Comscore Tracker

7 Cara Biar Gak Ngiler Berlebihan Saat Tidur

Ngiler itu wajar gaeess

Pasti banyak pertanyaan, kenapa sih kita sering ngiler? Sebenarnya ketika tidur, otot-otot wajah dan refleks menelannya dalam keadaan relaks. Karena air liur terakumulasi di mulut saat tidur, perlahan-lahan akan menetes keluar, karena otot-otot wajahnya rileks dan dapat menyebabkan mulut sedikit terbuka.

Jadi ngiler itu wajar, guys. Gak perlu malu. Tetapi kalau kamu gak nyaman, ada cara untuk menguranginya. Berikut cara biar gak sering ngiler saat tidur:

Baca Juga: Bisa Menghambat Rejeki! 5 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur

1. Sebelum tidur, bersihkan dulu sinusmu

7 Cara Biar Gak Ngiler Berlebihan Saat Tidurrockymountainhottubco.com

Alasan utama orang meneteskan air liur saat tidur adalah karena hidungnya tersumbat. Sehingga orang itu akan bernapas lewat mulut dan menyebabkan mulutnya terbuka. Jadi, sebelum tidur sebaiknya membersihkan hidung dulu. Kamu boleh mandi air hangat sebelum tidur, atau memakai minyak esensial yang mengandung eucalyptus, agar kamu bisa bernapas dengan lebih leluasa.

2. Kamu bisa mengubah kebiasaan posisi tidur

7 Cara Biar Gak Ngiler Berlebihan Saat Tidurtoday.com

Posisi tidur juga bisa memengaruhi seseorang untuk ngiler. Kalau tidurnya telungkup, air liur jelas keluar lebih banyak daripada orang yang tidur telentang.

3. Cek apakah ternyata kamu mengidap sleep apnea

7 Cara Biar Gak Ngiler Berlebihan Saat Tidureverydayhealth.com

Ini merupakan gangguan utama di mana pernapasan seseorang tidak berjalan lancar. Kondisi ini menyebabkan gangguan tidur dan terbangun di malam hari, ada perasaan lelah di pagi hari, dan kantuk sepanjang hari.

Mengiler dan mendengkur adalah indikator utama dari sleep apnea. Merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena gangguan dan masalah pernapasan lainnya.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Inilah Waktu Terbaik untuk Sarapan Menurut Para Ahli

4. Mengurangi berat badan

7 Cara Biar Gak Ngiler Berlebihan Saat Tidurpexels.com/rawpixel

Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi proses pernapasan dan tidur. Apakah kamu memiliki berat badan yang termasuk dalam kategori berlebihan? Berat badan berlebih termasuk penyebab sleep apnea yang membuat air liur berlebih keluar secara berlebihan saat tidur.

5. Cek kandungan obat-obatan yang sedang kamu konsumsi

7 Cara Biar Gak Ngiler Berlebihan Saat Tidurpexels.com/JESHOOTS.com

Kalau kamu sedang minum obat, pastikan itu tidak menyebabkan produksi air liur berlebih. Sebab beberapa antibiotik bisa menyebabkan hipersalivasi dan menjadi penyebab berlebihannya produksi air liur.

6. Tidur dengan bantal yang terlalu tinggi

7 Cara Biar Gak Ngiler Berlebihan Saat Tidurpexels.com/John-Mark Smith

Menjaga kepalamu di atas bantal yang lebih tinggi saat tidur dapat mengurangi kemungkinan ngiler secara berlebihan. Tetapi jangan sampai terlalu tinggi juga sampai leher kamu gak nyaman.

7. Kalau sudah parah banget, sebaiknya konsultasi ke dokter saja ya

7 Cara Biar Gak Ngiler Berlebihan Saat Tidurdepositphotos.com

Konsultasi ke dokter adalah jalan terakhir jika kamu merasa tidak nyaman. Nanti kamu bakalan mendapatkan perangkat yang tepat untuk mulutmu. Sehingga ngilernya jadi berkurang.

Itulah cara biar gak sering ngiler saat tidur. Semoga berguna ya. Tetapi kamu perlu malu kalau ngiler. Karena itu wajar.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya