Comscore Tracker

Ide Resolusi Tahun Baru Biar Makin Sehat di 2021

Caranya simpel dan gak rumit lho

Setelah menghadapi hampir satu tahun masa pandemik, sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru. Banyak yang menaruh harapan bahwa di tahun 2021 ini kehidupan akan jauh menjadi lebih baik. Mereka yang kondisi kesehatannya, baik fisik maupun psikis sempat terganggu belakangan ini berharap tahun depan bisa lebih stabil. 

Bagi kamu yang sedang menyiapkan resolusi, namun masih bimbang untuk menentukannya, berikut ide resolusi untuk tahun 2021 agar badan menjadi lebih sehat. Apa saja yang perlu kamu lakukan? Cek langsung yuk!

1. Mulai mengonsumsi makanan yang lebih sehat

Ide Resolusi Tahun Baru Biar Makin Sehat di 2021pexels.com/lisa fotios

Mulailah tahun 2020 dengan memperbaiki kebiasaan makanmu. Jika makanan instan, fast food, dan gorengan jadi makanan sehari-harimu di tahun 2020, buatlah komitmen untuk menggantinya dengan pilihan yang lebih sehat di tahun depan.

Misalnya dengan perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, makanan berserat, dan lain sebagainya. Pola makan tersebut akan membuat tubuhmu lebih sehat, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu, ini juga merupakan langkah yang bagus jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Namun ingat, konsistensi sangat diperlukan dalam membiasakan hal ini. Kamu masih boleh, kok, mengonsumsi comfort food yang bisa dibilang kurang sehat. Akan tetapi, kurangi frekuensinya perlahan-lahan.

2. Mencoba untuk pelan-pelan meninggalkan kebiasaan buruk

Ide Resolusi Tahun Baru Biar Makin Sehat di 2021pexels.com/irina iriser

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan buruk masing-masing. Mulai dari merokok, terlalu banyak minum alkohol, suka menggigit kuku, hingga tidak bisa bangun pagi. Jika kamu berniat untuk jadi lebih sehat di tahun depan, ini adalah waktu yang baik untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Kamu bisa memulainya perlahan dengan konsisten. Misalnya, untuk kebiasaan merokok, kurangilah porsi rokokmu setiap hari. Kamu juga bisa meminta bantuan pada orang-orang terdekat untuk mengingatkanmu jika kamu melakukan kebiasaan buruk itu.

3. Luangkan waktu untuk rutin berolahraga

Ide Resolusi Tahun Baru Biar Makin Sehat di 2021pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak orang menuliskan hal ini di resolusi mereka. Namun, hanya sedikit yang berhasil mengumpulkan niat untuk benar-benar melakukannya secara konsisten sepanjang tahun. Apakah kamu salah satunya?

Berolahraga memang bukanlah perkara mudah untuk orang-orang yang biasa hidup secara pasif. Namun, ketika kamu melakukannya secara konsisten, kebiasaan ini akan mengubah hidupmu. Tubuh akan terasa jauh lebih segar, tidak mudah sakit, dan lebih produktif. Olahraga juga baik untuk mengurangi stres, lho.

Agar bisa melakukannya dengan konsisten, pastikan kamu melakukan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Jika mungkin, ajak teman untuk melaksanakannya, sehingga kalian bisa saling mengingatkan.

Kamu juga dapat memasang target tertentu agar lebih terpacu. Misalnya menurunkan berat badan, membangun otot, sebagai pengobatan, dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Manfaat Kesehatan Kunyit yang Terbukti secara Ilmiah

4. Sediakan waktu lebih banyak untuk keluarga

Ide Resolusi Tahun Baru Biar Makin Sehat di 2021pexels.com/pixabay

Berbagai aktivitas dan pekerjaan membuat kita lupa akan pentingnya quality time bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman. Padahal, ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental kita.

Di tahun 2021 nanti, jika kita masih sulit untuk bertemu secara fisik, setidaknya luangkan waktu untuk berkomunikasi secara rutin. Kamu bisa menelepon, video call, dan lain sebagainya. Banyak kok, aktivitas sederhana yang bisa kamu lakukan bersama orang-orang tersayang.

5. Lebih peduli dengan kesehatan mental sendiri

Ide Resolusi Tahun Baru Biar Makin Sehat di 2021pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyaknya hal buruk yang terjadi di 2020 membuat kondisi psikologis kita terganggu. Mulai dari pandemik, kesulitan finansial, beban kerja yang semakin berat, tak bisa liburan, hingga sulitnya bertemu dengan orang tercinta membuat kita stres, cemas, dan bahkan depresi.

Semua yang terjadi bukanlah salah siapa-siapa. Maka dari itu, di tahun 2021, kita harus memprioritaskan kesehatan mental. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menjalankan hobi, mengambil kursus yang kamu senangi, memberi hadiah untuk diri sendiri setelah mencapai sesuatu, dan lain sebagainya.

Jika kamu kesulitan untuk mengelola stres dan rasa cemas yang kamu alami, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang terdekat atau psikolog. Tak perlu malu dan takut dihakimi karena setiap orang memiliki batasannya masing-masing.

https://www.youtube.com/embed/yUZZsjdvgDs

6. Mulai mengatur pola tidur agar lebih sesuai

Ide Resolusi Tahun Baru Biar Makin Sehat di 2021pexels.com/Ivan Oboleninov

Sepele tetapi sering terabaikan, tidur adalah salah satu hal terpenting yang menyangkut kesehatanmu. Apabila kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup di malam hari, banyak sistem dan organ tubuh yang akan terganggu. Akhirnya, tubuh pun mudah sakit. Maka dari itu, di 2021 nanti usahakan agar kamu mendapatkan tidur malam 7-8 jam sehari.

7. Coba cari hobi baru yang membuat kamu bahagia

Ide Resolusi Tahun Baru Biar Makin Sehat di 2021pexels.com/Jadson Thomas

Terakhir, untuk menjaga kesehatan mentalmu, coba temukan hobi-hobi baru yang belum pernah kamu lakukan. Misalnya belajar bahasa, melukis, bersepeda, bermain alat musik, memasak, dan lain sebagainya. Hobi-hobi baru ini akan membantumu mengurangi stres dan menjadi pelarian di saat-saat sulit.

Jika kamu tidak ingin hobi yang baru, kamu juga bisa menekuni hobi lama yang tak sempat kamu lakukan di tahun 2020. Intinya, lakukan apa pun yang membuatmu senang dan mungkin bisa menambah skill baru.

Nah itu beberapa ide untuk resolusi Tahun Baru 2021 agar kondisi kamu menjadi lebih sehat. Resolusi tentu dibuat sebagai pegangan, tapi bukan bearti harga mati. Apabila kamu ternyata tidak sanggup atau kenyataan berkata lain, jangan paksa diri kamu. Namun jika itu memungkinkan, barangkali bisa menjadi mencapaian tertentu. Terpenting adalah lakukan semuanya dengan bahagia dan tanpa tekanan. 

Baca Juga: Jenis Mutasi Baru Virus Corona Menyebar di Inggris, Ini 5 Faktanya!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya