Comscore Tracker

Cara Membuat Base Genep, Resep Rahasia Masakan Khas Bali

Masakan Bali emang kaya akan rempah sih. Enak banget

Setiap kali menyantap masakan khas Bali, kamu pasti merasakan kayanya rempah-rempah di tiap gigitannya. Itu karena umumnya, masakan khas Bali menggunakan basegenep sebagai resepnya. Ini adalah bumbu dasar masakan khas Bali. Uniknya, base genep alias bumbu genep ini dibuat dari 15 jenis rempah-rempah yang diaduk jadi satu.

Rasanya gurih dan sedap membuat berbagai masakan khas Pulau Dewata semakin nikmat. Tak heran, banyak orang menyukai masakan Bali. Penasaran gimana cara buatnya? Ini bocoran resepnya:

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Cara Membuat Base Genep, Resep Rahasia Masakan Khas Baliwilandwayanskitchen.com

Perhatikan beberapa bahan di bawah ini yang harus kamu kumpulkan terlebih dahulu.

  • Sepotong kunyit
  • Sepotong Lengkuas
  • Sepotong Jahe
  • Sepotong Kencur
  • 6 siung bawah putih
  • 10 siung bawang merah
  • 4 buah cabe besar
  • 4 buah cabe rawit
  • 5 batang serai (cincang)
  • 3 buah kemiri
  • 1 buah tomat besar
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • Garam dan gula secukupnya.

2. Langkah-langkah membuat base genep

Cara Membuat Base Genep, Resep Rahasia Masakan Khas Baliandanyways.com

Sudah mengumpulkan semua bahannya? Yuk, langsung dibikin bumbunya!

  1. Cincang halus kunyit, lengkuas, jahe, dan kencur.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe besar, cabe rawit dan serai. Bisa ditumbuk ataupun diblender.
  3. Haluskan juga kemiri, merica, dan ketumbar.
  4. Iris tipis tomat.
  5. Campurkan semua bumbu yang telah dihaluskan dan gorenglah dalam wajan.
  6. Tambahkan irisan tomat, daun salam, daun jeruk purut, garam dan gula. Aduk hingga merata.
  7. Setelah aroma tercium wangi, bumbu bisa ditiriskan dan disimpan di dalam kulkas.
  8. Bisa langsung dicampur rebusan makanan jika ingin langsung disajikan.

3. Ini dia video tutorial cara membuatnya. Biar kamu gak bingung

https://www.youtube.com/embed/Bxo3ZhWdMgQ

Kamu masih bingung cara membuat Base Genep? Ini ada video YouTube dari kanal Novi's Bali Kitchen. Gampang banget kok cara membuatnya. Base genep ini bisa diolah hampir di semua jenis masakan lho.

Baca Juga: Awas, 5 Sambal Khas Bali ini Bikin Kamu Ketagihan

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Just For You