Comscore Tracker

7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Corona

Sistem imun kamu berjuang mati-matian untuk melawannya

Virus merupakan makhluk berukuran mikro yang sering merugikan manusia. Ketika masuk ke dalam tubuh, virus otomatis membuat kamu jadi sakit. Ada kalanya virus sangat berbahaya, hingga menyebabkan kematian.

Namun sebenarnya tubuh manusia telah memiliki senjata untuk melawan makhluk jahat tersebut, bernama sistem imun.

Jurnal dari Medical Microbiology mendeskripsikan, sistem imun sebagai mekanisme tubuh manusia untuk mengenali virus dan bereaksi kepadanya. Terdapat urusan proses yang perlu dilewati agar sistem imun tubuh menjadi kuat, dan dapat membunuh virus tanpa perlu sakit.

Dilansir immunology.org dan berbagai sumber lainnya, berikut urutan penanganan sistem imun terhadap virus yang masuk ke dalam tubuh manusia:

1. Sistem akan mencari tahu dulu di mana sel virus tersebut menginfeksi tubuh

7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Coronawesa.fm

Begitu masuk ke tubuh, virus akan menginvasi ke dalam sel inang dan bersemayam di sana. Virus lalu akan membelah diri dan berkembang. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuhmu merasakan sakit.

Pada titik ini, sistem imun tidak bisa mendeteksi virus tersebut, dan tidak mengetahui sel manakah yang terinfeksi, namun ia bisa merasakan ada yang tidak beres. Secara spontan, tubuh akan melakukan suatu mekanisme yang bisa 'membuka' sel dan menunjukkan protein dalam sel tersebut. Baru dari sini sistem imun mengetahui sel manakah yang terkena virus.

Baca Juga: Cara Mencegah Penularan Virus Corona dan Gejalanya

2. Begitu ketahuan, sistem imun baru mencari penangkalnya

7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Coronathoughtco.com

Setelah ketahuan ada sel yang terinfeksi, sistem imun mulai mengeluarkan senjatanya. Sel spesial bernama sel T akan muncul dan mengelilingi sel yang terinfeksi. Salah satu tipe sel T itu bernama sitotoksik.

Sitotoksik memiliki protein spesial untuk membunuh sel yang terinfeksi virus. Sel terinfeksi ini akan dihancurkan, hingga virus tak memiliki rumah lagi untuk berkembang dan ikut mati.

3. Virus sangat pintar menyembunyikan diri. Tapi sistem imun jauh lebih pintar dalam mendeteksi

7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Coronaimmunitytales.com

Virus merupakan mikroorganisme yang pintar. Dia akan berusaha menyembunyikan diri agar tidak ketahuan sistem imun. Bahkan ada beberapa virus yang mampu mengakali sistem imun tersebut.

Namun sistem imun juga pintar. Ia memiliki senjata rahasia bernama NK cell atau sel pembunuh alami. NK cell akan mengeluarkan substansi racun yang akan menghancurkan sel terinfeksi virus ini.

4. Agar tidak mereplika, sistem imun akan menyuruh sel lain menangani hal tersebut

7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Coronaellipse.prbb.org

Dinamakan interferon, sel ini akan berusaha menghalangi virus untuk mereplika dirinya dan berkembang biak hingga tak bisa diatur. Dengan langsung mengganggu kemampuan replika sel yang terinfeksi, sel T akan lebih mudah mencari sel virus tersebut.

5. Sistem imun akan melawan virus yang berhasil menyusup melewati antibodi

7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Coronagenengnews.com

Sebelum menginfeksi sel-sel tubuh, virus harus bisa melewati antibodi terlebih dahulu. Ibarat dinding besar, antibodi akan menghalangi berbagai kemungkinan terburuk pada tubuh, termasuk virus.

Secara prosesnya, antibodi akan menetralisir virus sehingga tidak mampu lagi menginfeksi. Sel pelindung ini juga dapat membuat mekanisme yang lebih kuat dengan bekerja bersama-sama.

Baca Juga: Kemenkes Sebut Virus Corona akan Mati Hanya dalam 10 Menit

6. Antivirus dari vaksinasi akan menguatkan antibodi

7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Coronawired.com

Vaksinasi ibarat data eksternal yang diberikan kepada tubuh. Data tersebut sudah diproses sedemikian rupa, menjadi sesuatu yang mudah dipahami oleh tubuh.

Ketika diserap, antibodi menerima data tersebut, menyerapnya dan menggunakan data-data itu untuk menguatkan dinding. Alhasil, ketika ada virus yang serupa dengan vaksin datang dari luar dan ingin menginfeksi, antibodi bisa cepat menghalangi virus tersebut.

7. Ada juga virus yang sangat kuat sampai melemahkan sistem imun

7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Coronasciencemag.org

Membunuh virus memang butuh waktu. Ada kalanya pula sistem imun harus berurusan dengan virus yang sangat kuat. Saking kuatnya virus tersebut, sistem imun butuh waktu lama untuk membunuhnya.

Sampai-sampai sebelum sistem imun kembali fit atau normal, virus lain sudah ada yang datang kembali untuk menginvasi. Pada titik ini, biasanya sistem imun tubuh sudah tidak bisa berkutik melawan virus. Sehingga menyebabkan terjadinya infeksi besar. Contoh virus seperti ini adalah virus human immunodeficiency (HIV).

Pada dasarnya tubuh memiliki sistem imun yang kuat untuk melindungi kamu. Tapi tak semua virus bisa ia deteksi. Termasuk virus corona yang sekarang positif menginfeksi ibu dan anak asal Depok.

Karena itu untuk menguatkannya, kamu harus menjaga kesehatan agar terbentuk antibodi yang kuat.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja Menurut WHO

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya