Comscore Tracker

Gak Usah Ditahan Meskipun Bau, Ini 5 Manfaat Kentut

Mending pindah tempat dulu biar lega

Kentut itu emang bau sih. Karena isinya berupa gas hasil proses pencernaan makanan yang lalu dikeluarkan melalui anus. Meskipun begitu, gak perlu ditahan juga karena alasan bau. Sebab kentut bisa sebagai peringatan masalah kesehatan di tubuhmu lho. Ini dia lima manfaat kentut:

1. Kentut dapat mengurangi rasa sakit perut

Gak Usah Ditahan Meskipun Bau, Ini 5 Manfaat Kentutilustrasi sakit perut (pexels.com/Sora Shimazaki)

Makanya dianjurkan untuk tidak menahan kentut. Dilansir dari Healthline, gas di dalam saluran pencernaan akan terkumpul ketika kamu mengunyah, menelan, dan memproses makanan.

Gas yang menumpuk lama di perut bikin sakit dan gak nyaman. Kalau kamu kentut, gas tersebut akan keluar dan tekanan rasa sakit di perut akan mereda.

2. Kentut dapat mengurangi iritasi usu besar dan wasir

Gak Usah Ditahan Meskipun Bau, Ini 5 Manfaat Kentutpexels.com/@olly

Dilansir dari Healthline, keseringan menahan kentut dapat mengiritasi usus besar hingga menyebabkan wasir. Makanya lebih baik dikeluarin daripada menahannya.

3. Kentut sebagai pendeteksi tubuh mengalami alergi makanan

Gak Usah Ditahan Meskipun Bau, Ini 5 Manfaat Kentutilustrasi sakit perut (pixabay.com/derneuemann)

Seseorang yang punya alergi biasanya akan muncul rasa gatal atau timbul ruam di kulit. Nah, kentut ternyata bisa mendeteksi alergi makanan, lho!

Menurut Healthline, tubuh akan memunculkan reaksi gangguan di saluran pencernaan ketika kamu menyantap makanan yang bikin alergi. Gejalanya bisa berupa mual, kembung, diare, buang angin, dan kembung.

Kalau gas yang keluar berkali-kali, itu artinya tubuh mencoba memberi tahu kamu bahwa makanannya menyebabkan alergi. Apabila kentutnya berlangsung terus menerus dan malah kesakitan, segera periksa ke dokter ya.

Baca Juga: Bisa Jadi Berbahaya, 7 Hewan dengan Kentut yang Tidak Biasa

4. Dapat mengurangi perut kembung

Gak Usah Ditahan Meskipun Bau, Ini 5 Manfaat Kentutilustrasi tangan memegang perut (pexels.com/Kindel Media)

Perut kembung emang bikin begah dan gak nyaman ya. Itu terjadi karena ada udara yang terjebak di dalam saluran pencernaan, tetapi tidak bisa dikeluarkan. Jadi satu-satunya jalan adalah mengentutlah!

5. Sebagai peringatan untuk masalah kesehatan

Gak Usah Ditahan Meskipun Bau, Ini 5 Manfaat KentutIDN Times/Febriyanti Revitasari

Contohnya nih, kamu sering kentut dan sembelit. Itu artinya kamu terlalu banyak mengonsumsi serat. Seorang internis dan ahli gastroenterologi di New York City, dr Niket Sonpal MD, menyatakan seseorang yang terlalu banyak makan serat dapat memicu gas yang menyebabkan perut jadi kembung, kram, hingga sembelit.

Emang sih, serat bikin tinja kamu jadi padat. Tetapi menurut laman Health, kalau terlalu banyak mengonsumsinya juga bikin usus kesulitan untuk mengeluarkannya.

Menurut studi Organisasi Kesehatan Dunia yang diterbitkan pada tahun 2019, ukuran normal untuk mengonsumsi serat adalah 25 hingga 29 gram.

Jadi tahu kan manfaat kentut? Bukan berarti kamu kentut sembarangan ya. Carilah tempat seperti toilet atau ruangan terbuka biar tidak mengganggu orang lain. Semangat mengentut, guys!

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kentut yang Berhubungan dengan Kondisimu

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Vera Yunii di IDN Times Community dengan judul 5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan, Jangan Sering Ditahan!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya