Comscore Tracker

Kapan Waktu yang Tepat Pakai Masker? Ini Penjelasan IDI

Jangan sampai terlalu berlebihan juga ya,

Jakarta, IDN Times - Adanya pengumuman bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus corona membuat masyarakat mulai semakin waspada dan hati-hati. Bahkan tidak sedikit yang memborong masker karena khawatir tertular virus tersebut. Hanya saja ada pula yang karena saking takutnya setiap saat menggunakan masker. Anggota Satgas Waspada dan Siaga NcoV PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan mengungkapkan aturan penggunaan masker yang tepat bagi orang sehat.

"Kapan orang serhat pakai masker? Bilamana ada di kerumunan yang kita nggak tahu apakah ada di kerumunan itu yang terinfeksi (virus corona). Itu boleh orang sehat pakai masker. Kalau di tempat yang lengang/sepi itu berlebihan orang (sehat) pakai masker," kata Erlina dalam sebuah acara di stasiun televisi nasional, Selasa (3/3).

1. Ingat cuci tangan sebelum menyentuh bagian muka

Kapan Waktu yang Tepat Pakai Masker? Ini Penjelasan IDI(IDN Times/Sukma Shakti)

Erlina menekankan pentingnya mencuci tangan. Apalagi jika tangan telah menyentuh benda-benda yang rawan tercemar.

"Soal pegangan atau di lift, itu kemungkinan menyentuh ada, dan tangan tercemar dan sering gak sadar tangan menyentuh mulut, hidung, dan mata. Satu hal lain yang efektif adalah mencuci tangan dengan sabun. Kalaupun mencuci, jangan asal-asalan yang waktunya lima detik. Yang efektif direkomendasikan WHO ada 6 step dan itu durasinya 20-30 detik." jelas dia.

2. Pentingnya memiliki kualitas tidur yang baik

Kapan Waktu yang Tepat Pakai Masker? Ini Penjelasan IDIShutterstock

Erlina menambahkan, masyarakat diimbau agar tidur tepat waktu dan tidak begadang sebab kualitas tidur yang baik akan sangat membantu dalam sistem imun yang baik untuk melawan kuman dan virus.

"Tidur jangan sampai kurang. Jangan begadang lagi. Kalau tidak cukup tidur akan mempengaruhi sistem imun, artinya mempengaruhi stamina. Itu (imun yang baik) akan bisa melawan kuman dan virus," ungkapnya.

Baca Juga: Begini Cara Efektif Menggunakan Masker yang Benar

3. Amin: tidak perlu beli masker sampai berdus-dus

Kapan Waktu yang Tepat Pakai Masker? Ini Penjelasan IDI(Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio) IDN Times/Dini Suciatiningrum

Senada dengan Erlina, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof.dr. Amin Soebandrio mengimbau agar masyarakat, khususnya orang sehat bisa memahami waktu yang tepat untuk menggunakan masker agar tidak memicu kekhawatiran yang berlebihan.

"Kalau kita harus berada di tempat yang merawat orang sedang sakit, rumah sakit misalnya,  kita harus pakai masker. Kalau di luar tidak ada pasien terduga COVID-19, kita tidak perlu pakai masker. Masyarakat harus mengetahui kapan pakai masker dan kapan tidak. Tidak perlu beli berdus-dus karena itu tidak bermanfaat. Kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya," tegasnya.

Baca Juga: [Infografis] 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar, yuk Basmi Virus Corona

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya