Comscore Tracker

Perbedaan Matcha dan Green Tea, Biar Gak Salah Pilih!

Kamu tim matcha atau green tea nih?

Matcha dan green tea memiliki warna yang sama. Yaitu sama-sama berwarna hijau. Pasti kamu mengiranya matcha dan green tea itu sama ya. Padahal keduanya berbeda lho. Matcha sebenarnya teh hijau berbentuk bubu dari hasil menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung.

Lalu apa bedanya dengan green tea? Ini lima perbedaan matcha dan green tea yang harus kamu tahu:

1. Komposisi daun

Perbedaan Matcha dan Green Tea, Biar Gak Salah Pilih!pexels.com/@fotografierende

Saat mengonsumsi green tea, biasanya tehnya dicelup atau didiamkan di dalam air panas. Yang kamu minum hanyalah airnya, tidak dengan daun tehnya. Sedangkan matcha, kamu mengonsumsi keseluruhan daunnya yang sudah dikeringkan dan diolah menjadi bubuk.

Oleh karena itu komposisi daun teh lebih banyak terkandung dalam matcha dibanding green tea.

2. Dilihat dari penggunaannya

Perbedaan Matcha dan Green Tea, Biar Gak Salah Pilih!pixabay.com/users/dungthuyvunguyen

Karena bentuknya bubuk, matcha lebih bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan dibandingkan dengan green tea. Baik itu dalam membuat roti, kue dan makanan penutup lainnya, sedangkan green tea tidak bisa.

3. Kandungan kafein dan antioksidan

Perbedaan Matcha dan Green Tea, Biar Gak Salah Pilih!pixabay.com/users/dungthuyvunguyen

Matcha mengandung lebih banyak kafein, polifenol dan antioksidan dari pada green tea. Dalam penelitian, kandungan tersebut bisa untuk membakar lemak, mencegah penyebaran kanker dan memiliki efek menenangkan yang lebih besar dari pada green tea.

4. Kandungan klorofil

Perbedaan Matcha dan Green Tea, Biar Gak Salah Pilih!pixabay.com/users/dungthuyvunguyen

Matcha juga mengandung lebih banyak klorofil dari pada green tea. Bisa terlihat jelas dari warnanya bahwa green tea cenderung lebih kuning dari pada matcha. Klorofil sendiri berfungsi untuk mempercepat pemulihan pada kulit dan dapat mengobati jerawat.

5. Harga

Perbedaan Matcha dan Green Tea, Biar Gak Salah Pilih!unsplash.com/@massimorinaldi27

Karena prosesnya yang jauh lebih singkat, green tea memiliki harga lebih murah dibandingkan matcha. Untuk mendapatkan matcha yang berkualitas, kamu harus merogoh dompet lebih dalam.

Itu dia perbedaan matcha dan green tea. Jangan keliru lagi ya. Baik matcha maupun green tea sama-sama memiliki fungsi yang baik untuk tubuh, tergantung dari kadar penggunaannya. Kamu lebiih suka mana nih?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Wesa Bhadrasana di IDN Times Community dengan judul 5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Keliru

Baca Juga: 5 Resep Minuman dari Bahan Oat, Auto Segar dan Bikin Kenyang

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya