokanmu ada dahaknya. Iya gak? Untuk mengatasinya, tidurlah dalam keadaan kepala lebih tinggi dari tubuhmu. Tambahkan beberapa bantal di bawah kepalamu. Posisi seperti ini lebih memungkinkan dahak untuk bergerak ke bawah.

6. Jangan pernah kamu menahan batuk dengan alasan apapun ya

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahakcloudfront.net

Mungkin, dengan alasan mengganggu orang lain, kamu sampai harus menahan batuk. Sebaiknya kamu hindari hal ini. Karena batuk termasuk cara untuk mengeluarkan sekresi dari paru-paru dan tenggorokan. Kondisimu akan semakin parah jika menahan batuk.

7. Hirup uap air panas seperti pada foto

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahakfirstcrycdn.com

Cara ini terbilang mudah. Cukup siapkan handuk, baskom, handuk, dan air mendidih. Tuangkan air mendidih tersebut di dalam baskom. Lalu kerudungkan kepalamu dengan handuk, dekatkan wajah ke permukaan air panas tersebut, dan hirup uap airnya. Handuk berfungsi untuk memaksimalkan uap air agar masuk ke dalam lubang hidungmu. Cara seperti ini bisa meredakan.

8. Hindari asap rokok atau berhenti merokok ketika radang tenggorokan dan batuk berdahak

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan DahakPixabay/Free-Photos

Hindari merokok dulu jika mengalami radang tenggorokan dan batuk berdahak. Kamu juga harus menghindari asap rokok di lingkungan sekitar. Karena rokok memiliki zat yang menyebabkan iritasi. Jika terus-terusan terpapar zat tersebut, kamu tak kunjung sembuh.

9. Bikin teh hangat yang dicampur dengan jahe dan kunyit

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahakorganicfacts.net

Jahe adalah dekongestan natural yang terbukti bisa menyembuhkan demam dan flu sejak ratusan tahun. Sedangkan kunyit memiliki sifat antiseptik yang bisa melawan bakteri jahat. Keduanya akan bermanfaat jika digabungkan. Cara membuatnya cukup mudah. Tambahkan jahe dan kunyit ke dalam teh hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

10. Menggunakan minyak kayu putih

Tak Perlu Minum Obat, 10 Cara Alami Mengeluarkan Dahakorganicfacts.net

Minyak kayu putih sangat manjur untuk mengeluarkan lendir yang berlebihan di dalam tenggorokan, dan meredakan batuk. Maka tak salah bila setiap orang akan mengoleskan minyak kayu putih di sekitar dada, tenggorokan, dan punggung. Sebenarnya ada cara lain yang bisa kamu coba. Yaitu dengan meneteskan minyak kayu putih ke dalam air mendidih, lalu hiruplah uap airnya.

Itu dia cara alami mengeluarkan dahak. Gak perlu obat. Jika cara-cara di atas tidak manjur dalam beberapa minggu, mau tak mau kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You