Comscore Tracker

7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awet

Kamu sering melihat pisang digantung kan?

Pisang termasuk buah favorit banyak orang. Selain mudah didapat, harganya juga terbilang sangat terjangkau. Banyak orang memilih pisang karena termasuk buah yang paling pas dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. 

Hanya saja, karena tidak mengerti cara memilih dan menyimpan pisang, akhirnya buah tersebut terbulang sia-sia karena cepat membusuk. Nah bagaimana sebenarnya cara memilih dan menyimpan pisang yang tepat? Berikut tips-tipsnya.

1. Pilih tandan berwarna hijau muda atau hijau tua

7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awetthepacker.com

Hal paling mencolok yang bisa kamu lihat pertama kali adalah warna tandan. Tandan merupakan pangkal yang menyatukan semua pisang. Pastikan yang kamu pilih berwarna hijau muda atau hijau tua, itu menandakan pisang baru saja dipanen.

Jangan sesekali memilih pisang jika tandannya sudah berwarna kuning kecokelatan. Hal ini berarti pisang sudah terlalu lama dipanen sehingga umur kesegarannya sudah tak lama lagi. Periksa pula teksturnya, pilih tandan yang masih kukuh dan keras.

2. Bintik cokelat pada kulit pisang adalah tanda yang bagus

7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awetunsplash.com/Lucian Alexe

Kebanyakan orang pasti lebih memilih pisang yang terlihat kuning mengilap tanpa noda. Padahal, bintik cokelat pada kulit pisang adalah tanda yang bagus, lho. Itu tandanya pisang matang sempurna dan rasanya bakal manis.

Ketika noda atau bercak cokelat semakin terlihat, maka daging buah pisang semakin matang. Namun, jangan pula memilih yang sudah terlalu hitam sebab pisang tersebut sudah terlalu matang dan teksturnya lembek saat diolah.

3. Pilih pisang dengan warna yang merata

7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awetpexels.com/Luis Quintero

Perhatikan warna satu sisir pisang yang kamu pilih. Pastikan warna satu pisang dengan pisang yang lain sudah merata dan sama. Itu tandanya kualitas pisang sangat bagus dan sudah matang sempurna.

Pegang pula kulit pisangnya. Pisang yang bagus punya permukaan yang halus dan lembut saat diusap. Jika sudah terasa kasar, kusam, dan bergetah, itu artinya pisang masih mentah atau bahkan terlalu matang.

4. Bungkus tandan pisang dengan rapat menggunakan aluminium foil

7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awetladyland.com

Ketika sudah sampai di rumah dan pisang yang kamu beli belum mau diolah atau dikonsumsi, segera simpan dengan cara membungkus tandannya. Caranya gampang banget. Siapkan selembar aluminium foil, lalu bungkus tandannya dengan rapat.

Cara tersebut mencegah muncul dan menyebarnya gas etilena yang diproduksi secara alami oleh pisang. Gas tersebut bisa membuat proses pematangan pisang jauh lebih cepat, sehingga bisa membusuk dalam hitungan hari saja.

Baca Juga: 7 Tips Memilih dan Menyimpan Bawang Bombay biar Lebih Tahan Lama 

5. Pisang yang belum terlalu matang jangan disimpan di kulkas

7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awetunsplash.com/Syed Hussaini

Pisang yang sekiranya belum terlalu matang jangan disimpan di dalam kulkas, apalagi dicampur dengan buah lain, seperti mangga dan jeruk karena bisa cepat busuk. Sebaiknya, letakkan pisang di ruang terbuka saja.

Dengan begitu, proses pematangan pisang bisa jauh lebih sempurna karena dilakukan secara alami. Jika ingin pisang matang kurang dari satu hari, segera masukkan ke dalam kantung kertas cokelat, dijamin proses matangnya jauh lebih cepat.

6. Dengan digantung pisang jadi lebih mudah bernafas

7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awetunsplash.com/Yoko Correia Nishimiya

Kalau kamu sering beli dan mengonsumsi pisang, pastikan kamu punya alat penggantungnya. Menyimpan pisang dengan cara digantung bisa membuatnya awet sekitar 4-5 hari. Kamu bisa meletakkannya di atas meja atau ditempel di dinding.

Dengan digantung, pisang jadi lebih mudah bernafas dan terhindar dari munculnya noda-noda tanda pembusukan. Pisangmu bisa bertahan lebih lama dan gak gampang busuk lagi.

7. Berikan perasan air lemon untuk menjaga kesegaran pisang

7 Cara yang Benar Memilih dan Menyimpan Pisang, Bakal Lebih Awetunsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Jika kamu terlanjur mengupas pisang terlalu banyak, itu masih bisa diselamatkan, lho. Iris pisang menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam gelas atau plastik ziplock. Kemudian, berikan perasan air lemon untuk menjaga kesegarannya.

Segera simpan pisang tersebut di dalam kulkas. Cara menyimpan seperti ini tak bisa bertahan lebih lama, sehingga harus cepat diolah menjadi sebuah masakan. Kalau kamu gak punya lemon, kamu bisa gunakan air nanas atau cuka, ya.

Nah itu beberapa cara memilih dan menyimpan pisang agar bisa tahan lebih lama. Semoga bermanfaat ya!

Download aplikasi cari resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 8 Tips Memilih dan Menyimpan Sliced Beef biar Selalu Segar, Gak Bau!

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya