Comscore Tracker

Cara Membuat Bumbu Ikan Bakar Cianjur, Bikin Nagih!

Auto lapar pasti yaa

Kalau lagi makan ikan bakar, bagian yang paling enak adalah bumbunya. Bumbu bikin lidah kita merasakan banyak sensasi rasa gurih, manis, pedas, dan legit.

Untuk menyantap ikan bakar di restoran, harganya terkadang sedikit menguras dompet sih. Apalagi kalau kamu masih indekos. Tapi jangan khawatir. Coba aja bikin ikan bakar sendiri di rumah. Nih, ada bocoran cara membuat bumbu ikan bakar Cianjur ala Yummy. Kamu bisa pilih ikannya sendiri:

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Cara Membuat Bumbu Ikan Bakar Cianjur, Bikin Nagih!Instagram.com/kaumrestaurant

Bahan bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 8 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai rawit (opsional)
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 2 sdt biji ketumbar.

Bahan tambahan:

  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 3 sdm air asam Jawa
  • 5 sdm kecap manis
  • 4 sdm margarin
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya.

2. Cara membuatnya gak seribet yang kamu bayangkan, kok

Cara Membuat Bumbu Ikan Bakar Cianjur, Bikin Nagih!Instagram.com/yara_artandcraft
  1. Sangrai seluruh bahan halus hingga harum. Sisihkan.
  2. Haluskan bumbu yang sudah disangrai dan air asam Jawa dengan blender.
  3. Panaskan margarin di atas penggorengan antilengket, tuang bumbu halus dan tumis hingga harum.
  4. Tambahkan garam, gula, daun salam, daun jeruk, dan serai. Masak hingga matang, berubah warna, dan harum. 
  5. Tambahkan kecap manis, koreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan api dan bumbu bakar siap digunakan.

Baca Juga: 5 Kuliner Kaki Lima di Bali yang Enak dan Murah Mulai Rp5 Ribuan

3. Tips yang bisa kamu terapkan

  1. Bisa gunakan minyak sayur sebagai pengganti margarin.
  2. Simpan di dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas jika tidak ingin langsung digunakan. Saat ingin dipakai, cukup panaskan kembali bumbu bakar di atas teflon, sesuai porsi yang kamu butuhkan.
  3. Bumbu ini bisa kamu pakai untuk bahan lainnya selain ikan, seperti ayam, udang, bahkan cumi dan kerang.

Nah, dengan resep bumbu ikan bakar Cianjur tersebut, kamu bisa menghidangkan ikan bakar yang nikmat untuk keluarga. Jadi lebih hangat, deh!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Ayam Bawang Goreng ala MasterChef Indonesia

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Just For You