Comscore Tracker

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!

Kamu bisa sakit flu lagi kalau gak dibersihin

Semua pasti merasakan perubahan cuaca yang tidak jelas akhir-akhir ini. Terasa panas, tetapi tiba-tiba hujan yang disertasi angin. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena La Nina terjadi pada bulan November hingga Desember 2020 mendatang. Sehingga akan berdampak pada anomali cuaca, dengan prediksi curah hujan meningkat 20 sampai 40 persen.

Musim-musim seperti sekarang membuat kita jadi mudah sakit dan sistem kekebalan tubuh ikut menurun. Khususnya flu. Nanti kalau sudah sembuh dari flu, kamu wajib membersihkan benda-benda berikut ini:

1. Segera rendam seprai, sarung bantal, dan guling pakai air hangat

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!smartnora.com

Kamu pasti menghabiskan banyak waktu istirahat di atas kasur. Tentu saja ditemani oleh seprai, selimut, sarung bantal, dan guling. Nah, benda-benda itu udah terkontaminasi flu, guys. Tanpa kamu sadari, virus yag menempel di benda tersebut bisa membuat kamu sakit lagi. That's why, kamu harus segera membersihkannya setelah sembuh dari flu.

Disarankan untuk merendam seprai, selimut, sarung bantal dan guling dalam air hangat agar virus mati. Laman The Healthy menyarankan suhu minimal berada di angka 140°F atau setara 60°C. Setelahnya, cuci pakai detergen dan jemur di bawah sinar matahari seperti biasa.

2. Selimut wajib dicuci setiap 1-2 minggu sekali secara rutin. Apalagi kalau kamu habis sakit flu

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!popsugar.co.uk

Kapan terakhir kali kamu membersihkan selimut? Seminggu atau sebulan lalu? Atau jangan-jangan, belum pernah sama sekali semenjak kamu bawa dari rumah atau beli? Menurut laman Tuck.com, selimut wajib dicuci setiap 1-2 minggu sekali secara rutin.

Sama seperti mencuci seprai dan sarung bantal, selimut wajib dicuci dalam suhu tinggi. Minimal suhu adalah 130°F (54,4°C) untuk membunuh virus, tungau, debu dan alergen. Apabila kamu telah sembuh dari flu, segeralah cuci selimut di hari yang sama, ya! Mencuci selimut itu memang berat. Tetapi lebih berat lagi kalau kamu sakit lagi!

3. Rendam boneka pakai air hangat

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!thehealthy.com

beberapa orang masih memeluk boneka ketika tidur. Makanya boneka juga harus sering-sering dibersihkan. Setidaknyacuci setiap satu bulan sekali, menurut saran laman The Spruce. Ini dilakukan untuk menghilangkan debu, kotoran, dan virus.

Kamu bisa merendamnya dalam air hangat, mencucinya dengan sabun lembut, lalu menjemurnya sampai benar-benar kering. Setelah dicuci, jumlah bakteri yang ada di boneka akan menurun 94 persen, kata laman Up Worthy. Sesudah bersih, kamu jadi bebas memeluk boneka lagi.

4. Bersihkan smartphone pakai larutan pembersih khusus

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!mraberthon.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal GERMS, ada lebih dari 17 ribu bakteri di smartphone milik pelajar sekolah. Sementara menurut University of Arizona, bakteri pada ponsel 10 kali lebih banyak dari dudukan toilet.

Bakteri yang ditemukan pada smartphone di antaranya Streptococcus, Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan E. coli, jelas laman Time. Kamu bisa membersihkan smartphone pakai larutan pembersih khusus yang disemprotkan pada kain microfiber. Pastikan agar setiap sudut bersih, lalu keringkan.

Baca Juga: 7 Hal yang Terjadi kalau Kamu Tidak Rutin Membersihkan Kasurmu, Ngeri!

5. Remote control

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!thehealthy.com

Remote control termasuk agen penularan virus dan bakteri paling cepat. Apalagi remote control bisa berpindah-pindah tangan dengan cepat, dan jarang dibersihkan. Akibatnya, penyakit bisa menular dari satu orang ke orang lain dalam waktu singkat. Menurut laman Forbes, ada 70 bakteri per inci persegi di remote control.

Cara membersihkannya adalah keluarkan baterai, lalu celupkan kain microfiber ke dalam alkohol.

Usapkan ke seluruh bagian remote control secara merata, saran laman Today.com. Untuk bagian yang sulit dibersihkan, kamu bisa memakai cotton bud yang telah dibasahi oleh larutan pembersih.

6. Sikat gigi, rumahnya bakteri yang berasal dari mulut

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!laurentiandentalcentre.com

Jangan salah mengira ya. Sikat gigi termasuk rumah bagi jutaan bakteri yang dari mulut, ungkap laman Laurentian Dental Centre. Karena terpapar udara kamar mandi yang lembap, bakteri ini akan beranak pinak! Bakteri bisa memicu sakit tenggorokan, batuk, pilek dan infeksi mulut.

Akan semakin parah jika kamu tak pernah mengganti sikat gigi. American Dental Association (ADA) menyarankan agar kamu mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Kamu bisa membersihkan sikat gigi dengan merendamnya ke dalam air panas. Bisa juga merendamnya ke dalam campuran 3 persen hidrogen peroksida dan 97 persen air.

7. Segera bersihkan kamar mandi

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!magicofcleaners.co.uk

Jangan dikira kamar mandi tetap bersih meski sering terkena air. Kamar mandi jadi tempat lembap yang disukai oleh bakteri untuk berkembang biak. Ada lebih dari 1.000 bakteri per inci persegi di dudukan toilet, jelas Jason Tetro, seorang ahli mikrobiologi di laman Global News.

Bakteri juga bersarang di gagang pintu kamar mandi, dan bisa bertahan lama. Misalnya Salmonella, yang  bisa bertahan selama beberapa jam. MRSA bertahan hingga beberapa minggu, dan C. difficile bisa hidup sampai lima bulan, ujar laman Science Focus.

8. Kamu jadi terbiasa mencuci tangan semenjak ada pandemik kan? Padahal kamu harus rajin mencuci tangan lho meski tanpa ada pandemik COVID-19

8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Sakit Flu, Gak Boleh Malas!Pexels/Burst

Setidaknya kamu perlu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta sesudah menggunakan kamar mandi menurut laman WINNS Services. Gak perlu buru-buru. Sebab butuh waktu 20-30 detik untuk mencuci tangan sampai bersih.

Apabila sedang tidak berada di dekat kamar mandi, kamu bisa memakai hand sanitizer. Tetapi jangan terlalu sering. Karena opsi terbaik tetaplah air mengalir dan sabun. FYI, ada sekitar 1.500 bakteri yang ada di setiap sentimeter persegi di telapak tangan, jelas Davidson Washroom. Jadi, kamu harus rajin-rajin cuci tangan ya. Biarin keriput yang penting kamu gak jatuh sakit lagi.

Itulah benda-benda yang wajib dibersihkan setelah sembuh dari flu. Semoga kamu gak sampai jatuh sakit lagi ya.

Baca Juga: 7 Fakta Medis Pentingnya Mencuci Tangan, Menghindarkan dari Penyakit!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya