Comscore Tracker

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lho

Makanya disarankan minum air putih setelah bangun pagi

Kamu tahu gak sih, kalau 70 persen tubuh kita itu terdiri dari air lho. Jadi minum air putih bukan ketika kamu lagi haus atau setelah makan saja ya. Tetapi juga di kala perut kosong. Berikut ini manfaat minum air putih ketika perut kosong:

1. Dapat menurunkan berat badan

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing LhoIlustrasi air minum (IDN Times/Umi Kalsum)

Tingkat metabolisme kamu akan meningkat 24 persen kalau minum air putih setelah bangun pagi. Ini terungkap dalam penelitian berjudul "Water-induced thermogenesis" di The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism tahun 2003.

Apa pengaruhnya bagi tubuh kalau metabolisme kamu meningkat? Jadi, pengaruhnya adalah makanan jadi cepat dicerna, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Dapat membersihkan usus dan buang air besar jadi lancar

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lhoilustrasi minum air putih (unsplash.com/Nigel Msipa)

Dilansir dari Style Craze, minum air putih ketika perut lagi kosong dapat mengatur saluran pencernaan. Jadinya dorongan untuk pengin buang air besar itu akan muncul. Makanya harus rutin minum air putih biar teratur buang air besar.

Baca Juga: Segar! Inilah 7 Kandungan Nutrisi Air Kelapa Muda yang Menyehatkan

3. Dapat meningkatkan sistem imun

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing LhoPexels/Katii Bishop

Air putih dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan kamu membiasakan diri minum air putih secara teratur selama perut kosong, terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya tubuh bisa melawan infeksi.

4. Membantu membuang racun dalam tubuh

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lhoilustrasi menuang air putih (pexels.com/Pixabay)

Dilansir dari Lifehack, seseorang yang minum air dalam keadaan perut kosong akan secara alami mendorong pergerakan di usus. Kemudian malam harinya, tubuh akan memperbaiki diri dan membuang semua racun-racun di dalamnya.

Efek ini akan terasa besar lagi kalau minumnya setelah bangun pagi. Selain racun-racun berbahayanya terbuang, produksi sel otot dan sel darah baru juga akan meningkat.

5. Dapat menghilangkan sakit kepala

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lhoillustrasi segelas air putih (health.qld.gov.au)

Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain lho. Makanya kamu harus rutin minum air putih dalam keadaan perut kosong, biar rasa sakit kepalanya hilang secara alami.

6. Membantu upaya penurunan berat badan

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lhoilustrasi segelas air putih (unsplash.com/Anderson Rian)

Ini masih ada kaitannya dengan penjelasan pada poin ke-4. Karena racun dalam tubuh keluar dan sistem pencernaannya meningkat, maka rasa lapar juga ikut berkurang. Ini tentunya berkontribusi dalam mencegah berat badan naik akibat makan berlebihan.

Baca Juga: Kandungan 'Ekstrem' dalam Air Zamzam, Ini Bedanya dengan Air Biasa

7. Meredakan nyeri ulu hati

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lhoilustrasi minum segelas air setelah bangun tidur (piqsels.com)

Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut. Heartburn atau nyeri ulu hati terjadi ketika asam refluks naik ke kerongkongan.

Nah, minum air putih ketika perut kosong justru dapat mendorong asam lambung turun ke bawah untuk diencerkan. Makanya sebelum sarapan, mending minum air putih dulu ya.

8. Membuat rambut berkilau, halus, dan sehat

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lhoilustrasi menuang air putih (piqsels.com)

Minum air juga dapat mendukung pertumbuhan rambut dari akar hingga ke ujung, membantu mencegah rambut bercabang dan rapuh, serta membuat kulit kepala sehat.

Air sangat penting untuk mengatur sistem peredaran darah, yang menyediakan nutrisi penting untuk folikel sehingga membantu pertumbuhan rambut. Air juga mengaktifkan semua ujung saraf dan sensor lain di akar rambut, yang meningkatkan vitalitas alami rambut.

Air mengandung mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut seperti zat besi, zink, tembaga, dan kalsium. Laporan dalam IOP Conference Series: Earth and Environmental Science tahun 2017 menyebutkan, kalau kandungan air dalam rambut penting untuk pertumbuhan dan kesehatannya.

9. Mendukung kesehatan kulit

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lhoilustrasi minum air mineral botolan (pexels.com/Kenex Media sa)

Sebetulnya tidak ada cukup penelitian yang mendukung klaim, bahwa minum air dapat membuat perbedaan signifikan pada penampilan kulit. Belum ada data pula bahwa minum air kurang dari delapan gelas per hari bisa berbahaya bagi kulit.

Namun satu-satunya peringatan adalah bila kamu dehidrasi parah, itu akan berdampak besar pada kulit. Penelitian berjudul "Water, hydration, and health" dalam jurnal Nutrition Reviews tahun 2010 menunjukkan, kalau kulit dapat kehilangan elastisitasnya atau mengalami efek "mengencang", tetapi ini hanya terjadi pada kasus dehidrasi parah.

Intinya, tidak ada salahnya untuk meningkatkan asupan cairan untuk mencegah tanda-tanda hidrasi yang buruk seperti kulit kering, kencang, atau gatal.

10. Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

Minum Air Putih Ketika Perut Lagi Kosong Bisa Bikin Langsing Lhoilustrasi minum air putih (freepik.com/pressfoto)

Dilansir Lifehack, kebiasaan minum air putih setelah bangun pagi dapat mengencerkan asam pemicu batu ginjal. Selain itu, juga bisa melindungi kamu dari berbagai infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat dan Risiko Kesehatan Minum Air Dingin

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya