Comscore Tracker

Penyebab dan Jenis Kerutan di Wajah, Ada yang Disebabkan Gravitasi

Tenang. Kerutan di wajah juga bisa dicegah

Seiring dengan bertambahnya usia, biasanya seseorang akan melihat mulai muncul kerutan pada bagian wajahnya. Tidak perlu khawatir terlalu berlebihan atau panik dan jadi tidak percaya diri.

Kerutan adalah proses penuaan alami yang terjadi pada semua orang. Kerutan pertama terbentuk di usia 20-an. Biasanya kerutan terlihat di dahi atau sekitar mata. Walau memang sebagian besar orang merasa takut dan tak siap apabila kerutan tampak di wajah. Berbagai cara akhirnya dilakukan agar kerutan itu tak muncul karena dianggap akan mengurangi kecantikan.

Sebelum akhirnya kamu juga harus menghadapi kerutan itu, bekali diri dengan pengetahuan seputar jenis-jenis kerutan, yuk! Just scroll down your screen and read!

1. Mengenal kerutan lebih dekat

Penyebab dan Jenis Kerutan di Wajah, Ada yang Disebabkan Gravitasiiskincarereviews.com

Sebelum beranjak lebih jauh, kenali dulu tentang kerutan, yuk! Kerutan adalah lipatan, garis dan tonjolan di kulit. Kerutan akan muncul secara alami seiring dengan bertambahnya usia kita. Pada awal usia 20-an, kerutan akan muncul untuk pertama kalinya. Biasanya, kerutan akan muncul sebagai garis halus di sekitar mata atau lipatan di dahi.

Jangan khawatir berlebihan! Kerutan adalah bagian alami dari proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit jadi lebih tipis, kering, kurang elastis dan kurang mampu melindungi diri dari kerusakan. Kerutan juga bisa muncul jika kita abai dan kurang peduli dengan kulit wajah kita.

2. Sengatan sinar matahari bisa mempercepat kerutan

Penyebab dan Jenis Kerutan di Wajah, Ada yang Disebabkan Gravitasiexpress.co.uk

Kerutan secara natural akan terjadi pada setiap manusia. Namun, ada beberapa hal yang bisa memunculkan kerutan lebih cepat. Seperti sinar matahari yang menyengat, polusi udara, merokok, dehidrasi dan faktor lainnya. Kebanyakan kerutan muncul di bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, punggung tangan dan lengan.

Yang paling signifikan dalam menyebabkan kerutan adalah paparan sinar matahari. Apalagi, paparan sinar ultraviolet (UV) akibat beraktivitas di luar ruangan. Sinar UV akan memecah serat kolagen dan elastisitas di kulit. Memecah lapisan ini membuat kulit jadi lebih lemah dan kurang fleksibel. Akhirnya, kerutan pun mulai muncul.

3. Tipe kerutan pertama adalah atrophic crinkling rhytids

Penyebab dan Jenis Kerutan di Wajah, Ada yang Disebabkan Gravitasiskincarebyalana.com

Mari beranjak ke tipe pertama kerutan yakni atrophic crinkling rhytids. Ini merupakan garis kerutan yang relatif dangkal, letaknya paralel satu sama lain dan akan menghilang ketika kulit diregangkan. Contohnya adalah kerutan yang ada di dahi. Garis-garis halus ini disebabkan karena hilangnya kolagen dan elastisitas, sebagaimana diungkap dalam laman Ascension Seton.

4. Tipe kedua adalah permanent elastic creases

Penyebab dan Jenis Kerutan di Wajah, Ada yang Disebabkan Gravitasiskincarebyalana.com

Kini, mari kita beranjak ke tipe kerutan kedua yang disebut sebagai permanent elastic creases (lipatan elastis permanen). Tipe kerutan ini paling sering terjadi di pipi, bibir atas dan leher bawah. Tipe ini akan menjadi permanen dan memburuk dari waktu ke waktu. Akan semakin parah apabila terpapar oleh sengatan matahari dalam kurun waktu lama.

Baca Juga: Awas, 5 Kebiasaan Ini Bikin Kerutan di Bawah Matamu Makin Parah

5. Selanjutnya ada dynamic expression lines

Penyebab dan Jenis Kerutan di Wajah, Ada yang Disebabkan Gravitasivuhes.com

Tipe kerutan ketiga adalah dynamic expression lines. Ini merupakan gerakan otot normal dan akan muncul ketika kita memunculkan ekspresi wajah. Karena merupakan tipe kerutan dinamis, maka kerutan ini bisa hilang ketika kita tak lagi mengeluarkan ekspresi wajah. Kerutan ini biasa muncul di antara alis dan di luar sudut mata.

6. Ada pula tipe gravitational folds

Penyebab dan Jenis Kerutan di Wajah, Ada yang Disebabkan Gravitasishutterstock.com

Terakhir, ada tipe kerutan berjenis gravitational folds. Ini merupakan lipatan garis yang dalam serta terbentuk karena gravitasi dan hilangnya ketebalan kulit. Garis ini akan terlihat semakin nyata ketika usia kita bertambah. Ini karena gravitasi terus-menerus menarik kulit ke bawah dan menyebabkan kerutan permanen.

7. Tenang, kerutan di wajah juga bisa dicegah

Penyebab dan Jenis Kerutan di Wajah, Ada yang Disebabkan Gravitasiyorkmedicalspa.com

Merasa khawatir terhadap munculnya kerutan? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya seperti menggunakan retinoid topikal yang mengandung vitamin A. Retinoid topikal bisa mengurangi kerutan halus, pigmentasi dan kekasaran kulit. Hal ini diungkapkan dalam laman Medical News Today.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dermabrasi, terapi laser, botoxchemical peeling, facelift hingga filler. Pencegahan juga bisa dilakukan dengan menghindari aktivitas di luar ruangan pada jam 10 pagi hingga 2 siang, saat matahari sangat menyengat. Hindari pula kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, dan tidur rutin 8 jam sehari.

Nah, itulah penyebab dan jenis kerutan di wajah yang perlu kamu ketahui. Jangan terlalu khawatir berlebihan ya karena kerutan adalah hal yang alami. Don't forget to love yourself! Stay healthy semuanya!

Baca Juga: 6 Cara Paling Efektif Hilangkan Kerutan di Muka Agar Nampak Awet Muda

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya