Comscore Tracker

6 Tips Praktis Mengolah Mie Instan ala Chef Sisca Soewitomo

Makanan favorit kamu bukan?

Memasak merupakan hal mudah. Itulah yang selalu dikatakan oleh pakar Kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo yang juga Ratu Boga Indonesia. Sebenarnya tak ada makanan yang susah dimasak. Begitu yang disampaikannya saat Instagram Live bersama IDN Times.

"Tidak ada yang susah dimasak kalau sudah tahu resepnya. Kita masuk dapur dengan rasa cinta untuk mencoba dan melihat hasil akhir yang tergantung cita rasa kita. Kalau suka asin, ya kasih garam. Semua orang bisa memasak, saya percaya. Harus mencoba, jangan bilang gak bisa," ujar chef kelahiran Surabaya tersebut.

Ya, mi instan. Makanan yang paling umum diolah oleh semua orang. Sisca Soewitomo pun membagikan tips praktis dan mudah memasak mi instan seperti di bawah ini.

1. Memasak mi jangan terlalu lama

6 Tips Praktis Mengolah Mie Instan ala Chef Sisca Soewitomoinquiringchef.com

Saat kamu memasak mi terlalu lama, tekstur mi jadi lebih lembek dan gak enak. Terlepas dari itu, indeks glikemik mi pun akan berubah dan bisa meningkatkan gula darah. Guna menghindari overcook, sebaiknya pasang timer, deh!

2. Bisa tambahkan sayuran sesuai selera

6 Tips Praktis Mengolah Mie Instan ala Chef Sisca Soewitomoinstagram.com/yuks.belajar.masak

"Mi kan termasuk makanan siap saji sehingga gak ada sayuran. Tambahkan sayuran sesuai selera, seperti kangkung atau kol," ujar Chef Sisca Soewitomo, Jumat (7/8/2020).

Rebus bersama mi saat hampir matang, karena sayuran pun gak boleh dimasak terlalu lama. Nantinya, kandungan sayuran akan hilang.

3. Tambahkan irisan cabai rawit sesuai selera

6 Tips Praktis Mengolah Mie Instan ala Chef Sisca Soewitomoinstagram.com/duniakulinersurabaya

Kalau kamu termasuk pencinta pedas, tambahkan irisan cabai rawit sesuai selera saat merebus mi. Kapan pun waktu penambahan cabai rawit tak jadi masalah. Rasa pedas akan meningkatkan selera makan, bikin makin lahap, deh.

Baca Juga: Sisca Soewitomo Gantung Panci, Begini Perjalanan Karier Sang Ratu Boga

4. Tambahkan telur saat air mendidih

6 Tips Praktis Mengolah Mie Instan ala Chef Sisca Soewitomoinstagram.com/afterworking

Biar makin sedap dan nikmat, kamu bisa menambahkan telur. Telur ditambahkan saat air mendidih. "Gak perlu diaduk biar telur gak hancur dan tetap cantik," tutur chef kelahiran tahun 1949 ini.

Kalau kamu suka telur setengah matang, masukkan sesaat sebelum mi selesai dimasak. Jangan diaduk biar kuning telur gak hancur, ya!

5. Agar makin sedap, bisa tambahkan irisan daun bawang

6 Tips Praktis Mengolah Mie Instan ala Chef Sisca Soewitomoinstagram.com/halifaxcoffeecorridor

Siapkan dahulu daun bawang di atas talenan, lalu iris tipis sesuai selera. Saat mi matang, biarkan dahulu di dalam panci. Barulah tambahkan irisan daun bawang ke dalamnya. Nantinya, bikin aroma mi makin sedap.

6. Biar lebih gurih, tambahkan taburan bawang goreng

6 Tips Praktis Mengolah Mie Instan ala Chef Sisca Soewitomoinstagram.com/christoffelcleon

Seperti yang kita tahu, Chef Sisca Soewitomo selalu membagikan tips yang mudah dan gak ribet. "Kalau gak bisa bikin bawang goreng, beli pun gak masalah," kata perempuan yang sempat menghebohkan semua orang, karena "gantung" panci di Instagram itu.

Sebelum disajikan, berikan taburan bawang goreng di atas mi. Rasa mi instan bakal lebih gurih, dibandingkan biasanya, lho!

Nah itu tips praktis mengolah mi instan ala Chef Sisca Soewitomo. Selamat berkreasi ya!

Baca Juga: Gantung Panci Dikira Pamit, Sisca Soewitomo: Gak Mungkin Lah!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya