Comscore Tracker

Kenali 7 Penyebab Anak Jadi Hiperaktif, Makanan Juga Berpengaruh

Jangan takut untuk melakukan konsultasi dengan dokter

Anak kecil identik dengan perilakunya yang aktif. Biasanya setiap anak-anak begitu jarang merasa lelah ketika bermain. Bahkan ada juga tipe anak kecil yang sangat aktif hingga melewati batas. Ketika diam, mereka akan gelisah dan merasa tidak nyaman sehingga beberapa menit kemudian tiba-tiba langsung loncat-loncat, berteriak, atau melakukan hal-hal lain di luar batas normal anak kecil. Fenomena inilah yang disebut para ahli sebagai hiperaktif.

Apa sesungguhnya penyebab anak menjadi hiperaktif? Nah berikut beberapa penyebab hiperaktif pada anak.

1. Stres

Kenali 7 Penyebab Anak Jadi Hiperaktif, Makanan Juga Berpengaruhpixabay.com/PublicDomainPictures

Melansir Very Well Family, anak-anak menjadi hiperaktif ketika mereka stres dalam menghadapi kondisi di sekelilingnya. Sebenarnya tidak hanya peristiwa-peristiwa negatif, peristiwa lain seperti dia memiliki adik baru atau pindah rumah saja juga bisa menimbulkan stres. Mereka juga berpotensi stres ketika melihat orangtuanya. Usahakan selalu beri anak support yang berarti walaupun orangtua sedang melewati berbagai cobaan.

2. Kesehatan mental

Kenali 7 Penyebab Anak Jadi Hiperaktif, Makanan Juga Berpengaruhunsplash.com/Ben White

Kesehatan mental atau masalah emosional sering terlihat dari perilaku anak. Seorang anak yang mengalami gangguan kecemasan mungkin akan lebih sulit untuk duduk diam. Jika ada anak yang mengalami masalah emosional yang berujung hiperaktif, segera kunjungi dokter.

3. Makanan

Kenali 7 Penyebab Anak Jadi Hiperaktif, Makanan Juga Berpengaruhpinterest.com/organicauthority

Pada awalnya ada kecurigaan bahwa konsumsi gula bisa menjadi penyebab hiperaktif pada anak-anak. Tapi itu ternyata keliru. Hal itu dilaporkan oleh WebMD. Bagaimanapun juga, berdasarkan beberapa penelitian, makanan lain bisa menjadi penyebab hiperaktif pada anak. Contohnya adalah bahan pengawet dan warna buatan. Bahkan dalam beberapa kasus, mi instan bisa menjadi penyebab hiperaktif anak sehingga perlu dihindari.

Baca Juga: Ini 6 Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental dari Media Sosial, Coba deh!

4. Masalah kesehatan fisik

Kenali 7 Penyebab Anak Jadi Hiperaktif, Makanan Juga Berpengaruhhealth.harvard.edu

Ada beberapa masalah kesehatan fisik yang bisa menyebabkan hiperaktif. Misalnya, tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan berbagai gejala mulai dari kecemasan hingga hiperaktif. Ada juga masalah genetis lain yang dapat menyebabkan anak yang tadinya kalem tiba-tiba menjadi berlebihan aktifnya.

5. Kurang olahraga

Kenali 7 Penyebab Anak Jadi Hiperaktif, Makanan Juga Berpengaruhpixabay.com/HaiRobe

Dorong anak untuk sering berolahraga setiap hari. Seperti bermain di taman, mengendarai sepeda, dan berlari bisa memberi anak kesempatan untuk menyalurkan energinya ke dalam kegiatan yang produktif.

6. Kurang tidur

Kenali 7 Penyebab Anak Jadi Hiperaktif, Makanan Juga BerpengaruhPixabay/ddmitrova

Perbedaan yang sangat kentara antara orang dewasa dan anak-anak adalah efek kekurangan tidur. Jika orang dewasa merasa lelah karena kurang tidur, anak kecil justru menjadi hiperaktif kalau kurang tidur. Mungkin ada momen-momen di mana mereka melewatkan tidur siang atau tidur terlalu malam. Ketika mereka dalam kondisi mengantuk, mereka justru menjadi lebih bersemangat.

Ketika seorang anak tidak cukup istirahat, tubuhnya merespons dengan memproduksi lebih banyak kortisol dan adrenalin sehingga ia dapat tetap terjaga. Hasilnya, dia akan memiliki lebih banyak energi. 

7. Keributan di rumah

Kenali 7 Penyebab Anak Jadi Hiperaktif, Makanan Juga BerpengaruhUnsplash/Jordan Whitt

Sebenarnya kunci dari kebutuhan anak kecil adalah ketenangan. Ketika mereka tidak mendapatkan itu, hiperaktif bisa muncul. Jadi, hati-hati kalau sedang merenovasi rumah atau sedang ribut dengan pasangan. Alangkah lebih baik apabila semua diselesaikan secara baik-baik agar tidak menimbulkan dampak pada anak.

Nah itu beberapa penyebab hiperaktif pada anak kecil. Apabila kamu merasa mulai ada tanda-tanda hiperaktif pada anak, coba evaluasi kembali apa yang telah terjadi pada sang anak. Barangkali beberapa penyebab di atas pernah terjadi.

Baca Juga: Penyebab Psikologis Kenapa Selebritas Terjerat Kasus Narkoba

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya