Comscore Tracker

7 Dampak Buruk Gunakan Smartphone,  Suara Notifikasi Bisa Buat Stres

Coba kurangi waktu penggunaannya ya

Coba kamu perhatikan kembali, dalam sehari berapa lama kamu menatap layar smartphone? Berapa jam waktu yang kamu habiskan untuk melihat berbagai fitur-fitur itu? Tanpa terasa, mungkin lebih dari 50 persen waktu kamu dalam sehari digunakan untuk menatap layar smartphone.

Saat ini bisa jadi kamu belum menyadari dampaknya pada kesehatan. Tapi ke depannya, barulah kamu akan merasakan bahwa terlalu lama menatap layar smartphone sangat berbahaya untuk kesehatan. Apa saja akibatnya? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

1. Merusak postur tubuh

7 Dampak Buruk Gunakan Smartphone,  Suara Notifikasi Bisa Buat Strespopsci.com

Apakah ketika kamu menatap layar smartphone-mu dalam waktu lama, kamu merasa pegal? Itu karena postur tubuhmu berubah menjadi tidak baik saat memperhatikan smartphone.

Sering kali kamu membungkuk atau menekuk kepalamu ke bawah untuk melihat gadget dan itu membuat tulang punggung terbebani. Hanya dengan menekuk beberapa derajat, itu dapat menambah beban hingga beberapa kilogram.

2. Bakteri di smartphone dapat membawa banyak penyakit

7 Dampak Buruk Gunakan Smartphone,  Suara Notifikasi Bisa Buat Stresbustle.com

Wall Street Journal pernah melakukan riset tentang penggunaan delapan smartphone di kantornya. Ditemukan banyak bakteri yang mendekam di smartphone tersebut. Karena itulah bisa dikatakan memegang smartphone sendiri membawa banyak penyakit.

Mengurangi waktu menggunakannya dapat mengurangi risiko kamu terserang penyakit. Dikatakan pula ada kemungkinan bakteri yang ada di smartphone bisa lebih banyak ketimbang bakteri di toilet.

3. Dapat merusak gendang telinga

7 Dampak Buruk Gunakan Smartphone,  Suara Notifikasi Bisa Buat Strescnbc.com

Dalam menggunakan smartphone, biasanya kamu menggunakan earset untuk mendengarkan musik atau menelepon seseorang. Jika dilakukan terlalu lama, itu dapat merusak telingamu.

Terlebih kalau volumenya terlalu keras, bukan tidak mungkin kamu merusak gendang telingamu. Time pernah melaporkan beberapa orang memiliki telinga yang sensitif hingga kemampuan pendengarannya berkurang hanya dalam beberapa hari akibat pemakaian beberapa hari.

4. Kecepatan dan pola berjalan jadi melambat

7 Dampak Buruk Gunakan Smartphone,  Suara Notifikasi Bisa Buat Stresedition.cnn.com

Pernahkah kamu melihat video seorang anak kecil yang susah berdiri dan gampang terjatuh karena terlalu banyak melihat gadget? Itu membuktikan smartphone-mu mampu mempengaruhi keseimbanganmu.

Peneliti dari Australia menemukan fakta bahwa kecepatan dan pola berjalan seseorang menjadi melambat serta tidak lurus ketika berjalan sambil menghadap smartphone. Jadi jangan pernah menatap layar smartphone-mu ketika berjalan.

Baca Juga: Hati-hati, 8 Tanda di Tubuh Ini Membuktikan Kamu Sedang Tidak Sehat

5. Terlalu banyak berkirim pesan dapat menurunkan kualitas hubungan

7 Dampak Buruk Gunakan Smartphone,  Suara Notifikasi Bisa Buat Stressays.com

Terlepas dari isu kesehatan, menggunakan smartphone ternyata tidak baik untuk membangun dan mempertahankan hubungan. Walaupun tetap berkomunikasi, namun maksud dari ucapan tersebut susah untuk tersampaikan.

Sebagai bukti, para ilmuwan dari Brigham Young University melakukan riset tentang berkirim pesan dan menemukan fakta meminta maaf atau mencoba menyelesaikan masalah, bahkan terlalu banyak berkirim pesan dapat menurunkan kualitas hubungan.

6. Bunyi notifikasi dapat menyebabkan stres bahkan depresi

7 Dampak Buruk Gunakan Smartphone,  Suara Notifikasi Bisa Buat Stresnm.org

Kamu pasti merasakan hal ini. Cahaya dari smartphone-mu membuat kamu terus terbangun. Belum lagi jika apa yang kamu lihat adalah hal menarik, membuatmu ingin terus menatapnya hingga selesai.

Sudah banyak penelitian yang memberikan fakta cahaya dari sekitar membuat seseorang terbangun. Lebih jauh lagi studi dari Swedia juga mengumumkan kalau bunyi notifikasi dapat menyebabkan stres bahkan depresi karena mengganggu waktu tidur.

7. Mata kekurangan waktu untuk beristirahat

7 Dampak Buruk Gunakan Smartphone,  Suara Notifikasi Bisa Buat Stresmenshealth.com

Tadi sudah dikatakan smartphone membuatmu tak bisa beristirahat karena cahayanya. Hal itu akan sangat berpengaruh kepada kesehatan mata. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa saat kita menatap layar smartphone, kita mengurangi jumlah kedipan yang seharusnya kita lakukan.

Itu membuat mata kita kekurangan waktu untuk beristirahat dan tegang. Hasilnya sudah tentu kualitas matamu berkurang.

Sebenarnya kecanggihan smartphone sangat membantu pekerjaan kamu. Tapi apabila tidak dibatasi, tentu akan membahayakan kesehatan kamu secara perlahan-lahan. Coba mulai sekarang dikurangi ya!

Baca Juga: 5 Cara Tidur Ini Ternyata Indikasi Kalau Kesehatanmu Memburuk

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya