Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitam

Gak hanya karena kekurangan tidur lho

Apakah kamu pernah merasakan ada lingkar hitam di bagian bawah mata? Hal ini memang banyak terjadi, apalagi bagi mereka yang sering kekurangan tidur. Mata panda pun akan menghantui. Nah ternyata penyebab munculnya lingkar hitam tersebut tidak hanya karena persoalan tidur lho. Ada beberapa faktor lain yang juga jadi penyebabnya.

Apa saja faktor tersebut? Kamu bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.

1. Pengaruh genetik yang didapat dari orangtua

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitamparents.com

Dalam kasus ini, orangtuamu lah alasan mengapa kamu akhirnya memiliki genetik lingkaran hitam di bawah mata. Dermatolog Bruce Katz dari goodhousekeeping.com menjelaskan bahwa kondisi genetik ini biasa didapatkan oleh orang-orang yang hidup di area mediteran. Jika hanya sekadar pigmen, itu dapat dihilangkan dengan mudah lewat teknik laser.

2. Terjadi peradangan, bengkak, serta aliran darah yang rusak

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitamvanguardskin.com

Walaupun eksim tidak secara langsung membuat lingkaran hitam, seringnya menggosok dan menggaruk bagian kulit di bawah mata tersebut dapat membuat lingkaran hitam. Peradangan, bengkak, serta aliran darah yang rusak menyebabkan hal tersebut.

3. Alergi yang sampai membuat kamu gatal

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitamhealthline.com

Tidak hanya eksim saja yang dapat menyebabkan kasus ini. Memiliki alergi terhadap sesuatu juga dapat menimbulkan lingkaran hitam.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan sepenuhnya menghindar dari barang yang dapat memunculkan reaksi alergi tersebut. Dengan menghindarinya, sudah pasti kamu tidak akan mendapatkan lingkaran itu.

4. Bahan makeup yang tidak cocok sehingga mengganggu kulit

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitamthefinancialdiet.com

Ini bukan masalah alergi, melainkan memang ada makeup yang memang tidak cocok denganmu. Saat bahan dari makeup itu dirasa mengganggu kulitmu, seperti maskara, maka hasilnya dapat menimbulkan lingkaran hitam. Jika kamu mengetahui matamu tampak tidak beres setelah memakai eyeliner baru, maka sebaiknya kamu langsung menggantinya.

Baca Juga: Selain Genetik, Ini 10 Penyebab Unik Ada Lingkaran Hitam di Bawah Mata

5. Struktur tulangmu yang menimbulkan hal itu

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitamthefirstnews.com

Ada kalanya lingkaran hitam itu tidak berhubungan kulitmu sama sekali, melainkan apa yang ada di baliknya. Bisa jadi penyebab lingkaran hitam yang muncul di bawah mata adalah tulang di bawah matamu.

Saat orang memiliki palung air mata yang dalam di bawah mata, bayangan dan lekukan dapat menyebabkan munculnya kegelapan. Namun itu tidak ada hubungannya sama sekali dengan pigmen atau pembuluh darah,” ujar Katz menjelaskan.

6. Pembuluh darah menimbulkan warna biru

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitamreddit.com

Jika area di bawah matamu berwarna biru, itu bisa diartikan adanya pengaruh dari pembuluh darah. Warna biru tersebut tidak seperti biru laut, melainkan biru gelap sehingga tampak seperti lingkaran hitam. Namun demikian itu tetap hanyalah pembuluh mata yang tidak bisa kamu ubah.

7. Kurang terlindungi dari sinar matahari

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitamupsmash.com

Keluar dan terkena matahari memang dapat mencerahkan kulitmu, namun jika terlalu banyak malahan dapat menghitamkan. Khususnya di bagian bawah mata. Itu dikarenakan kelopak mata memiliki kulit tertipis yang ada di tubuh sehingga kulit tersebut dapat berubah dengan mudah.

8. Waktu untuk istirahat tidur kurang cukup

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitamfeibustech.com

Kurang tidur membuat matamu cukup tegang. Ketegangan tersebut membuat sirkulasi darah menjadi lambat hingga menyebabkan munculnya lingkaran hitam. Untuk menghilangkan, tentu cukup dengan tidur dengan kualitas yang baik.

9. Kamu kekurangan air

Jarang Diketahui, Ini Penyebab Lain Lingkar Mata Jadi Hitammdpremier.com

Pertanyaan kalau kamu punya kelopak mata yang hitam: apakah kamu sudah banyak minum? Kalau belum, bisa jadi itu pertanda mengapa ada lingkaran hitam di bawah matamu. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau kurang minum memang sangat berpengaruh ke masalah kulit tersebut.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa saja penyebab munculnya lingkar hitam di mata? Apabila kamu mengalaminya, semoga bisa segera diperbaiki pola hidup kamu ya agar kesehatan semakin membaik.

Baca Juga: 5 Buah 'Ajaib' yang Bisa Hilangkan Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya