Comscore Tracker

6 Cara Ampuh Meredakan Lingkar Mata yang Menghitam

Perbanyak waktu istirahat kamu ya

All About Vision menjelaskan kondisi mata menghitam itu memiliki nama ilmiah periorbital hematoma atau kondisi mengumpulnya darah di area jaringan sekitar mata. Kondisi ini tidak melukai organ mata, tetapi bisa mudah muncul hanya karena berbagai benturan ke area tersebut. Selain karena trauma, mata menghitam juga bisa muncul dikarenakan efek dari operasi hingga infeksi sinus.

Lingkar mata yang menghitam juga membuat seseorang tampak kurang sehat. Bagaimana cara untuk menghilangkannya? Simak yuk tips di bawah ini!

1. Kompres mata dengan es

6 Cara Ampuh Meredakan Lingkar Mata yang Menghitamblog.purpletea.com

Layaknya seseorang yang mendapatkan situasi keseleo, mata yang menghitam bisa lebih cepat menghilang dengan memberikan kompresan es. Menurut Healthline, mengompres mata hitam dengan es dapat memperlambat laju aliran darah ke area mata tersebut hingga tidak terkumpul lagi di sana. Tak hanya itu, es juga membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakitnya.

Ini cara mudah mengaplikasikannya: letakkan es batu di kantong plastik dan bungkus dengan handuk. Kompres mata tersebut selama 10 hingga 20 menit, tapi hindari untuk menekannya.

Lakukan ini secara berulang dalam satu hari di dua hari ke depan. Kamu bisa melakukan solusi ini dalam kurun waktu 24 hingga 48 jam sesaat kamu mendapatkan luka dan jangan pernah langsung meletakkan es tersebut langsung ke mata.

2. Kompres dengan air hangat

6 Cara Ampuh Meredakan Lingkar Mata yang Menghitamhowtocure.com

Kamu juga bisa melakukan kebalikan dari menggunakan es, yaitu mengompres matamu menggunakan air hangat. Ini baik dilakukan jika matamu tidak mengalami bengkak dan efeknya kurang lebih akan sama dengan mengompres menggunakan es: rasa sakit berkurang dan kondisi kehitaman lebih cepat hilang.

Rendam handuk dengan air hangat atau panas, bukan mendidih. Remas handuk tersebut dan lipatlah, lalu kompres matamu tersebut selama kurang lebih 20 menit. Harusnya ini sudah cukup membantu.

3. Pijatlah dengan lembut

6 Cara Ampuh Meredakan Lingkar Mata yang Menghitamhealth.harvard.edu

Menambah kompresan tersebut dengan sedikit pijatan bisa memujarabkan efeknya. Aliran darah bisa lebih terbantu dengan cara ini. Hanya saja perlu diperhatikan jika kamu masih merasakan sakit atau sakit ketika memijatnya dan masih ada bengkak, hindari upaya perawatan ini.

Baca Juga: 8 Penyebab Mata Bengkak, dari yang Jinak hingga Berbahaya

4. Menggunakan salep arnica

6 Cara Ampuh Meredakan Lingkar Mata yang Menghitamfreepik.com/cookie_studio

Arnica adalah jenis tumbuh-tumbuhan yang sering dijadikan bahan pengobatan, khususnya untuk salep. Tanaman yang punya nama ilmiah Arnica montana itu dipercaya memiliki kandungan yang mampu mengatasi peradangan. Pada umumnya krim Arnica digunakan untuk merawat memar dan karena itu besar kemungkinan dapat diterapkan untuk mata menghitam.

Menjadi permasalahan adalah karena tidak ada jurnal kesehatan yang membahas masalah ini sehingga tidak terbukti secara ilmiah mampu mengobati mata menghitam. Kamu tetap perlu berhati-hati ketika mengoleskannya. Hindari terkena mata karena dapat melukainya.

5. Menggunakan salep vitamin C

6 Cara Ampuh Meredakan Lingkar Mata yang Menghitamfreepik.com/pressfoto

Terdapat info jika konsumsi vitamin C cukup ampuh menghilangkan mata menghitam. Jurnal berjudul “Effects of vitamin C on dark circles of the lower eyelids: quantitative evaluation using image analysis and echogram” sedikit banyak mengungkap hal tersebut dan mendapatkan hasil vitamin C memang punya dampak mengurangi kehitaman itu, namun tidak signifikan. Silakan mencoba mengaplikasi salep vitamin C, namun lakukan dengan hati-hati.

6. Pergilah ke dokter jika diikuti dengan gangguan mata lainnya

6 Cara Ampuh Meredakan Lingkar Mata yang Menghitamalternativetherapy.co.za

Jika warna kehitaman tersebut diikuti dengan adanya pendarahan di mata atau penglihatanmu menjadi tidak jelas, seperti kabur atau visi ganda, segeralah periksakan ke dokter. Itu mengindikasikan ada sesuatu yang tidak beres dan lebih parah dengan kondisi matamu. Jangan mengaplikasikan cara-cara di poin sebelumnya sebelum mendapat persetujuan dari dokter.

Kondisi mata menghitam diperkirakan akan kembali normal dalam kurun dua minggu. Bisa jadi lebih lama tergantung seberapa parah kondisinya, berapa umurmu, dan bagaimana caramu merawat mata menghitam tersebut. Memperbanyak waktu istirahat dan meninggikan kepalamu bisa membantu penyembuhan. Ingat, apabila kamu merasa kondisi semakin parah, jangan mencoba-coba cara sendiri ya, segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: Penting, 7 Vitamin Ini Wajib Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Mata

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya