Comscore Tracker

Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclair

Pemula juga bisa melakukannya. Tapi harus tahu risikonya

Crossfit kini termasuk jenis olahraga yang semakin digemari kalangan usia 21 tahun ke atas. Namun workout seperi ini masih belum terlalu luas dikenal di Indonesia. Kalaupun ada yang tahu, biasanya di kota-kota besar saja. Suami Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair, dikabarkan sebagai aktor yang menggemari crossfit

Ayah dari Noah Sinclair ini meninggal dunia karena serangan jantung, Selasa (18/2) dini hari. Ashraf diketahui tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh manajer BCL, Mohammad Ikhsan Doddyansyah, ketika memberikan keterangan pers di rumah duka, Selasa (18/2): 

"Nggak ada, dia sehat banget. Di antara kita semua, dia paling sehat."

Kata Ikhsan, Ashraf Sinclair diketahui melakukan crossfit di pusat kebugaran langganannya, pada Senin (17/2) malam, beberapa jam sebelum meninggal. Seperti apa sih crossfit itu? Apa kelebihan dan kekurangannya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Crossfit sangat membantu dalam pembentukan massa otot, lebih fit, dan kuat

Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclairdeccan360.in

Crossfit merupakan gaya hidup yang mengombinasikan antara latihan fisik, dan nutrisi yang sehat. Program ini sangat membantu dalam pembentukan massa otot, lebih fit, dan kuat.

2. Crossfit termasuk olahraga yang penuh tantangan, dan bisa dilakukan oleh seorang pemula

Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclairtheboxmag.com

Kalau kamu termasuk orang yang berambisi ingin memiliki tubuh apik, dan menyukai tantangan, crossfit adalah pilihan yang cocok buat kamu.

Baik muda, tua, laki-laki, dan perempuan bisa saja melakukan workout ini. Masing-masing latihan juga dimodifikasi sesuai dengan kondisi badan. Sehingga tidak perlu takut, sekalipun kamu seorang pemula.

3. Ada tiga bagian utama yang akan kamu lakukan ketika mencoba crossfit:

Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclaircedarrapidscrossfit.com

Hal yang paling identik dari crossfit adalah latihannya intensnya. Kamu akan menggunakan seluruh otot tubuh untuk melakukan latihan angkat beban, gimnastik, termasuk kardio seperti lari, renang dan lainnya. Secara umum, inilah tiga bagian utama yang akan kamu lakukan ketika mencoba crossfit:

  • warming up (Untuk meningkatkan detak jantung dan aliran darah)
  • skill/strength work (Biasanya hanya terkonsentrasi pada satu jenis latihan. Sehingga kamu bisa mengimprovisasi, menyempurnakan teknik tersebut dan melakukannya dalam beberapa set serta repetisi)
  • workout of the day (Merupakan kombinasi berbagai gerakan dan latihan yang berbeda setiap harinya).

Baca Juga: Kenapa Ototmu Pegal Setelah Olahraga Berat? Ini 8 Penjelasan Medisnya!

4. Kalau dijalankan secara tepat, crossfit bisa bermanfaat untuk menekan risiko terkena penyakit kronis

Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclairmiifotos.com

Crossfit yang memadukan aktivitas fisik secara intens dan diimbangi dengan nutrisi yang tepat (Daging, sayuran, buah, biji-bijian, dan minum gula), akan menekan risiko terkena penyakit kronis.

Selain itu, manfaat lainnya adalah lemak tubuh akan terbuang, menguatkan dan membentuk otot, meningkatkan stamina, menguatkan jantung, hingga meningkatkan kepercayaan diri.

5. Ada satu gerakan yang jadi ciri khas crossfit, yaitu kipping pull up. Gerakan ini harus kamu kuasai

Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclaircrossfitcentral.com

Sebenarnya tidak ada patokan khusus dalam hal ini. Tetapi ada satu gerakan khas crossfit yang harus kamu kuasai. Yaitu kipping pull up, mengayunkan tubuh ke depan dan belakang, dengan posisi tangan bergelantung seperti pull up pada umumnya.

Tangan harus dibuka selebar bahu, dorong kepala ke depan untuk mulai berayun. Pastikan cengkeraman dan bahu kamu tetap kuat. Begitu terayun ke belakang, gunakan momentum tersebut untuk mengangkat dada.

6. Hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan crossfit

Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclairdevinefitnessequipment.co.nz

Pada dasarnya, kamu tidak membutuhkan banyak hal untuk memulai crossfit. Selain pakaian olahraga yang nyaman dan aman, pastikan kamu juga memilih lokasi berlatih dengan pelatih yang tepat. Kebulatan tekad dan mental pun jadi bekal yang harus kamu miliki.

7. Kekurangan crossfit yang harus kamu hindari:

Kelebihan dan Kekurangan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclairfineartamerica.com

Ada satu kekurangan dalam latihan crossfit ini. Yaitu banyak orang yang tidak sabar menjalankan crossfit. Selain bersabar dalam menjalani proses crossfit, kamu juga harus dalam kondisi fit.

Karena ketika tidak sabar, kamu akan mengalami cedera. Sebab crossfit termasuk olahraga yang temponya cepat, dan menekan fisik secara keras. Terkadang ada orang yang memaksakan diri meski sudah lelah.

Berdasarkan Jurnal National Strength and Conditioning Association, sebanyak 73,5 persen orang yang melakukan crossfit tercatat mengalami cedera. Biasanya yang paling sering adalah mengalami cedera muskuloskeletal, terutama di bagian bahu atau tulang belakang, dan risiko rhabdomyolisis.

Itu dia kelebihan dan kekurangan crossfit. Intinya, kamu harus bisa mengukur kemampuan fisik sendiri. Badan harus dalam kondisi bugar, dan berhentilah ketika lelah.

Baca Juga: 7 Alasan Olahraga Akan Lebih Maksimal Jika Dilakukan Beramai-ramai

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya