Comscore Tracker

Bahaya Memencet Jerawat di Area Wajah Segitiga Ini, Bisa Picu Kematian

Mimin baru tahu nih

Semua orang pernah mengalami jerawat. Terkadang emang risih juga sih ada jerawat, apalagi di wajahmu. Penginnya mencet jerawat, padahal itu sangat berisiko. Dirangkum dari berbagai sumber, kamu sebaiknya tidak memencet jerawat di titik-titik berikut ini:

1. Memencet jerawat juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan otak dan organ lainnya

Bahaya Memencet Jerawat di Area Wajah Segitiga Ini, Bisa Picu Kematianremediesforme.com

Mungkin kamu berpikir, bahwa memencet jerawat adalah cara yang cepat untuk menghilangkannya. Faktanya, kebiasaan yang seperti itu buruk. Selain iritasi dengan menyisakan lubang memerah dan menghitam, memencet jerawat juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan otak dan organ lainnya. Bagaimana itu bisa terjadi?

2. Ada area di wajah yang disebut sebagai "segitiga kematian"

Bahaya Memencet Jerawat di Area Wajah Segitiga Ini, Bisa Picu Kematiannypost.com

Area tersebut meliputi bagian hidung dan atas mulut. Area itu terdapat pembuluh darah yang langsung menuju ke kepala dan tentu saja terhubung ke otak. Jika kamu mencoba memencet jerawat di area itu dalam kondisi tangan kotor, maka ada risiko infeksi.

Baca Juga: Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

3. Infeksi akibat memencet jerawat bisa sampai menyebabkan kematian

Bahaya Memencet Jerawat di Area Wajah Segitiga Ini, Bisa Picu Kematianfreepik.com/gpointstudio

Infeksi tersebut dapat menyebar melalui pembuluh darah yang langsung menuju kepala hingga bagian otak. Akibatnya bisa fatal. Karena pusat saraf akan mengalami kerusakan.

4. Penderita yang mengalami infeksi itu terancam kehilangan penglihatan, berpotensi lumpuh hingga kematian

Bahaya Memencet Jerawat di Area Wajah Segitiga Ini, Bisa Picu Kematianbellezzacorner.com

Sebenarnya jerawat yang tumbuh di area "segitiga kematian" akan hilang dengan sendirinya. Dilansir Cleveland Clinic, cara terbaik untuk mengatasi jerawat adalah mengoleskan benzoyl peroxide yang bisa kamu beli di apotek atau toko obat dalam bentuk gel, krim, maupun patch.

Kandungan senyawa di dalamnya akan membunuh bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan. Kamu bisa membeli produk dengan konsentrasi benzoyl peroxide antara 2,5 hingga 10 persen.

Tetapi yang perlu kamu ketahui adalah penggunaan secara berulang di area yang sama mungkin bisa menyebabkan kekeringan atau iritasi. Jadi kalau tipe kulitmu sensitif, pilihlah produk dengan konsentrasi benzoyl peroxide yang lebih rendah.

Apabila jerawatmu semakin parah, tidak perlu ragu-ragu untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Moluskum Kontagiosum, Jerawat Genital yang Sangat Cepat Menular

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya