Comscore Tracker

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Tingkatkan Sistem Imun

Gak susah kok. Coba dululah yaaa

Seiring meningkatnya kasus COVID-19 atau virus corona di dunia, maka Indonesia membuat kebijakan physical distancing (Sebelum disebut sebagai social distancing) untuk masyarakat. Kebijakan ini membuat masyarakat harus menghindari kerumunan massa atau berkelompok dan tetap berada di rumah untuk mengurangi penularan COVID-19.

Karena diam di rumah, masyarakat juga ada yang bingung cara menjaga tubuh supaya tetap fit. Jogging di luar rumah sudah tidak bisa, apalagi nge-gym.

Berolahraga ternyata dapat meningkatkan sistem imun lho. Imun inilah yang membentengi tubuh manusia dari penyakit. Karena dapat mengusir berbagai patogen dari bakteri dan virus.

Sistem imun melakukannya dengan cara memicu efek radang pada tubuh. Makanya, ketika virus atau bakteri menyerang, badan kamu demam atau nyeri di badan. Itu sebenarnya alarm tubuh agar kamu beristirahat dan membiarkan sistem imunnya bekerja.

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Tingkatkan Sistem Imungiphy.com

Ada empat faktor yang memengaruhi kesehatan sistem kekebalan tubuhmu. Yaitu:

  • Pola makan
  • Pola tidur
  • Pikiran, dan
  • Gerakan tubuh.

Fokus pada poin ke-4. Gerakan tubuh atau olahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Jika kamu makan dan tidur teratur, serta tidak stres tetapi tidak berolahraga, maka sistem imun tidak dapat bekerja. Jadi semua harus dijalankan secara seimbang.

Untuk itu, berikut ini olahraga simpel yang bisa kamu lakukan selama diam di rumah. Lakukan secara konsisten ya.

1. Standing Thoracic Expansion

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Tingkatkan Sistem Imun24life.com

Terlalu lama bekerja dapat membuat bahumu membungkuk. Itulah manfaat utama dari gerakan ini, yaitu untuk membuka dada dan bahu. Selain itu, gerakan ini juga meregangkan dan melemaskan bagian tengah maupun bawah punggung, serta rusuk.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Satukan kedua telapak tangan dan regangkan ke atas, lalu ke arah punggung. Jangan lupa untuk membusungkan dada, dan dongakkan kepala ke arah langit-langit
  • Saat hampir mencapai punggung, pisahkan kedua telapak tanganmu dan rentangkan sejauh mungkin lalu kembali ke posisi pertama
  • Lakukan 10 kali repetisi dengan 3 - 5 set.

Gerakan ini juga melibatkan peregangan punggung ke belakang yang berguna untuk meregangkan dan melemaskan otot pinggul. 

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Virus Corona yang Salah Kaprah Menurut Medis

2. Supported Squat and Forward Bend

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Tingkatkan Sistem Imun24life.com

Gerakan ini berguna untuk meregangkan pinggul, punggung, dan bagian hamstring. Kamu akan membutuhkan kursi untuk melakukannya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Berpegang pada kursi, lalu lakukan posisi squat serendah yang kamu bisa (jangan sampai merasa sakit!). Kursi ini berfungsi sebagai pegangan bagi mereka yang memiliki masalah dengan mata kaki sehingga tidak bisa squat
  • Bangun, lalu bungkuklah ke depan dengan punggung tetap lurus, sementara pinggul tertarik ke arah berlawanan. Tahan beberapa detik. Lalu kembali ke posisi awal
  • Lakukan 10 kali repetisi dengan 3 - 5 set.

Baca Juga: Tanpa Peralatan Khusus, 9 Gerakan Gym Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

3. Supported Side-Bend Lunge

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Tingkatkan Sistem Imunsun-sentinel.com/Amy Beth Bennett

Gerakan yang ketiga ini dapat meregangkan kedua sisi pada bagian atas dan bawah tubuh. Kamu juga butuh kursi untuk melakukan gerakan ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Letakkan kursi di depan kaki yang menjadi tumpuanmu. Jarak kaki harus dua kali dari jarak bahu
  • Taruhlah tangan dari sisi yang sama pada kursi (Jika kaki kanan menjadi tumpuan, maka letakkan tangan kanan dan sebaliknya) atau bisa juga dengan alat bantu lain, lalu rentangkan tangan dari sisi berlawanan ke atas dan cobalah meraih ke arah tumpuan (Jika kaki kanan menjadi tumpuan, tangan kiri meregang ke sisi kanan, dan sebaliknya)
  • Usahakan dada tetap busung dan punggung tetap lurus agar kamu dapat merasakan sensasi regangan
  • Tahan posisi 3 - 5 detik, dan kembali ke posisi semula, ganti ke sisi badan lain
  • Lakukan lima kali repetisi untuk tiap sisi tubuh dengan 3 - 5 set.

4. Plank Twist With Push-Up

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Tingkatkan Sistem Imun24life.com

Sesuai namanya, gerakan satu ini merupakan kombinasi dari push-up dan plank. Berat dong ya? Iyalah. Tapi demi kesehatan, kamu harus semangat melakukannya agar terbiasa. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih tubuh bagian atas dan kelenturan, serta kekuatan tubuh bagian tengah. Seperti ini langkah-langkahnya:

  • Buat posisi push-up, lalu tekukkan lutut ke lantai dan angkat satu tangan ke atas sementara dada terbuka ke sisi samping atas
  • Kembali ke posisi pertama dan lakukan dengan tangan dari sisi yang berlawanan. Itu terhitung sebagai satu repetisi
  • Lakukan 6 - 10 repetisi dengan 3 - 5 set.

5. Bicycle

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Bisa Tingkatkan Sistem Imun24life.com

Gerakan ini cukup sederhana. Bisa dilakukan oleh banyak orang. Gerakan ini untuk melatih otot di bagian perut. Lakukan langkahnya seperti ini:

  • Berbaringlah telentang dengan lutut tertekuk siku-siku. Topang kepala dengan tanganmu
  • Angkat bahu dan kaki dari lantai dan mulai mengayuh
  • Kayuh kaki agar lutut bertemu dengan siku tangan dari sisi berlawanan (Jika kaki kanan mengayuh, lutut kanan bertemu dengan siku kiri, dan sebaliknya)
  • Lakukan 15 - 30 repetisi dengan 3 - 5 set.

Mau ada sedikit tantangannya? Kamu bisa melakukan latihan ini dengan berbaring benar-benar lurus (Tidak menekuk lutut). Lakukan langkah 2 dan 3, lalu kembali ke posisi berbaring telentang lurus, dan ulangi.

Itulah olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Tapi ingat! Imbangi juga dengan pola makan seimbang, waktu tidur cukup, dan hindari stres. Tidak perlu memaksakan olahraga jika merasakan gejala sakit. Istirahat saja! Nanti, bukannya untung malah buntung.

Baca Juga: Tanpa Alat, Kekar dalam 6 Bulan dengan 6 Latihan Gerakan Mudah Ini

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya