Comscore Tracker

6 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala, Gak Ada Efek Samping

Sebelum minum obat, cobain cara ini dulu ya

Meskipun ringan, namun sakit kepala cukup mengganggu ya. Kamu jadi tidak dapat beraktivitas secara normal karena harus menahan sakit kepala, dan konsentrasi jadi terganggu. Kalau sudah begini, jalan satu-satunya adalah minum obat pereda sakit kepala. Tapi biar gak terus-terusan mengandalkan obat kimia, ada cara lain lho untuk meredakan sakit kepala. Ini dia cara alami meredakan sakit kepala:

1. Lakukan pemijitan di bagian pelipis dan peregangan kecil

6 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala, Gak Ada Efek Sampinghuffpost.com

Kalau lagi kerja tiba-tiba sakit kepala, udah langsung buyar deh konsentrasinya. Nah, jangan buru-buru minum obat kimia ya. Coba kamu luangkan waktu beberapa menit untuk memijat area pelipis. Lalu lanjutkan dengan peregangan kecil agar otot-ototmu mengalami relaksasi. Biasanya lakukan peregangan di daerah leher dan tangan.

Baca Juga: Ini Tips Keberhasilan Orang Positif COVID-19 yang Berhasil Sembuh

2. Istirahat di ruangan yang sunyi dan gelap

6 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala, Gak Ada Efek Sampingflickr.com

Memejamkan mata di dalam ruangan yang sunyi dan gelap dari mengurangi sakit kepala. Karena umumnya sakit kepala peka terhadap cahaya dan suara. Kalau ruangannya gelap, otot-otot yang awalnya tegang bisa rileks kembali.

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Kepala Setiap Bangun Pagi, Hati-hati

3. Mengompres kepala pakai air hangat atau es batu

6 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala, Gak Ada Efek Sampingwisegeek.com

Cari wadah yang tahan air lalu isi dengan air hangat atau panas jika kuat. Kompres air tersebut di bagian leher dan bahu. Ini dapat membantu meredakan sakit kepala. Kalau sakit kepalanya berdenyut, kamu bisa memakai es batu yang dibalut dengan handuk, lalu tempelkan di bagian dahi dan pelipis.

Baca Juga: 9 Cara Mudah Ini Tak Disangka Bisa Mengurangi Rasa Sakit Kepalamu loh!

4. Minum air jahe

6 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala, Gak Ada Efek Sampingmedicalnewstoday.com

Minum air jahe sangat dianjurkan untuk menghilangkan nyeri sakit kepala. Kamu bisa menambahkan madu dan lemon. Kalau pengin lebih enak lagi dapat ditambahkan kayu manis, daun serai, dan bunga pekak. Air jahe kombinasi ini dapat diminum hangat.

Tetapi perlu kamu ketahui juga, bahwa hawa panas dalam kandungan jahe bisa berbahaya jika kamu mengalami hipertensi dan sakit kepala tegang. Minuman ini dapat menaikkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Jangan lupa ngopi. Tapi jangan banyak-banyak

6 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala, Gak Ada Efek Sampinghuffingtonpost.com

Banyak sekali orang yang bilang kalau sakit kepala karena kurang ngopi. Lho kok bisa? Menurut para ahli, kandungan kafein dapat menenangkan sistem saraf yang tegang. Tetapi jumlahnya jangan banyak ya. Cukup satu gelas saja untuk meredakan sakit kepala.

6. Makan kentang yang direbus

6 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala, Gak Ada Efek Sampingcloudfront.net

Menurut seorang ahli vitamin, dr George Obikoya, kalium dapat meredakan nyeri, termasuk sakit kepala. Karena orang yang sakit kepala juga kadnag-kadang kekurangan kalium. Nah, karena kandungan kaliumnya sangat tinggi, jadi makanlah kentang yang direbus untuk meredakan sakit kepal. Ingat, direbus ya! Bukan digoreng.

Itu dia cara alami meredakan sakit kepala. Ternyata gampang banget. Kalau sakit kepala tak kunjung-kunjung sembuh, baru kamu bisa mendatangi puskesmas atau rumah sakit terdekat. Semangat menjaga kesehatan ya!

Baca Juga: 12 Gejala Kanker Otak Ini Bisa Disadari, Tak Sama dengan Sakit Kepala

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya