Comscore Tracker

Penting! Segera ke Psikolog Jika Kamu Mengalami 7 Tanda Ini

Jangan pernah sepelekan masalah kesehatan mental

Kondisi kesehatan mental seseorang tidak selamanya bisa stabil. Ada kalanya, terjadi peristiwa dalam hidup yang membuat kita langsung terpuruk. Misalkan saja kematian anggota keluarga, berpisah dengan kekasih, terpuruk finansial maupun gagal dalam bidang pendidikan atau karir.

Nah, apabila kamu mengalami tanda-tanda ini, jangan terlalu kaku dan keras pada diri sendiri, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog. Apa saja tanda-tanda yang itu?

1. Dirundung kesedihan terus-menerus

Penting! Segera ke Psikolog Jika Kamu Mengalami 7 Tanda Iniwebmd.com

Sedih dan senang datang bergantian dalam hidup kita. Tetapi, jika kamu mengalami kesedihan secara terus-menerus, walaupun tanpa penyebab yang jelas, kamu perlu pergi menemui psikolog.

Sebagaimana dijelaskan dalam laman Thrive Global, Menurut Caroline Vaile Wright, Ph.D dari American Psychological Association dan Mark Olfson, M.D., profesor dari departemen psikiatri di Columbia University, jika kita tidak bisa keluar dari kesedihan selama 2 minggu atau lebih, ini adalah kondisi di luar kesedihan normal dan kamu harus memeriksakannya.

2. Mengalami sakit fisik yang sulit dijelaskan

Penting! Segera ke Psikolog Jika Kamu Mengalami 7 Tanda Iniclevelandclinic.org

Ternyata, masalah mental tidak hanya berpengaruh secara emosional, tetapi bisa merembet ke fisik. Contohnya, kamu tiba-tiba mengalami sakit perut, kepala pening, ketegangan pada tubuh yang sulit dijelaskan atau terjadi peningkatan tekanan darah.

Menurut Caroline Vaile Wright di laman Thrive Global, sakit fisik yang sukar dijelaskan adalah manifestasi dari kondisi psikologis kita. Masalah yang sebenarnya bukan berada di tubuh, tetapi di jiwa dan pikiran kita. That's why, kamu perlu pergi ke psikolog sesegera mungkin.

3. Tidak lagi berminat pada hal yang dulunya disukai

Penting! Segera ke Psikolog Jika Kamu Mengalami 7 Tanda Iniomojuwa.com

Setiap orang punya hobi yang membuat mereka bahagia dan merasa menikmati hidup. Misalnya, menonton konser, traveling, berbelanja, menjelajahi museum, membaca buku dan lain sebagainya. Tetapi, kamu perlu waspada jika kamu kehilangan minat pada sesuatu yang dulunya kamu sukai. Apalagi, jika kondisi ini sampai berlangsung lama.

Menurut Mark Olfson sebagaimana dijelaskan dalam laman Thrive Global, ini adalah gejala utama depresi dan gangguan kecemasan. Kamu mengalami perasaan suram dan mood yang gloomy terus-menerus plus kehilangan minat pada hal yang kamu senangi. Tentunya, kamu tidak boleh self-diagnose karena ini akan berbahaya untuk dirimu sendiri. Jadi berkonsultasilah dengan psikolog.

4. Tidak ingin beranjak dari tempat tidur

Penting! Segera ke Psikolog Jika Kamu Mengalami 7 Tanda Iniweheartit.com

Pernahkah kamu merasakan murung yang teramat sangat, sampai-sampai kamu tidak ingin keluar kamar dan beranjak dari tempat tidur? Kamu tidak berminat untuk pergi bersekolah, kuliah atau bekerja, tidak mau bertemu dengan teman dan kamu hanya ingin tiduran sembari memandang langit-langit kamar dengan pikiran yang berkecamuk.

Dalam laman Thrive Global, Mark Olfson bahwa penurunan energi adalah tanda awal depresi. Waspadai jika kamu lebih senang berada di atas kasur sembari tidak berminat sama sekali untuk melakukan apa-apa. Apalagi, jika ada perasaan overwhelming dan kesedihan luar biasa yang menyertai. 

Baca Juga: Kesehatan Mental Itu Penting, 7 Pekerjaan Ini Rentan terhadap Depresi

5. Kehilangan selera makan yang drastis

Penting! Segera ke Psikolog Jika Kamu Mengalami 7 Tanda Inithetruthaboutcancer.com

Jika kamu pernah melewatkan satu hari tanpa makan dan kamu merasa biasa-biasa saja,  apakah kamu merasa ada sesuatu yang salah?

Menurut Mark Olfson sebagaimana dimuat dalam laman Thrive Global, kehilangan selera makan drastis adalah pertanda masalah mental, seperti depresi, gangguan kecemasan dan gangguan makan. Sebelum berat badan dan kesehatanmu menurun signifikan, ada baiknya kamu pergi ke psikolog.

6. Kesulitan tidur atau justru tidur terlalu lama

Penting! Segera ke Psikolog Jika Kamu Mengalami 7 Tanda Inibustle.com

Cara mudah untuk mengetahui apakah kamu memiliki masalah mental, bisa dilihat dari lamanya waktu tidur kamu. Apabila kamu sering kesulitan tidur, mungkin ada korelasi dengan gangguan kecemasan, sebagaimana dijelaskan dalam laman Thrive Global.

Sementara jika kamu tidur terus-menerus dan mengalami kualitas tidur yang buruk, mungkin kamu mengalami depresi. Again, we can't self-diagnose, dan jangan pernah mencoba untuk melakukan hal itu. Baiknya tanyakanlah hal ini pada psikolog yang kamu percaya.

7. Orang lain melihat adanya perubahan pada dirimu

Penting! Segera ke Psikolog Jika Kamu Mengalami 7 Tanda Inilfsneb.org

Biasanya tidak mudah bagi kita untuk menyadari perubahan dalam diri sendiri. Kita tidak pernah sadar tentang apa yang terjadi  karena kita kerap merasa baik-baik saja. Tetapi, orang lainlah yang biasanya melihat lebih dalam dan objektif serta bisa mengetahui perubahan yang terjadi pada dirimu. 

Mereka yang paling cepat menyadari perubahan itu adalag orang terdekat misalnya sahabat, pasangan, saudara atau orang tua. Apalagi, jika ada ikatan emosional yang kuat di antara kalian. Ketika orang lain merasa bahwa kamu "bukan seperti dirimu", ini adalah saat yang tepat untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Nah, itulah 7 tanda-tanda yang berkaitan dengan masalah kejiwaan. Bila kamu mengalaminya, sangat disarankan untuk pergi ke psikolog segera. 

Baca Juga: Kamu Perlu Ketahui 9 Jenis Depresi Ini! Bukan Hanya Satu Lho

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya