Comscore Tracker

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokter

Emang gak banget deh rasanya kalau sudah sakit gigi

Kalau sudah sakit gigi, kepala rasanya mau pecah, karena gak bisa menahan nyeri dan cenut-cenut. Belum lagi sekarang ada pandemik. Dokter gigi mungkin membatasi diri untuk buka praktik. Keduanya bisa berisiko tertular COVID-19. Lah, terus gimana dong biar cepat sembuh? Tenang. Ada cara cepat menyembuhkan sakit gigi pakai bahan sederhana:

Baca Juga: Tanda-tanda Anak yang Cenderung Jadi Psikopat, Orangtua Wajib Tahu!

1. Kumur-kumur pakai larutan air garam

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke DokterTumpukan garam milik petani di Jeneponto. IDN Times/Muizzu Khaidir

Larutan air garam banyak digunakan sebagai pertolongan pertama. Sebab dapat membantu melonggarkan partikel atau sisa makanan yang tersangkut di gigi, serta merupakan disinfektan alami.

Menurut studi dalam jurnal "PLOS One" tahun 2016, kumur-kumur pakai air garam dapat mengurangi inflamasi dan menyembuhkan luka di mulut.

Caranya, siapkan setengah gelas kecil air putih hangat dan masukkan satu sendok teh garam. Aduk-aduk sampai garamnya larut. Kumurlah pakai larutan itu kurang lebih 30 detik dan lakukan 2-3 kali sehari.

2. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokterpopsugar.com

Berkumur dengan hidrogen peroksida juga dapat mengurangi nyeri dan inflamasi. Menurut laporan dalam "Journal of International Society of Preventive and Community Dentistry" tahun 2016, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan mengobati gusi berdarah.

Pastikan untuk melarutkan tiga persen hidrogen peroksida secukupnya dengan jumlah air yang sama. Berkumurlah dengan larutan tersebut, dan langsung dibuang. Gak boleh ditelan, ya.

3. Kompres saja pakai air dingin atau es batu

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Doktermedicalnewstoday.com

Dilansir Healthline, kamu bisa mengompresnya pakai air dingin atau es batu di area gigi yang sakit. Kompresan itu dapat meredakan rasa sakit karena membuat pembuluh darah di area tersebut menyempit, dan memperlambat aliran darah ke daerah yang sakit.

4. Gunakan bawang putih dan sedikit garam

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokterthespruceeats.com

Menurut studi dalam "Avicenna Journal of Phytomedicine" tahun 2014, bawang putih tak hanya dapat membunuh bakteri penyebab plak gigi. Tetapi juga dapat meredakan rada nyeri.

Caranya, hancurkan bawang putih sampai halus dan tambahkan sedikit garam, lalu oleskan ke area yang sakit.

5. Hindari makan makanan manis dan asam

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokterthefoodeffect.co.uk

Sebenarnya untuk mengatasi sakit atau nyeri, Kamu sebenarnya harus mengetahui penyebab sakit gigi. Yaitu makanan manis dan asam. Jadi kamu wajib menghindarinya untuk sementara waktu sampai gigi tidak sakit lagi.

Baca Juga: 5 Risiko Buruk Kalau Kamu Malas Sikat Gigi Sebelum Tidur

6. Kalau semua bahan-bahan di atas tetap tidak berhasil, ya lebih baik mengonsumsi obat pereda rasa sakit

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Doktermedicalxpress.com

Beberapa obat yang bisa digunakan antara lain asetaminofen dan ibuprofen. Hanya saja, perhatikan dosis yang dikonsumsi dan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

7. Pakai getah lidah buaya

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokterhealthline.com

Getah lidah buaya tidak hanya digunakan untuk mengatasi luka sayatan dan bakar yang kecil. Menurut jurnal “Aloe vera: Nature's soothing healer to periodontal disease” yang diterbitkan dalam "Journal of Indian Society of Periodontology" tahun 2011, lidah buaya juga dapat meredakan sakit gigi.

Caranya, ambil bagian dagingnya dan oleskan pada bagian yang sakit sambil memijatnya secara ringan.

8. Oleskan minyak cengkeh

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokterthespruceeats.com

Dilansir Medical News Today, cengkeh punya kandungan eugenol yang berfungsi sebagai obat bius, antiperadangan, dan antibakteri.

Oleskan minyak cengkeh ke area gigi yang sakit. Jika tidak punya minyak cengkeh, kamu bisa menggunakan daun keringnya. Kunyah daun itu untuk melepaskan minyaknya dan letakkan di bagian gigi atau gusi yang sakit sekitar 30 menit.

9. Gunakan minyak thyme

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokterhgtv.com

Kamu mungkin lebih mengenalnya sebagai bumbu masak atau aroma minyak esensial. Itu bisa digunakan. Caranya, teteskan minyak esensial secukupnya ke kapas basah, lalu oleskan ke area yang sakit.

10. Kantong teh pepermin bisa kamu pakai lho

Cara Meredakan Nyeri Gigi Secara Alami, Coba Dulu Sebelum ke Dokterpowerofpositivity.com

Dilansir Healthline, kantong teh pepermin dapat dipakai untuk mengurangi nyeri gigi dan meredakan gusi yang sensitif. Jadi, jangan langsung membuang kantong bekas teh ya. Kamu bisa menempelkan kantong teh yang masih hangat ke area yang sakit.

Selain itu, kamu dapat mendinginkan kantong teh di freezer selama beberapa menit, lalu kompres ke area gigi yang sakit.

Semoga cara cepat meredakan sakit gigi pakai bahan sederhana di atas bisa membantumu ya. Kalau masih belum hilang juga rasa sakitnya, konsultasikan ke dokter saja ya. Kamu bisa janjian melalui telepon dan lainnya.

Baca Juga: Jangan Percaya Lagi 6 Mitos tentang Kesehatan Gigi dan Dokter Gigi Ini

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya