Comscore Tracker

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badan

Mana gerakan favorit kamu?

Cara simpel untuk menambah tinggi badan adalah dengan melakukan peregangan secara rutin. Diyakini juga bahwa dengan melakukan peregangan badan setelah bangun tidur, akan lebih ampuh. 

Dengan tekad kuat dan asupan gizi yang cukup, serta rutin melakukan sembilan gerakan peregangan simpel berikut ini, kamu dapat menambah tinggi badan. Selain itu juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kamu.

1. Side stretch (5 repetisi pada masing-masing sisi)

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badanbrit.co

Latihan pertama untuk menambah tinggi badan adalah side stretch. Selain dapat mengencangkan otot perut, side stretch dapat membuatmu beberapa sentimeter lebih tinggi, lho! Begini caranya:

  • Berdiri tegap dan arahkan kedua lengan ke atas, kamu boleh membuka kakimu sedikit;
  • Tekuk bagian badan atasmu ke sisi kanan dan kiri sejauh mungkin dan tahan posisi masing-masing selama 30 detik;
  • Kurang menantang? Lakukan peregangan ini sambil memegang barbel yang diangkat ke atas kepala.

2. Low lunge with arch (5 repetisi pada masing-masing kaki)

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badanpinterest.com

Melenturkan tulang punggung diyakini merupakan salah satu opsi terbaik untuk menambah tinggi badan. Peregangan low lunge with arch ini tidak hanya memperkuat tulang punggung, tetapi juga menambah tinggi badan. Langkahnya pun tidak rumit:

  • Dengan dua lengan terangkat ke atas, kaki kiri atau kanan maju ke depan, sementara kaki yang lain diregangkan ke arah belakang; 
  • Ikuti pose di atas, tekuk tulang punggung ke belakang sejauh yang kamu bisa dan tahan posisi tersebut selama 30 detik. Lakukan pada kaki kanan dan kiri.

Baca Juga: Berapa Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa Indonesia? Ini Kata Ahli

3. Cobra stretch (5 repetisi)

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badanbodybybryce.com

Sesuai namanya, pose ini menggambarkan seekor ular kobra. Selain bisa menguatkan otot perut, leher, dan bahu, dengan teknik yang benar, tulang punggung akan ikut dilenturkan. Sembari melakukan teknik ini, bayangkan dirimu adalah ular kobra:

  • Berbaring tengkurap dan tempatkan dua telapak tangan sejajar di bawah bahu;
  • Angkat dagu dan regangkan tulang belakang sejauh mungkin. Tahan posisi ini selama 30 detik, dan kembali ke posisi awal.

4. Vertical bend

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badangfycat.com

Sering dilakukan waktu pelajaran "Pendidikan Jasmani" waktu sekolah, vertical bend dapat mengembangkan otot betis dan membuat badan lebih tinggi.

  • Berdiri tegap dan beri sedikit jarak pada kedua kakimu;
  • Bungkukkan badan ke bawah dan dengan kedua lengan, cobalah untuk mencapai lantai tanpa menggerakkan lutut. Tahan posisi ini selama yang kamu bisa.

5. Forward spine stretch

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badanpinterest.com

Selain memperkuat urat lutut (hamstring) dan perut, sesuai namanya, forward spine stretch meregangkan tulang punggung agar lebih kokoh dan tentunya, menambah tinggi badanmu.

  • Duduk tegak dan luruskan kedua kaki ke depan. Beri jarak pada kedua kakimu sedikit melebar dari pinggang;
  • Arahkan kedua lengan ke depan dan cobalah menyentuh kaki tanpa membengkokkan lutut. Tahan posisi tersebut selama mungkin.

6. Mermaid stretch (5 repetisi)

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badanverywellfit.com

Layaknya putri duyung yang berpose di atas batu, mermaid stretch ini bertujuan meregangkan tulang iga dan memperkuat otot bahu. Selain menambah tinggi badan, mermaid stretch juga membantu memperbaiki postur tubuh, sehingga kamu terlihat tinggi dan tegap saat berjalan.

  • Duduklah dan tekuk lutut mengikuti pose di atas;
  • Pegang mata kaki yang ditekuk di belakang sebagai tumpuan;
  • Angkat lenganmu ke atas dan rentangkan ke sisi yang berlawanan (jika yang diangkat kanan, maka ke kiri dan sebaliknya). Tahan posisi ini selama 20-30 detik lalu ganti dengan tangan yang lain.

7. Cat-cow stretch (5-6 repetisi)

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badanverywellfit.com

Selain menghilangkan stres, pose yang lumayan sering dilakukan sebagai latihan yoga ini ternyata dapat meninggikan badan. Ya, cat-cow stretch menguatkan otot dan tulang punggung jika dilakukan dengan tepat.

  • Buat posisi "meja", yaitu lengan menopang bagian tubuh atas dan bagian tubuh bawah ditopang oleh lutut. Pastikan bahu sejajar dengan pergelangan tangan dan lutut sejajar dengan pinggul;
  • Tarik perut dan tundukkan kepala hingga punggungmu mengarah ke luar. Telapak kaki atas menempel lantai;
  • Untuk posisi "sapi", bayangkan saja sapi yang sedang merumput. Sambil menarik napas, tengadahkan kepala, turunkan perut, dan jinjitkan jari kaki. Tahan posisi ini selama 3-4 detik, lalu kembali ke posisi kedua.

8. Downward dog

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badanyogajournal.com

Sesuai namanya, pose ini ibarat seekor anjing yang tengah meregangkan tubuhnya sehabis bangun tidur. Berbentuk seperti huruf "V" terbalik, downward dog dapat menguatkan tulang punggung sekaligus meregangkan otot kaki. Dijamin, selain menambah tinggi badan, latihan ini bikin tubuh terasa segar!

  • Buat posisi "meja". Lalu, seperti gambar di atas, tekuk tubuh bagian atasmu ke depan, kaki ditegakkan, dan bokong terangkat ke atas. Jadi, tanganmu akan sejajar dengan bahu dan kakimu sejajar dengan pinggul;
  • "Dorong" lantai dengan mengandalkan otot bahu dan otot tubuh bagian atas;
  • Hasilnya, kamu akan merasakan sensasi tegang pada bahu, lengan, dan tulang belakang. Tahan posisi ini selama mungkin.

9. Bird-dog stretch (5-6 repetisi)

9 Gerakan Peregangan Simpel untuk Menambah Tinggi Badanpinterest.com

Menguatkan punggung bagian bawah dan meningkatkan keseimbangan tubuh, pose bird-dog ini meregangkan bagian tubuh dari atas kepala hingga ujung betis. Tentu saja tulang punggung ikut diluruskan, sehingga memperbaiki postur tubuh dan tinggi badan pun ikut naik.

  • Kembali buat posisi "meja";
  • Angkat satu kaki dan luruskan ke belakang, diikuti dengan lengan dari sisi berlawanan ke depan (jika kaki kanan ke belakang, lengan kiri ke depan dan sebaliknya);
  • Tahan posisi tersebut selama 5 detik, lalu lakukan dengan sisi yang berlawanan.

Nah itu 9 gerakan peregangan yang bisa kamu latih di rumah. Apabila dilakukan terus menerus, tentu akan memberikan hasil yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu. Jangan lupa juga untuk tetap menambah dengan asupan vitamin ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Wow, Kamu Bisa Tambah Tinggi Badan Dalam 5 Menit, loh! Mau?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya