Comscore Tracker

7 Penyakit Paling Langka di Dunia, Efeknya Sangat Mengerikan 

Semoga kita semua terhindar dari penyakit ini

Setiap orang selalu berusaha agar terhindar dari berbagai penyakit, baik yang ringan maupun yang berat. Tidak ada yang ingin tubuhnya terjangkiti penyakit tertentu. Orang-orang berusaha untuk tetap menjaga kesehatannya, baik dengan berolahraga, maupun dengan mengonsumsi makanan sehat.

Hanya saja kadang ada jenis penyakit tertentu yang muncul tiba-tiba dan seakan tidak bisa dihindari. Nah berikut ini 7 penyakit paling langka di dunia. Efeknya sangat mengerikan. 

1. Vitiligo

7 Penyakit Paling Langka di Dunia, Efeknya Sangat Mengerikan umassmed.edu

Penyakit atau kelainan pada kulit ini hanya diderita oleh 0,5 persen penduduk populasi manusia menurut msn.com. Vitiligo tidak dapat disembuhkan, tapi bisa ditangani agar perubahan warnanya berhenti dan kembali ke warna kulit sedia kala.

2. Kuru

7 Penyakit Paling Langka di Dunia, Efeknya Sangat Mengerikan id.pinterest.com

Berdasarkan tulisan di medlineplus.gov, kuru adalah penyakit super langka akibat infeksi protein yang ada di jaringan otak. Kuru ditemukan pada penduduk New Guinea yang menjalankan praktik kanibalisme dengan memakan otak orang. Kuru memiliki masa inkubasi yang lama sehingga susah diketahui. Penyakit langka ini menyebabkan perubahan pada otak dan jaringan saraf.

3. Progeria

7 Penyakit Paling Langka di Dunia, Efeknya Sangat Mengerikan britannica.com

Progeria atau disebut pula dengan Hutchinson-Gilford Progeria. Penyakit ini hanya diderita satu dari delapan juta anak-anak menurut fool.com dan dikarenakan mutasi genetis. Gejalanya meliputi kebotakan, kepala yang besar, susah bergerak hingga arteri yang mengeras.

4. Cacat RPI

7 Penyakit Paling Langka di Dunia, Efeknya Sangat Mengerikan healthhearty.com

Laporan fool.com menyebutkan bahwa penyakit ini hanya ditemukan satu kasus saja dalam sejarah manusia. Kasusnya terjadi pada 1984 dan sampai sekarang tidak diketahui bagaimana malfungsi genetis itu bermasalah.

Baca Juga: 7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Jantung, Coba Deh!

5. Porphyria

7 Penyakit Paling Langka di Dunia, Efeknya Sangat Mengerikan medicalbag.com

Porphyria punya nama lain, yaitu kencing ungu, membuat warna urinemu menjadi ungu. Hal ini bisa terjadi karena adanya gangguan metabolisme pada tubuh hingga mempengaruhi kulit dan sistem saraf, menyebabkan mual dan susah buang air besar. Vincent Van Gogh, pelukis legendaris diperkirakan terkena penyakit ini.

6. Acromegaly

7 Penyakit Paling Langka di Dunia, Efeknya Sangat Mengerikan semanticscholar.org

Gangguan kesehatan ini menyebabkan pertumbuhan tangan dan kaki tidak terkontrol. Secara kasat mata, penderitanya akan memiliki tangan dan kaki yang besar, dan makin lama bentuk wajah ikut berubah. Acromegaly adalah gangguan hormon dan kasusnya hanya ditemukan tiga kali tiap tahun untuk tiap jutaan manusia.

7. Fibrodysplasia ossificans progressiva

7 Penyakit Paling Langka di Dunia, Efeknya Sangat Mengerikan findagrave.com

Penyakit super langka yang menyebabkan penderitanya membatu. Hal ini dikarenakan jaringan otot tergantikan oleh tulang, menciptakan tulang di luar tubuh. Menurut ghr.nlm.nih.gov, penyakit ini sudah bisa dikenali pada masa kecil yang perlahan-lahan tampak pada leher dan bahu, lalu menjalar ke tubuh dan bagian tubuh lainnya. Nama lain kondisi kesehatan ini adalah penyakit manusia batu.

Penyakit-penyakit langka ini diyakini susah disembuhkan karena memang spesimen untuk uji coba obatnya hanyalah sedikit. Belum lagi karena kebanyakan penyakit macam ini datang dari mutasi genetis sehingga penelitiannya menjadi jauh lebih lama. Semoga tidak ada di antara kita yang terjangkit penyakit-penyakit di atas ya. Tetap rawat diri dan jaga kesehatan.

Baca Juga: 8 Penyakit Pembunuh Balita, Hati-hati karena Gejalanya Sulit Diketahui

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya