Comscore Tracker

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Bagian Tengah Nanas dan Putihnya Semangka

Kulit buah kiwi juga bisa dimakan ternyata

Entah siapa yang memulai, namun kebanyakan orang membuang bagian tengah buah nanas karena keras. Begitu pula daging putih pada buah semangka juga tidak dimakan karena rasanya hambar. Padahal bagian-bagian itu ada nutrisinya lho.

Baru tahu ya? Berikut daftar buah dan sayuran yang sering dibuang padahal banyak manfaatnya, dilansir dari situs Everyday Health serta The Healthy.

1. Seluruh bagian daging nanas memiliki nutrisi yang sama

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Bagian Tengah Nanas dan Putihnya SemangkaPedagang nanas di pasar Ciledug, Tangerang. (IDN Times/Shemi)

Kebanyakan orang akan membuang bagian tengah daging buah nanas karena teksturnya keras. Namun nutrisinya setara dengan daging nanas.

Inti buah nanas itu bisa dicampur bersama salad, dijadikan smoothie, atau jadi campuran air teh.

2. Bagian putih semangka memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Bagian Tengah Nanas dan Putihnya SemangkaSemangka (pixabay.com/stevepb)

Bagian putih buah semangka mengandung asam amino sitrulin yang dapat berubah menjadi arginina ketika dikonsumsi. Kandungan itu dapat meningkatkan peredaran darah, kesehatan jantung, hingga menaikkan libido.

Selain itu, bagian putihnya juga mengandung vitamin C dan B6 yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

3. Wow! Kandungan vitamin A pada ujung wortel yang berwarna hijau enam kali lipat lebih banyak daripada akarnya

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Bagian Tengah Nanas dan Putihnya SemangkaANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Bagian ujung wortel yang berwarna hijau tidak perlu kamu buang ya. Karena mengandung enam kali lipat vitamin A dibandingkan bagian akarnya.

Agak pahit memang, tetapi kamu bisa merebusnya sebagai kaldu sup. Atau haluskan saja menggunakan food processor lalu tambahkan sedikit keju, minyak, dan kacang.

Baca Juga: Cocok Buat Insomnia, 10 Makanan dan Minuman yang Bikin Cepat Mengantuk

4. Kulit pisang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Bagian Tengah Nanas dan Putihnya SemangkaPenjual Pisang di Pinggir Jalan. (IDN Times/Sunariyah)

Kulit pisang ternyata mengandung serat, kalium, asam amino esensial, dan lemak tak jenuh ganda. Jadi sebaiknya kamu konsumsi beserta kulitnya.

Namun pilihlah pisang yang sudah matang karena lebih lembut. Selain dimakan langsung, kamu jiga bisa mengolahnya sebagai sup, tumis, hingga smoothie.

Kulit buah kiwi juga jangan dibuang ya. Sebab mengandung vitamin yang penting buat kekebalan tubuh. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di sini.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya