Comscore Tracker

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Ya

Sehat itu murah lho

Sekadar kamu ketahui, orang sehat tidak hanya dari fisiknya yang bugar saja. Tetapi juga dilihat dari kondisi mental dan emosionalnya. Untuk mencapai kondisi sehat yang ideal seperti itu tentu tidak diperoleh tanpa usaha.

Orang yang sehat secara fisik dan mental tentu punya kebiasaan khusus. Penasaran gimana caranya? Ini dia kebiasaan orang sehat sebelum jam 10 pagi, menurut beberapa ahli:

1. Mereka tidak terburu-buru berkutat dengan ponselnya

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/brunocervera

Menurut life coach Bryce Kennedy, orang-orang sehat justru menjauhi ponselnya selama mungkin. Hal ini juga yang dilakukan beberapa nama besar seperti Oprah, Seth Godin, dan Tony Robbins. Alih-alih sibuk mengecek ponsel, mereka justru menghabiskan waktu untuk refleksi, menulis, brainstorming, dan sebagainya.

2. Sering melakukan meditasi

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/theformfitness

Bagi kebanyakan orang awam, meditasi dianggap sebagai hal yang membosankan bahkan 'tidak jelas'. Namun menurut Lillie Rosenthal MD, meditasi justru membuatmu lebih siap menghadapi diri, menghubungkan antara pikiran dan tubuhmu untuk reset serta reboot sistem saraf pusat. Teknik pernapasan ini akan membantumu lebih siap menghadapi hari dan membuat penilaian yang baik terhadap diri sendiri.

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Kepala Setiap Bangun Pagi, Hati-hati

3. Senang membaca hal yang menginspirasi

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/priscilladupreez

Selain koran dan majalah, bacaan menginspirasi juga bisa kamu temukan di situs atau tulisan yang diunggah orang dalam blog, Facebook, dan lainnya. Life coach Cali Estes PhD menyarankan untuk menghabiskan waktu sampai sepuluh menit untuk membaca. Sehingga membantumu meraih target.

4. Tidak pernah lupa untuk selalu bersyukur

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/freshhconnection

Alih-alih mengeluh atau merasa terbebani dengan kerjaan yang harus dijalani setiap hari, kamu bisa memilih untuk mensyukuri atas semua hal yang sudah kamu lewati sejauh ini, bahkan ketika kamu baru bangun tidur.

Pembicara motivasi, Kien Vuu MD, mengatakan bahwa manfaat dari sikap ini memiliki batas waktu yang tak terhingga. Menuliskan hal-hal apa saja yang disyukuri setiap pagi, dapat melepaskan hormon yang membuatmu merasa lebih baik dan mengurangi produksi hormon kortisol.

5. Rutin olahraga di pagi hari

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/sgreenephoto

Dr Sorenthal mengungkapkan, berolahraga di pagi hari dapat menstimulasi neurotransmitter di otak. Sehingga kamu lebih muda dan lincah secara psikologis. Selain itu, kesehatan kardiovaskular akan meningkat, nafsu makan lebih terkontrol, otot-otot terbentuk, hingga kesadaran diri juga meningkat.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 7 Dampak Minum Susu Berlebihan pada Kesehatan Tubuhmu

6. Menghidrasi tubuh dengan baik

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/joannakosinska

Mengingat komposisi terbesar tubuh adalah air, hidrasi yang cukup adalah kunci utama untuk usia yang panjang. Sayangnya, sebagian besar masyarakat baru minum setelah merasa haus--yang mana sesungguhnya sudah terlambat.

Dr Rosenthal menyarankan untuk minum12 ons air segera setelah bangun tidur, dan 2 liter secara total dalam sehari. Bila memungkinkan, tambahkan lemon ke dalam air untuk pH yang lebih seimbang.

7. Menjaga ruangan tetap rapi

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/srosinger3997

Meski terlihat sepele, membereskan meja maupun ruanganmu dapat memberikan pengaruh besar bagi kesiapan mental dan kepercayaan diri. Rasa gelisah, bersalah, dan lainnya akan hilang sekejap. Lagipula, tentu memulai hari dengan keadaan rapi terasa lebih menyenangkan dibandingkan dalam keadaan yang kacau, bukan?

8. Selalu ingat mandi. Ini penting ya, guys

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/morganharrisphotos

Menurut Tania Elliott MD dari EHE, mandi di pagi hari lebih sehat dibandingkan mandi di malam hari. Tak hanya membuatmu jadi lebih segar dan siap memulai hari. Bila menambahkan peppermint, tingkat konsentrasimu pun dapat meningkat.

9. Berkomunikasi dengan orang terdekat

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/akshardave

Meski mempunyai me time di pagi hari penting, Jeana Anderson Cohen dari Sweat Life, mengatakan bahwa menyisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekat juga tak kalah penting untuk kesehatan.

Entah keluarga, pasangan, sahabat, anak, atau bagian dari support system lainnya, mengalokasikan waktu untuk kebersamaan dengan mereka dapat memberikan kebahagiaan tersendiri. Bila tak dekat secara fisik, kamu bisa mengirim pesan singkat di pagi hari, atau menelepon untuk menyampaikan rasa rindu dan bertukar semangat.

10. Ingat sarapan pukul 10 pagi

10 Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Jam 10 Pagi, Kaum Rebahan Minggir Yaunsplash.com/thoughtcatalog

Dr Rosenthal menyatakan, puasa nampanya memiliki manfaat besar. Saat kamu sengaja mengosongkan perut dari makanan selama sepuluh jam, kadar gula darah akan kembali normal dan metabolisme pun akan membaik. Karena itu, kebanyakan orang sehat sengaja menunda waktu sarapan hingga pukul 10 pagi.

Itulah kebiasaan orang sehat sebelum jam 10 pagi, menurut beberapa ahli. Memang tak mudah dilakukan dalam sekejap. Mungkin kamu bisa memilih beberapa poin dulu supaya jadi kebiasaan, dan rasakan manfaatnya secara langsung. Selamat mencoba.

Baca Juga: 7 Alasan Kesehatan Sebaiknya Kamu Mengurangi Makan Daging Merah

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya