Comscore Tracker

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat Besi

Bisa kena anemia defisiensi besi kalau tidak diatasi

Zat besi termasuk mineral yang penting untuk tubuh. Sebab zat gizi ini mendukung transportasi oksigen dalam darah. Selain itu, zat besi juga penting untuk perkembangan dan fungsi sel yang benar serta produksi beberapa hormon maupun jaringan.

Ketika kadar zat besi di dalam tubuh terlalu rendah, maka produksi sel darah merah jadi terhambat. Hal ini membuat tubuh kekurangan oksigen. Tubuh memerlukan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang memungkinkannya membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Berikut gejala tubuh kekurangan zat besi. Semoga kamu terhindar ya:

Baca Juga: Waspadalah Jika Sering Haus dan Kencing! Itu Diabetes Insipidus

1. Kelelahan termasuk gejala kekurangan zat besi yang paling umum terjadi

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat Besifreepik.com/yanalya

Ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin, yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tanpa hemoglobin yang cukup, oksigen akan berkurang untuk mencapai jaringan dan otot, sehingga kehilangan energi. Keadaan ini bikin jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkan lebih banyak darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Inilah yang membuat tubuh menjadi kelelahan.

Namun untuk mendiagnosis kekurangan zat besi hanya dengan gejala ini akan sulit. Sebab, kelelahan sering dianggap sebagai bagian normal dari aktivitas yang sibuk.

2. Sakit kepala dan pusing

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat Besifreepik.com/jcomp

Sakit kepala dan pusing bisa jadi tanda-tanda tubuh kekurangan zat besi. Menurut laporan dalam jurnal The Lancet Neurology tahun 2016, sakit kepala dapat terjadi karena rendahnya kadar hemoglobin dalam sel darah merah. Artinya tidak cukup oksigen untuk mencapai otak. Akibatnya, pembuluh darah di otak bisa membengkak, menyebabkan tekanan dan sakit kepala.

Meskipun penyebabnya beragam, tetapi sakit kepala dan pusing yang sering dialami bisa jadi tanda-tanda tubuhmu butuh asupan zat besi yang cukup.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Anak

3. Pucat di area seperti wajah, kelopak mata bagian dalam bawah, atau kuku bisa jadi sebagai tanda kekurangan zat besi sedang atau parah

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat Besifreepik.com/karlyukav

Itu bisa terjadi karena kadar hemoglobin yang lebih rendah. Dilansir Healthline, hemoglobin dalam sel darah merah memberi warna merah pada darah. Sehingga kadar yang rendah, selama kekurangan zat besi, membuat darah tidak terlalu merah. Itulah yang membuat kulit bisa kehilangan warna sehatnya (Tampak pucat) atau kehangatannya pada orang yang kekurangan zat besi.

4. Mengalami sesak napas

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat BesiSesak napas. freepik.com/rawpixel.com

Merujuk ulasan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Medical Sciences tahun 2014, ketika kadar hemoglobin rendah selama defisiensi zat besi, maka kadar oksigen juga ikut rendah. Artinya, otot tidak akan menerima cukup oksigen untuk melakukan aktivitas normal seperti berjalan, misalnya.

Akibatnya, laju pernapasan akan meningkat pada saat tubuh berusaha mendapatkan lebih banyak oksigen. Kondisi tersebut bisa menyebabkan sesak napas, yang merupakan gejala umum dari defisiensi zat besi.

Bila kamu kehabisan napas ketika melakukan tugas sehari-hari yang biasanya mudah dan tak menimbulkan masalah, misalnya berjalan, naik turun, tangga, bersih-bersih rumah, atau berolahraga, mungkin kamu bisa jadi kekurangan zat besi.

5. Pembengkakan dan nyeri pada lidah dan mulut 

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat BesiKondisi lidah karena kekurangan zat besi. brightside.me

Kadang-kadang hanya dengan melihat ke dalam atau sekitar mulut dapat menunjukkan apakah kamu kekurangan zat besi atau tidak. Dilansir Healthline, tanda-tanda yang terlihat adalah lidah jadi bengkak, meradang, pucat, atau licin. Defisiensi zat besi juga bisa menyebabkan gejala lain di sekitar mulut seperti:

  • Mulut kering
  • Sensasi terbakar di mulut 
  • Retakan merah yang sakit di sudut mulut
  • Sariawan.

6. Rambut dan kulit menjadi kering serta rusak

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat Besifreepik.com/Dragana_Gordic

Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan oleh Przeglad Menopauzalny tahun 2016, kekurangan zat besi menurunkan tingkat hemoglobin dalam darah, yang dapat mengurangi jumlah oksigen untuk sel-sel yang menyebabkan pertumbuhan rambut.

Maka, ketika kulit dan rambut kekurangan oksigen, tentu saja bisa kering serta rusak. Bahkan dalam kasus yang lebih parah dapat menyebabkan kerontokan rambut.

7. Kuku menjadi rapuh atau berbentuk sendok

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat Besicontourderm.com

Gejala defisiensi zat besi yang jauh jarang terjadi adalah kuku jari rapuh atau koilonychia, yaitu kondisi kuku yang tipis, lunak, dan melengkung ke bawah atau cekung mirip sendok seperti bisa menampung tetesan air.

Menurut laporan yang dipublikasikan oleh StatPearls, gejala koilonychia adalah efek samping langka pada sekitar 5 persen orang yang kekurangan zat besi. Biasanya hanya terlihat pada kasus anemia defisiensi besi yang parah.

8. Sindrom kaki gelisah, yaitu dorongan kuat untuk menggerakkan kaki pada saat istirahat

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat Besifreepik.com/karlyukav

Kondisi ini dapat menyebabkan sensasi merangkak atau gatal yang tidak menyenangkan dan aneh di bagian kaki maupun tungkai. Kekurangan zat besi berkaitan dengan sindrom kaki gelisah. Biasanya lebih buruk pada malam hari, yang mungkin saja membuat kamu jadi sulit tidur. Namun penyebab sindrom kaki gelisah belum sepenuhnya dipahami.

Menurut studi dalam American Journal of Hematology tahun 2013, sekitar 25 persen orang dengan anemia defisiensi besi mengalami sindrom kaki gelisah. Prevalensi sindrom ini sembilan kali lebih tinggi kepada orang dengan kekurangan zat besi dibandingkan populasi umum.

9. Jantung berdebar-debar. Tetapi gejala ini jarang terjadi

Hati-hati, Seperti Inilah Bentuk Kuku Orang yang Kekurangan Zat Besifreepik.com/wayhomestudio

Pada defisiensi zat besi, kadar hemoglobin yang rendah berarti jantung harus bekerja ekstra keras untuk mengangkut oksigen. Ini bisa menyebabkan detak jantung tidak teratur atau perasaan bahwa jantung berdetak lebih cepat.

Meskipun gejalanya lebih jarang terjadi, tetapi kalau mengalami defisiensi zat besi dalam kurun waktu lama, penderitanya bisa mengalami gejala ini.

Itulah gejala tubuh kekurangan zat besi. Apabila dibiarkan, maka bisa berkembang menjadi anemia defisiensi besi sampai komplikasi. Kebutuhan rata-rata zat besi harian untuk perempuan dewasa di atas 18 tahun adalah 18 mg. Sedangkan untuk laki-laki berusia di atas 18 tahun memerlukan 9 mg. Ibu hamil butuh zat besi yang lebih banyak. Tetapi tetap konsultasikan dulu kepada dokter kandungan tentang tambahan dosis yang diperlukan.

Baca Juga: 5 Fakta Hemokromatosis, Kondisi saat Tubuh Kelebihan Zat Besi

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Heni Candra Kirana di IDN Times Community dengan judul 9 Tanda dan Gejala Tubuh Kekurangan Zat Besi, Jangan Dibiarkan!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya