Comscore Tracker

6 Cara Asyik Biar Bangun Pagi Lebih Awal, Butuh Konsisten

Biar rejekimu gak dimakan buaya

Punya pekerjaan, rutinitasnya padat, tetapi susah banget untuk bangun pagi? Klasik! tapi kamu tidak sendiri. Banyak orang yang mengalami hal ini. Contohnya kamu yang lagi baca artikel ini, kan?

Kamu sudah berusaha melakukan berbagai cara supaya bisa bangun pagi, tapi belum berhasil juga. Cobalah pakai cara ini. Berikut cara bangun pagi menurut ilmuwan:

1. Pakai cahaya matahari untuk membangunkan kamu secara alami

6 Cara Asyik Biar Bangun Pagi Lebih Awal, Butuh Konsistenindependet.co.uk

Ilmuwan menemukan, paparan cahaya alami punya hubungan erat sebagai pemicu tubuh supaya terjaga. Bangun tidur akibat tubuh secara alami merespon cahaya matahari adalah cara yang terbaik. Tetapi kalau pengin bangun lebih awal, subuh misalnya, ada cara lain yang bisa kamu lakukan.

Agar tetap menyatu dengan ritme sirkadianmu dan memberikan energi saat bangun, sisakan sedikit celah bagi gorden agar ada cahaya yang masuk. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alarm dawn simulator, yang akan menyalakan cahaya sesuai dengan waktu yang telah diatur.

2. Menciptakan kondisi kamar yang nyaman untuk tidur

6 Cara Asyik Biar Bangun Pagi Lebih Awal, Butuh Konsisteneternallifestyle.com

Umumnya, tidur adalah aktivitas yang samgat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu berbaring di tempat tidur, memejamkan mata, dan biarkan tubuh beristirahat. Tetapi nyatanya, kamu juga perlu persiapan agar kualitas tidurmu optimal. Sehingga energi tidak terkuras ketika bangun esok hari.

Untuk mengatasinya, matikan semua lampu dan ponselmu. Pasalnya, sinar yang berkedap-kedip bahkan ketika ada indikator notifikasi di smartphone sangat memengaruhinya. Menurut dr Susan Mathison, cahaya yang ada di lingkungan sekitarmu, terutama yang memberikan radiasi cahaya biru dapat mengganggu kadar melatonin tubuh, yang justru membuatmu waspada dan terjaga.

3. Pakai saja aplikasi alarm yang memakai tubuh kamu sebagai parameternya. Ada ya?

6 Cara Asyik Biar Bangun Pagi Lebih Awal, Butuh Konsistenbetterhumans.coach.me

Sudah sering menggunakan alarm tapi tidak berhasil? Kali ini, coba menggunakan aplikasi Sleep Better yang akan menggunakan tubuhmu sendiri sebagai parameter. Aplikasi ini membaca gerakan tubuhmu, yakni kapan kamu tidur paling lelap dan kapan kamu mengalami rasa gelisah dalam tidur. Nah, sinyal tubuh ini kemudian akan ditranslasikan ke dalam program, sehingga aplikasi dapat memilih waktu yang tepat untuk membangunkanmu.

Hal ini memiliki hubungan yang sangat kuat dengan tahapan tidurmu. Seperti yang diketahui, proses tidur seseorang terbagi atas 4 tahap: tahap 1, 2, 3, dan REM (Rapid Eye Movement Sleep).

Sleep Better akan mengidentifikasi waktu saat kamu berada di antara tahap 1 dalam separuh jendela tidur yang kamu atur dan waktu bangun, sehingga tubuhmu pun dapat terbangun dengan cara yang lebih alami.

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Dysania, Orang yang Sulit Bangun Pagi

4. Ubah satu menit setiap dua hari sekali

6 Cara Asyik Biar Bangun Pagi Lebih Awal, Butuh Konsistenopen-sensing.org

Berikan kemajuan untuk setiap hal positif yang kamu lakukan, termasuk dalam usaha bangun pagi. Setiap dua hari sekali, coba majukan jam bangunmu satu menit lebih cepat sampai kamu benar-benar mencapai hasil yang diharapkan. Hal ini lebih efektif dibandingkan harus mengatur berbagai jam alarm setiap hari untuk membangunkanmu.

Kondisi ini sesungguhnya menyesuaikan dengan respon manusia. Menurut penelitian, respon manusia bekerja lebih baik terhadap perubahan yang dilakukan secara bertahap, daripada yang dilakukan secara instan dan signifikan. 

5. Tambahkan agenda sosial sebagai alasan kamu untuk bangun pagi

6 Cara Asyik Biar Bangun Pagi Lebih Awal, Butuh Konsistenmiifotos.com

Pernah melihat teman kuliah yang jarang masuk kelas pagi tetapi selalu hadir di acara kepanitiaan sepagi apa pun jadwalnya? Agak ironis ya, tetapi agenda yang melibatkan tanggung jawab, reputasi, dan harga diri biasanya lebih ampuh dibandingkan hal-hal yang sifatnya hanya untuk personal achievement.

Karena itu cobalah untuk mengatur jadwal pagi untuk melakukan berbagai pertemuan atau hal-hal serupa lainnya. Misalnya, janjian jogging bareng teman atau pacar.

6. Kalau masih brlum berhasil, coba pakai bantuan diffuser aromaterapi

6 Cara Asyik Biar Bangun Pagi Lebih Awal, Butuh Konsistenindependet.co.uk

Kebiasaan masih 'mengumpulkan nyawa' sesaat setelah membuka mata, jangan dibiarkan berlangsung terlalu lama. Cobalah memakai diffuser aromaterapi di ruang tidurmu. Ketika essential oil itu keluar, tubuhmu akan terasa lebih berenergi.

Beberapa aroma yang bisa membantumu lebih cepat terjaga antara lain jeruk sitrus, bergamot, peppermint, dan lainnya. Selain itu, kamu juga segera mengonsumsi air mineral atau berjemur sebentar di bawah sinar matahari.

Itulah cara bangun pagi menurut ilmuwan. Ingat ya, semua ini butuh proses dan tidak bisa instan. Tubuhmu perlu kebiasaan dan penyesuaian diri. Tetapi kalau tidak kamu lakukan dari sekarang, mau sampai kapan?

Baca Juga: Pengin yang Hangat-hangat? Bikin Wedang Ronde Saja, Ini Resepnya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya