Comscore Tracker

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyak

Sangat bermanfaat nih!

Tidur yang berkualitas tentu adalah impian semua orang. Momen tidur menjadi sangat berharga, terlebih setelah kamu lelah seharian menjalankan semua aktivitas yang begitu padat. Momen merebahkan badan di kasur adalah yang paling ditunggu-tunggu sebab kamu bisa mengembalikan semua tenaga yang telah terkuras. Hanya saja seringkali tidak mudah untuk langsung bisa tidur, ada saja pikiran yang mengganggu sehingga mata tak bisa langsung terpejam.

Nah berikut ini beberapa aplikasi Android di Play Store yang dapat membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak. Selamat mencoba ya, semoga insomniamu segera hilang.

1. Calm

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakcloudinary.com

Tarik napasmu dalam-dalam, kalimat itulah yang akan kamu jumpai setiap membuka aplikasi ini. Calm, seperti namanya, aplikasi ini bertujuan untuk membuatmu lebih tenang sehingga kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Lalu seperti apa cara aplikasi ini untuk mencapai hal itu? Tersedia berbagai cerita pengantar tidur, musik, dan latihan pernapasan yang membuatmu lebih siap untuk masuk ke alam mimpi. 

Keunggulan Calm adalah aplikasi ini telah direkomendasikan oleh banyak psikolog, terapis, dan ahli kesehatan mental. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk meditasi, lho!

2. Headspace

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakmedium.com

Berikutnya ada Headspace. Aplikasi ini memiliki paket pengantar tidur yang lengkap. Berikut ini detailnya:

  • Sleepcasts: cerita pengantar tidur selama 45 hingga 50 menit yang bisa membuatmu lebih tenang;
  • Wind downs: meditasi untuk mempersiapkan pikiran sebelum tidur;
  • Nighttime SOS: kamu bisa menggunakan fitur ini jika terbangun di tengah malam;
  • Sleep music: alunan musik menenangkan yang membantumu tidur.

Tak hanya itu, Headspace juga memiliki fitur lain untuk mengurangi stres, membuat pikiran lebih positif, hingga membantumu bangun tidur dalam kondisi yang lebih baik. 

3. Pzizz

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakpzizz.com

Dilansir Women's Health Mag, Pzizz adalah aplikasi yang membantu atasi insomnia dengan psikoakustik. Ini merupakan cabang psikologi yang memanfaatkan suara dan pengaruhnya terhadap otak. 

Tersedia lebih dari 100 miliar musik yang bisa kamu putar. Musik tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Sleep ketika kamu ingin tidur, Nap ketika kamu ingin rileks, dan Focus saat kamu ingin produktif. 

Pzizz telah digunakan ribuan orang dan masuk ke dalam Pilihan Editor di Play Store. Keunggulan lainnya adalah Pzizz dapat digunakan secara offline. Jadi tanpa internet pun kamu masih bisa mengaksesnya!

4. Tide

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakplay.google.com

Tak jauh berbeda dengan lainnya, Tide bisa membantumu jauh lebih tenang. Developer mengklaim bahwa aplikasi mereka cocok digunakan untuk orang yang memiliki masalah tidur, kelelahan, dan selalu diganggu dengan pikiran-pikiran negatif.

Khusus untuk tidur, Tide memiliki empat fitur unggulan, yaitu:

  • Sleep mode: membantumu tidur di malam hari dengan tenang tanpa gangguan dengan musik, latihan pernapasan, dan lainnya;
  • Nap mode: membantumu rileks dan tidur di siang hari tanpa mengganggu aktivitas;
  • Light wake-up alarm: membantu membangunkanmu dalam keadaan yang fresh;
  • Sleep analysis: membantu melacak bagaimana kualitas tidurmu sehari-hari.

5. White Noise Lite

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakplay.google.com

Apakah tempat tinggalmu berisik sehingga kamu tak bisa fokus dan sulit tidur? White Noise adalah aplikasi yang bisa membantumu mengatasi masalah tersebut.

Seperti namanya, aplikasi ini akan memberimu berbagai musik menenangkan. Mulai dari suara air, hujan, angin, dan lain sebagainya. 

Untuk menemani tidur, kamu bisa menyalakan White Noise dan menyetel timer sehingga aplikasi akan mati dengan sendirinya. Dijamin, tidurmu jadi lebih nyenyak!

6. Sleepo

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakpositiveroutines.com

Sesuai dengan klaimnya, Sleepo menyediakan berbagai suara dengan kualitas HD untuk membantumu tidur. Menariknya, kamu bisa mencampurkan berbagai suara yang tersedia, lho.

Misalnya, suara alam dan hutan, suara hujan dan perkotaan, dan lain sebagainya. Terlebih lagi, Sleepo bisa digunakan secara offline sehingga kamu tak perlu khawatir kehabisan kuota. 

Baca Juga: 9 Aplikasi yang Bisa Ubah Foto Blur Jadi HD, Solusi Kamera HP Jelek!

7. SleepScore

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakdigitaltrends.com

Dengan aplikasi ini, kamu diminta untuk membuat tujuan yang ingin kamu capai. Entah untuk tidur dalam jangka waktu yang lebih lama, lebih jarang terbangun, atau tidur lebih awal. 

Ketika tujuan telah disetel, SleepScore akan membantumu mencapai sekaligus merekam semua perkembangannya. Aplikasi ini akan tahu kapan kamu tertidur dan terbangun dengan mengukur laju pernapasan serta gerakan tubuh sepanjang malam. Di akhir periode, ia akan menyediakan rekap data tersebut.

8. Breethe

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakmedium.com

Telah diunduh lebih dari enam juta kali, Breethe adalah pilihan lainnya yang bisa kamu coba. Aplikasi ini memiliki satu fitur unggulan yang berbeda dengan para kompetitornya. 

Fitur tersebut bernama Hypnotherapy Sessions. Dibimbing dengan ahlinya, kamu akan mendapatkan terapi hipnotis yang akan membantu menyelesaikan gangguan tidurmu. Sangat cocok untuk penderita insomnia!

9. Inscape

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakkindpng.com

All-in-one adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan aplikasi ini. Inscape merupakan aplikasi meditasi yang bisa membantumu tidur lebih baik, mengurangi stres, dan bahagia secara keseluruhan. Selain itu, ia juga bisa meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Bagaimana caranya? Inscape menawarkan berbagai paket untuk tidur lebih nyenyak. Mulai dari musik, suara, meditasi, hingga berbagai latihan fisik. Mereka mengatakan bahwa tidur yang nyenyak dan stres yang rendah berpengaruh terhadap kesehatan jantung secara keseluruhan.

10. Sleep Time

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakplay.google.com

Melalui aplikasi ini, kamu diajak untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dengan cara memahami siklusnya. Sleep Time akan mengalkulasikan durasi tidur dan menganalisis apa yang perlu diperbaiki darinya. 

Ia juga menyediakan musik pengantar tidur dan alarm yang disetel otomatis berdasarkan durasi tidur. Setiap akhir bulan, aplikasi ini memberikan grafik dan analisis perkembangan tidurmu. 

11. Hipnosis Relax & Sleep Well

11 Aplikasi Android untuk Atasi Insomnia, Tidurmu Bakal Lebih Nyenyakrelaxandsleepwell.com

Mendapatkan predikat Best Insomnia App of 2019 dari Healthline, Hipnosis Relax & Sleep Well sangat layak untuk kamu coba. Sebab aplikasi ini dibuat oleh Glenn Harold, pakar hipnoterapi yang telah memiliki pengalaman 20 tahun di bidang ini. 

Di dalamnya, terdapat sesi hipnoterapi gratis, musik meditasi, dan berbagai fitur insomnia lainnya. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mengajakmu untuk lebih rileks dalam mengatasi stres dan selalu bersyukur akan apa yang terjadi. 

Nah itu 11 aplikasi yang dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak. Insomnia yang selama ini mengganggu perlahan akan menghilang. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Cara Membaca Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus, Ternyata Mudah lho!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya