Comscore Tracker

Tidur Larut Malam Buat Kamu Lebih Kreatif, Benarkah? Ini 6 Manfaatnya

Kamu termasuk pemikir malam?

Dilansir oleh Bustle, ahli kulit asal Selandia Baru, Dr. Sharad Paul, mengatakan bahwa ada hubungan antara produksi senyawa dalam otak manusia dengan kebiasaan tidur larut malam.

"Kebiasaan tidur larut malam terkait dengan aktivitas senyawa adenosin di otak, reseptor yang biasa dipengaruhi oleh kafein. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan aktivitas adenosin berlebih kemungkinan besar menjadi 'kalong'," papar Dr. Paul.

Tidur larut malam ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan badan dan psikologismu. Apa sajakah?

1. Jadi lebih pandai

Tidur Larut Malam Buat Kamu Lebih Kreatif, Benarkah? Ini 6 Manfaatnyamedicalnewstoday.com

Terdengar seperti candaan, tetapi, ternyata ada buktinya. Mereka yang tidur lebih malam terbukti memiliki tingkat intelektual yang tinggi. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian gabungan di Inggris dan Amerika Serikat pada 2009 berjudul "Why night owls are more intelligent".

Dimuat dalam jurnal Personality and Individual Differences, anak-anak dengan IQ tinggi dicatat tidur lebih larut pada pukul tengah malam pada hari biasa (00:30) atau bahkan larut malam (01:45) pada akhir pekan. Mereka juga dicatat sering bangun kesiangan di hari biasa (07.52) dan bangun lebih siang pada akhir pekan (11.30).

"Hasil ini mendukung hipotesis kami bahwa mereka yang tidur larut malam kemungkinan besar memiliki kecerdasan intelektual tinggi," papar Satoshi Kanazawa, pemimpin penelitian sekaligus psikolog evolusioner dari London School of Economics and Political Science.

Perlu dicatat, hal ini bukan berarti mereka yang tidurnya lebih awal adalah anak yang bodoh. 

2. Meningkatkan kinerja dan ketahanan tubuh

Tidur Larut Malam Buat Kamu Lebih Kreatif, Benarkah? Ini 6 Manfaatnyamirror.co.uk

Bukan hanya otak, ternyata tidur larut malam juga memiliki kaitan erat dengan peningkatan kekuatan pada badan. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian berjudul "Chronotype Influences Diurnal Variations in the Excitability of the Human Motor Cortex and the Ability to Generate Torque during a Maximum Voluntary Contraction" dari University of Alberta, Kanada, pada 2009.

Pada penelitian tersebut, dari sembilan orang biasa dan sembilan "kalong", ternyata perbedaan tenaga yang signifikan terlihat pada "kalong". Sementara sembilan orang biasa tersebut memiliki kinerja konstan sepanjang hari, mereka yang tidur larut malam menunjukkan kinerja yang lebih baik saat malam datang!

"Hal tersebut kemungkinan dikarenakan 'kaum malam' menunjukkan peningkatan korteks motorik dan rangsangan sumsum tulang belakang pada malam hari, sekitar jam 9 malam, yang berarti mereka memiliki dorongan sistem saraf pusat maksimal pada waktu itu," papar Olle Lagerquist, rekan penulis dari University of Alberta.

Berbeda dengan "kaum malam", kinerja orang biasa memuncak pada jam 9 pagi dan menurun sepanjang hari.

Hanya saja Lagerquist mengatakan bahwa hal tersebut jangan dijadikan patokan pasti. Jika dibandingkan sepanjang hari, kinerja mereka relatif sama. Malahan, dalam hal kerja, orang yang tidur normal lebih diuntungkan.

Namun, jika kamu terbiasa aktif bekerja di malam hari, Lagerquist menyarankan agar berolahraga ringan beberapa jam sebelum tidur supaya bangun pagi tetap fresh.

3. Membuatmu lebih kreatif

Tidur Larut Malam Buat Kamu Lebih Kreatif, Benarkah? Ini 6 Manfaatnyafreepik.com/freepik

Dr. Paul mengakui bahwa orang yang tidur larut malam cenderung kreatif dan memiliki ide-ide cemerlang di waktu malam. Dilansir oleh ABC News, para peneliti dari Italia setuju pada pendapat Dr. Paul.

Lewat penelitiannya, "Morning and evening types and creative thinking" pada 2007, para peneliti dari Catholic University of the Sacred Heart menyatakan bahwa mereka yang tidur larut malam menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih daripada orang yang tidur lebih awal.

"Mereka yang tidur larut malam sering berada dalam situasi yang menyimpang dari kebiasaan konvensional. Hal tersebut dapat mendorong pengembangan nilai non-konvensional dalam diri dan kemampuan untuk menemukan alternatif dan solusi," papar Marina Giampietro, pemimpin dari penelitian yang dimuat dalam jurnal Personality and Individual Differences.

Dari 120 orang, mereka dibagi menjadi tiga kelompok: tidur larut, tidur di waktu tengah, tidur lebih awal. Saat diberikan tiga tes gambar, mereka yang tidur larut malam mencetak nilai tertinggi, sementara mereka yang tidur lebih awal dan di waktu tengah kesulitan untuk mencetak nilai rata-rata.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Tidur Siang

4. Membuatmu lebih fokus

Tidur Larut Malam Buat Kamu Lebih Kreatif, Benarkah? Ini 6 Manfaatnyapixabay.com/quinntheislander-1139623

Pandangan umum adalah jika tidur larut malam, maka seseorang akan susah untuk berkonsentrasi. Padahal, meskipun tidur larut malam, asalkan mendapatkan jatah tidur yang cukup, maka fokus pun bisa tetap terjaga! Lebih dari itu, saat kamu malam bisa tambah fokus, lho!

Dilansir oleh jurnal Science pada 2009, peneliti dari University of Liege, Belgia, menemukan bahwa kewaspadaan orang yang tidur larut malam dapat melebihi mereka yang tidur lebih awal.

Dalam penelitiannya, para peneliti merekrut 16 orang yang tidur awal dan 15 yang tidur larut malam. Mereka diizinkan tidur sesuai dengan kemauan mereka. Setelahnya, mereka diharuskan mengerjakan dua tes: tes pertama dilakukan 1,5 setelah jam bangun dan yang kedua dilakukan 10,5 jam setelah jam bangun!

Sementara kedua kubu sama-sama menunjukkan kinerja bagus pada tes pertama, ternyata kubu larut malam tetap fokus pada tes ke-2. Dikatakan, pada tes ke-2, kubu larut malam memperlihatkan peningkatan respons hingga 6 persen!

Hal tersebut dikarenakan mereka yang tidur lebih awal mengalami kantuk lebih awal dibandingkan kubu larut malam sehingga kewaspadaan mereka menurun.

5. Lebih berani menghadapi risiko

Tidur Larut Malam Buat Kamu Lebih Kreatif, Benarkah? Ini 6 Manfaatnyainstagram.com/raqmar3

Selain kecerdasan dan kekuatan, ternyata mereka yang tidur larut malam dinilai lebih nekad! Nekad di sini adalah tidak takut mengambil risiko di saat yang lain berpikir terlalu lama. 

Pada 2014, sebuah penelitian berjudul "Night Owl Women are Similar to Men in Their Relationship Orientation, Risk-taking Propensities, and Cortisol Levels" dari University of Chicago yang dimuat dalam jurnal Evolutionary Psychology menemukan bahwa wanita yang tidur larut malam mampu mengambil risiko yang sama dengan pria.

Setelah diuji, ternyata tingkat hormon kortisol pada wanita yang tidur larut malam sama dengan tingkat kortisol pria yang tidur lebih awal dan tidur larut malam. Hal tersebut mengarah ke peningkatan fungsi kognitif dan menjelaskan perilaku mereka yang lebih berani.

Sering dengar orang sukses suka tidur larut malam? Mereka ternyata memiliki kadar kortisol lebih tinggi! 

6. Bangun lebih fresh di pagi hari

Tidur Larut Malam Buat Kamu Lebih Kreatif, Benarkah? Ini 6 Manfaatnyagruitday.com

Manfaat terakhir pada daftar ini adalah bangun lebih santai dan fresh. Meskipun pada poin sebelumnya, kadar kortisol tinggi yang ditemukan pada "kaum malam" sering dikaitkan dengan tekanan pikiran dan stres, ternyata mereka yang tidur larut malam cenderung terbangun lebih fresh keesokan paginya.

Pada sebuah penelitian tahun 2001 berjudul "Exploration of the awakening cortisol response in relation to diurnal cortisol secretory activity" dari University of Westminster, Inggris, ditemukan bahwa konsep "bangun cantik" di pagi hari tidak seindah yang ditampilkan di TV.

Para peneliti menguji 42 relawan yang, tentu saja, dibagi menjadi dua kelompok: tidur lebih awal dan tidur larut malam. Mereka diharuskan menyerahkan sampel air liur delapan kali selama dua hari dari jam 5 subuh hingga setengah 11 pagi.

Hasilnya, mereka yang menyerahkan sampel jam 7 pagi menunjukkan level kortisol yang tinggi. Sayangnya, level tersebut persisten sepanjang hari! Dengan kata lain? Stres terus.

Dalam studi lanjutan selama 10 minggu, pemimpin penelitian tersebut, Dr. Angela Clow, menemukan bahwa mereka yang bangun lebih pagi memiliki mood yang jelek hingga terancam depresi dan rentan terhadap flu, pegal, dan sakit kepala yang menunjukkan lemahnya sistem imun.

Nah itulah manfaat tidur larut malam untuk tubuh dan pikiran. Apakah kamu termasuk dalam kaum malam?

Baca Juga: Tak Hanya Insomnia, 7 Gangguan Tidur Ini Bisa Dialami Selama Karantina

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya