Comscore Tracker

Ciuman Dapat Jadi Medium Penularan 7 Penyakit Ini, Waspada Ya!

Selalu cek kesehatan kamu ya

Bakteri dan virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui air liur dari orang lain yang kamu cium. Jadi, ciuman bisa menularkan beberapa virus dan bakteri penyebab penyakit. Ketika kamu atau pasangan kamu mengalami penyakit tertentu, sebaiknya hindari untuk melakukan ciuman karena kalian bisa menularkannya ke satu sama lain. 

Nah apa saja jenis penyakit yang dapat menular lewat ciuman? Cek langsung yuk di bawah ini!

1. Demam kelenjar

Ciuman Dapat Jadi Medium Penularan 7 Penyakit Ini, Waspada Ya!medicalnewstoday.com

Demam kelenjar (glandular fever) memiliki gejala yang sama seperti flu. Kamu akan mengalami sakit tenggorokan, demam, dan menggigil. Penyakit yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr ini menyebar melalui air liur ketika kamu berciuman dengan seseorang yang sedang mengidap demam kelenjar.

2. Herpes oral

Ciuman Dapat Jadi Medium Penularan 7 Penyakit Ini, Waspada Ya!todaysrdh.com

Herpes oral bisa dengan mudah ditularkan melalui ciuman. Apalagi sekitar 67 persen orang di bawah usia 50 tahun memiliki virus HSV-1 atau virus penyebab herpes oral di dalam tubuhnya, demikian dilaporkan oleh Healthline.

Gejala yang paling mencolok dari penyakit ini adalah munculnya lepuhan berwarna putih atau merah di area mulut. HSV-1 juga bisa menular ke alat kelamin melalui seks oral hingga seks anal.

Baca Juga: 10 Penyakit yang Disebarkan lewat Gigitan Nyamuk, Waspada ya!

3. Hepatitis B

Ciuman Dapat Jadi Medium Penularan 7 Penyakit Ini, Waspada Ya!infectiousdiseaseadvisor.com

Virus hepatitis B merupakan virus yang bisa menyebabkan peradangan organ hati. Virus ini biasa menyebar melalui hubungan seksual, termasuk ciuman. Hepatitis B akan menyerang kamu apabila kamu berkontak langsung dengan air liur seseorang yang memiliki virus ini. 

Seseorang akan lebih mungkin terinfeksi hepatitis B apabila memiliki luka terbuka di mulutnya. Jadi, kalau mulut sedang terluka, tidak usah macam-macam dulu ya.

4. Kutil

Ciuman Dapat Jadi Medium Penularan 7 Penyakit Ini, Waspada Ya!warts.org

Kutil menular melalui virus human papillomavirus (HPV). Biasanya, kutil muncul di area mulut dengan bentuknya yang kecil dan memiliki warna yang sama seperti tubuh. Kutil yang seperti ini bisa menular melalui ciuman. Ternyata kutil tidak hanya tumbuh di kaki atau tangan saja ya, melainkan juga mulut.

5. Kerusakan gigi

Ciuman Dapat Jadi Medium Penularan 7 Penyakit Ini, Waspada Ya!Pixbay

Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi tidak akan ditemukan pada bayi yang baru lahir. Mulut bayi memang belum dijamah oleh air liur yang sudah terinfeksi bakteri ini. Alhasil, kebanyakan orang dewasa lah yang lebih rentan terhadap kerusakan gigi karena sering melakukan aktivitas ciuman.

6. Meningokokus

Ciuman Dapat Jadi Medium Penularan 7 Penyakit Ini, Waspada Ya!noosanews.com

Penyakit meningokokus adalah kondisi yang berpotensi mengancam jiwa yang meliputi meningitis, radang selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang, dan septikemia. Bakteri ini dapat menyebar melalui ciuman atau tetesan.

Terlihat menyeramkan memang, tidak seperti penyakit menular lainnya. Tapi tenang, studi menemukan kalau penyakit meningokokus tidak akan menular jika kamu hanya melakukan ciuman singkat.

7. Pilek

Ciuman Dapat Jadi Medium Penularan 7 Penyakit Ini, Waspada Ya!thevillagenews.co.za

Melansir Better Health, pilek menjadi salah satu penyakit yang paling mudah menular melalui ciuman. Pasalnya, pilek bisa disebabkan oleh banyak virus yang berbeda. Kalau kamu mencium seseorang yang kebetulan sedang pilek, maka sangatlah besar kemungkinan kamu tertular.

Nah itu 7 jenis penyakit yang dapat menular melalui ciuman. Apabila kamu mengalami salah satunya, perlu terbuka dengan pasangan kamu agar tidak merugikan salah satu pihak. Tetap hati-hati dan jaga kesehatan ya.

Baca Juga: Ini 8 Kebiasaan di Umur 20-30an yang Akan Mencegah Penyakit Jantung

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya