Comscore Tracker

7 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Sehat, Kalau Rutin Sih

Hayo, siapa yang masih rebahan jam segini?

Bagaimana kondisimu sekarang ketika baru pertama kali bangun tidur? Merasa lelah meski waktu tidurnya sudah lama, atau tiba-tiba merasa bad mood? Kayaknya kamu perlu mengubah kebiasaanmu setiap pagi, agar kualitas hidup semakin meningkat. Berikut cara meningkatkan kualitas hidup di pagi:

Baca Juga: Pas untuk Menu Sarapan! Ini Cara Membuat Omelet Ayam 

1. Pasti kebiasaan ini masih kamu lakukan setiap hari: bangun tidur langsung cek ponsel. Sebaiknya kurangi kebiasaan itu ya

7 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Sehat, Kalau Rutin Sihvulcanpost.com

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Tristan Harris dalam laman Business Insider, mengecek ponsel setelah bangun tidur bisa 'membajak' rutinitas pagi. Menurut Harris, mengecek notifikasi setelah bangun akan membuat kamu berpikiran kalau telah melewatkan banyak hal. Ini tentu saja tidak sehat jika dilakukan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Future Work Centre terhadap dua ribu pekerja di Inggris, ada pemberitahuan konstan yang bisa memicu stres. Harris menyarankan agar kita melakukan aktivitas lain setelah bangun tidur, seperti menyeduh secangkir kopi atau mandi.

2. Ganti kebiasaanmu. Jika biasanya langsung cek ponsel, sekarang harus langsung minum air setelah bangun tidur

7 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Sehat, Kalau Rutin Sihdailyhawker.com

Mengapa disarankan harus minum air setelah bangun tidur di pagi hari? Menurut Angela Lemond, juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, minum beberapa gelas air dapat membuat tubuh melakukan rehidrasi dan membantu usus bagian bawah bekerja lebih baik, ungkapnya di laman USA Today.

Apabila ini tidak dilakukan secara rutin, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak bekerja efisien. Sementara menurut Alissa Rumsey, ahli gizi teregister dari New York, minum air di pagi hari akan mengoptimalkan fungsi metabolisme.

Baca Juga: 5 Rahasia Sederhana Ini Buat Wajah Jadi Lebih Cerah saat Bangun Tidur

3. Menghirup udara segar di pagi hari

7 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Sehat, Kalau Rutin Sihsafebee.com

Kita tahum bahwa pohon akan melakukan fotosintesis dan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Menurut laman CID Bio-Sciences, proses fotosintesis mencapai titik maksimum pada jam 10 pagi. Berkat pohon, polusi udara akan berkurang dan membuat udara lebih sehat untuk paru-paru, jelas laman Huffpost.

Selain itu, menghirup udara segar di pagi hari akan meningkatkan sistem imun. Apalagi jika kita sekalian berolahraga karena bisa meningkatkan sel-sel pembunuh alami, neutrofil dan monosit yang baik untuk daya tahan tubuh, ujar Ather Ali ND MPH, dari Yale-Griffin Prevention Research Center.

4. Segera lakukan peregangan sebentar saja

7 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Sehat, Kalau Rutin Sihskinnyms.com

Gak perlu jauh-jauh lari mengitari komplek perumahan. Cukup stretching atau peregangan di pagi hari sudah cukup. Menurut laman Healthline, peregangan teratur bisa meningkatkan fleksibilitas dan mempersiapkan otot untuk beraktivitas fisik.

Sementara menurut studi berjudul "Stretching Exercises Enhance Vascular Endothelial Function and Improve Peripheral Circulation in Patients with Acute Myocardial Infarction" yang diterbitkan di International Heart Journal, melakukan peregangan secara teratur akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi nyeri otot.

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Kepala Setiap Bangun Pagi, Hati-hati

5. Memilih sarapan yang sehat sebelum beraktivitas

7 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Sehat, Kalau Rutin Sihmyrecipes.com

Pemilihan makanan untuk sarapan dapat memengaruhi tingkat energi kita seharian penuh. Satu menu sarapan yang direkomendasikan adalah oatmeal karena bisa menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, ungkap laman Medical News Today.

Semangkuk oatmeal mengandung zat besi, fosfor, tembaga, folat, seng, magnesium, vitamin B1 dan B5. Sementara, menurut Keck Medicine of USC, menu lain yang disarankan untuk sarapan adalah telur karena bernutrisi dan tinggi kalori. Satu butir telur rebus mengandung 77 kalori, lho!

Menurut Kurt Hong MD, profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine USC, telur mengandung lemak tak jenuh yang bisa menyehatkan jantung. Selain itu, telur bisa meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik.

6. Ini yang gak boleh kamu lupa: selalu mengucapkan rasa syukur

7 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Sehat, Kalau Rutin Sihnewroadstreatment.org

Sudahkah kamu bersyukur hari ini? Orang yang rutin bersyukur dapat meningkatkan kualitas hidup dan memengaruhi kesehatan fisik maupun mental. Tak percaya? Menurut studi yang dikutip oleh University of California, Berkeley, subjek penelitian yang sering bersyukur melaporkan lebih sedikit mengalami masalah kesehatan.

Misalnya jarang mengalami sakit kepala, gangguan tidur, pusing, sakit perut, flu hingga infeksi pernapasan dan gangguan pencernaan. Sementara menurut studi berjudul "Gratitude Influences Sleep Through the Mechanism of Pre-Sleep Cognitions" yang diterbitkan di Journal of Psychosomatic Research, menemukan bahwa orang yang bersyukur memiliki kualitas dan durasi tidur yang lebih baik.

7. Sugesti diri sendiri dengan kata-kata yang positif

7 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Sehat, Kalau Rutin Sihdelta-associates.com

Kata-kata positif itu ibarat senjata. Jadi sebelum memulai aktivitas, Lihatlah dirimu sendiri di cermin dan ucapkan kata-kata positif. Menurut studi yang dilakukan oleh Luis Castellanos, kata-kata yang positif adalah alat untuk mencapai kebahagiaan dan membuat kita lebih produktif, dikutip dari laman Exploring Your Mind.

Dari hasil penelitian itu, ditemukan bahwa reaksi otak meningkat ketika mendengar kata-kata positif. Penelitian ini akhirnya dibukukan oleh Luis Castellanos dengan judul The Science of Positive Language. Terdengar simpel ya. Tapi percayalah kalau ini dapat memengaruhi mental.

Itulah cara meningkatkan kualitas hidup di pagi. Semoga kamu mempraktikkannya ya. Kalau berhasil, bagi pengalamanmu di kolom komentar ya.

Baca Juga: Salah Kaprah, Sereal dan Susu Bukan Untuk Sarapan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya