Comscore Tracker

Segar dan Pedasnya Membara, Resep Sambal Matah Kecombrang Khas Bali 

#IDNTimesFood langsung bikin yuk

Apa kuliner khas Bali yang paling kamu sukai? Ya, ada banyak pilihan saat kamu ingin kuliner di Pulau Dewata ini. Mulai dari Ayam Betutu, Sate Lilit, Lawar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan lupa, sambalnya pun kerap bikin ketagihan. Salah satunya adalah sambal matah kecombrang. 

Bagaimana cara membuatnya? Kamu bisa cek di bawah ini ya resep sederhana membuat sambal matah kecombrang khas Bali. Pasti bakal bikin ketagihan.  

1. Bahan membuat sambal matah kecombrang

Segar dan Pedasnya Membara, Resep Sambal Matah Kecombrang Khas Bali Bawang merah dan bawang putih (pixabay.com/Adriano Gadini)

Bahan-bahan:

  • 45 gram bawang merah
  • 30 gram cabai merah besar
  • 25 gram bunga kecombrang
  • 20 gram cabai merah keriting
  • 10 gram terasi bakar
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 5 sdm minyak kelapa
  • 3 sdm air perasan jeruk nipis
  • garam secukupnya

2. Kupas bawang merah dan iris cabai

Segar dan Pedasnya Membara, Resep Sambal Matah Kecombrang Khas Bali Bawang merah (harvesttotable.com)

Siapkan talenan di atas meja, lalu kupas bawang merah sampai bersih. Iris bawang merah tipis-tipis dan sisihkan. Iris pula bunga kecombrang dan campur dengan bawang merah.

Setelah itu, belah cabai merah besar dan cabai merah keriting sekaligus. Ambil dan buang biji di dalamnya sampai bersih. Iris tipis sesuai selera.

3. Masukkan semua bahan ke dalam wadah

Segar dan Pedasnya Membara, Resep Sambal Matah Kecombrang Khas Bali Sambal matah kecombrang (instagram.com/indonesian_food_society)

Masukkan irisan bawang merah, bunga kecombrang, cabai merah besar, cabai merah keriting ke dalam wadah. Tambahkan serai yang sudah digeprek, daun jeruk, air perasan jeruk nipis, dan garam ke dalamnya. Aduk sampai tercampur merata.

Baca Juga: Ide Masak Hari Ini: Resep Sambal Goreng Manisa yang Gurih dan Segar

4. Panaskan minyak kelapa bersama terasi

Segar dan Pedasnya Membara, Resep Sambal Matah Kecombrang Khas Bali Menuang minyak (freepik.com)

Siapkan wajan di atas kompor, lalu tuang minyak kelapa secukupnya. Panaskan sebentar hingga mendidih. Masukkan terasi yang sudah dibakar ke dalamnya dan goreng sebentar sampai harum.

5. Tuang minyak kelapa ke dalam campuran bawang

Segar dan Pedasnya Membara, Resep Sambal Matah Kecombrang Khas Bali Sambal matah kecombrang (instagram.com/dillarosa)

Ambil wadah berisi campuran bawang dan cabai tadi, lalu tuangkan minyak kelapa yang masih panas. Langsung aduk sampai tercampur merata. Tunggu sampai bawang merahnya mengeluarkan sarinya.

Setelah itu, diamkan sambal selama 30 menit agar bumbunya lebih meresap. Sajikan sambal matah kecombrang dengan lauk favoritmu, deh.

Nah itu resep membuat sambal matah kecombrang khas Bali. Bagaimana menurut kamu? Gak susah kan cara membuatnya? Cobain langsung yuk! 

Baca Juga: Resep Sambal Tempe Kemangi ala Rumahan yang Pedasnya Bikin Nagih

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya