Comscore Tracker

Tanpa Obat! Ini 7 Cara Alami Turunkan Kolesterol

Sabar, semua ada prosesnya ya!

Kolesterol sesungguhnya termasuk lemak yang berguna bagi tubuh. Ia diproduksi di hati dan berfungsi sebagai pelindung sel, membantu produksi vitamin D, pembentuk beberapa hormon, asam empedu, serta menjaga otak agar dapat berfungsi dengan baik. 

Hanya saja kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat berbahaya bagi tubuh di antaranya adalah stroke, penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, serta tekanan darah tinggi. Ketika kadar kolesterol sudah melebihi ambang batas (>200 mg/dL), sebaiknya segera lakukan upaya untuk menurunkannya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa menggunakan obat. 

1. Hindari makanan olahan

Tanpa Obat! Ini 7 Cara Alami Turunkan KolesterolIlustrasi makanan cepat saji (IDN Times/Hana Adi Perdana)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Makanan olahan seperti sosis, ham, kentang goreng, frozen food, dan makanan cepat saji memang praktis dan rasanya yang tergolong enak. Mereka biasanya telah diolah dulu sebelumnya tapi harus dimasak lagi agar bisa dimakan.

Alhasil lemak yang dikandung akan melebihi batas normal. Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa makanan tersebut tidak sehat jika dikonsumsi dalam jangka panjang. 

2. Perbanyak konsumsi makanan berserat larut

Tanpa Obat! Ini 7 Cara Alami Turunkan Kolesterolrunningtothekitchen.com

Serat larut atau soluble fiber dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam pembuluh darah kita. Dilansir dari Health Line, ini karena zat tersebut mengandung bakteri baik bernama probiotik.

Dengan mengonsumsinya, kolesterol jahat akan menurun dengan cepat.  Makanan apa saja yang mengandung serat larut? Ada banyak pilihan untukmu. Mulai dari apel, pir, jeruk, alpukat, oatmeal, biji-bijian, dan brokoli.

3. Konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Tanpa Obat! Ini 7 Cara Alami Turunkan Kolesterolwellandgood.com

Lemak tak jenuh atau monounsaturated fat mengandung banyak HDL atau kolesterol baik. Zat tersebut dapat membantu melarutkan kolesterol jahat yang ada di dalam pembuluh darah, menurut laman Medline Plus. Selain itu, lemak tak jenuh juga dapat menjaga perkembangan sel-sel tubuh kita. 

Kamu dapat menemukan lemak tak jenuh pada tumbuh-tumbuhan misalnya kacang, alpukat, minyak sayur, minyak zaitun, dan lain-lain. Tak hanya menurunkan kolesterol, jenis makanan ini juga bisa membantu kita mengurangi berat badan, lho!

4. Kurangi konsumsi gula

Tanpa Obat! Ini 7 Cara Alami Turunkan Kolesterolsecretldn.com

Terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar trigliserida, jenis lemak berupa kalori tak terpakai. Biasanya, ketika trigliserida meningkat, kolesterol pun akan mengikuti. Untuk itu, kita juga harus memonitor kadarnya.

Trigliserida dapat meningkat ketika kita mengonsumsi terlalu banyak makanan manis. Tak terkecuali nasi yang juga mengandung gula. Oleh karena itu, batasi konsumsinya untuk mencegah peningkatan trigliserida dan kolesterol.

Baca Juga: Ga Perlu ke Dokter, 7 Cara Hilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

5. Perbanyak konsumsi ikan

Tanpa Obat! Ini 7 Cara Alami Turunkan Kolesterolretireenews.com

Ikan adalah sumber protein dan lemak nabati yang baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. WebMD menyarankan agar kita makan ikan setidaknya dua hingga empat kali dalam seminggu. Ini karena  ia kaya akan lemak baik, omega 3, serta protein yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. 

Sebaiknya mulai sekarang gantikan daging merah yang biasa kamu konsumsi dengan ikan agar tubuh lebih sehat. Jenis ikan yang direkomendasikan adalah salmon, tuna, mackerel, dan sarden. Gunakan ikan yang segar ya, jangan konsumsi ikan kalengan. 

6. Rutin berolahraga

Tanpa Obat! Ini 7 Cara Alami Turunkan Kolesterolbukalapak.com

Olahraga tak hanya baik untuk kebugaran tubuh, tetapi juga membantu kita menurunkan kolesterol jahat. Studi dari Journal of Physical Therapy Science tahun 2015 membuktikan bahwa olahraga rutin selama 12 minggu dapat mengurangi kolesterol jahat secara signifikan pada perempuan obesitas.

Lalu olahraga seperti apa yang disarankan? Menurut sejumlah studi, olahraga ringan hingga berat selama 30 menit per hari cukup kok untuk mengurangi kolesterol dan risiko penyakit jantung. Namun perlu diingat bahwa, aktivitas tersebut harus dilakukan secara rutin setidaknya lima hari per minggu. 

7. Kurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol

Tanpa Obat! Ini 7 Cara Alami Turunkan Kolesterolasanarecovery.com

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung melalui beberapa cara, termasuk mengubah kemampuan sistem imun untuk menangani kolesterol. 

Dilansir dari Health Line, imun perokok tidak akan mampu untuk mengembalikan kolesterol di dinding pembuluh darah menuju ke hati. Akhirnya akan terjadi penyumbatan dan risiko penyakit jantung pun meningkat. 

Sedangkan untuk alkohol, zat ethanol di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Namun, minuman tersebut dapat meningkatkan kesigapan sistem imun dalam mengembalikan kolesterol ke hati.

Dengan catatan, konsumsinya harus dibatasi, yaitu dua gelas per hari untuk laki-laki serta satu gelas untuk perempuan. Jika tidak, efek yang kita dapatkan adalah sebaliknya.

Nah itu beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kolesterol. Jangan hanya mau instans dengan mengonsumsi obat ya. Jika salah, bisa sangat berisiko untuk kesehatan kamu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksim

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya