Comscore Tracker

5 Makanan Khas Vegetarian yang Hanya Kamu Temukan di Bali

Sayur ares favoritnya mimin nih. Hehe

Sebagai daerah tujuan wisata, Bali juag memiliki aneka makanan khasnya yang terkenal. Namun hampir sebagian besar makanan khas yang populer biasanya berupa daging. Buat kamu yang tidak bisa mengonsumsi daging, berikut ini referensi lima makanan vegetarian khas Bali yang diminati masyarakat.

1. Serombotan, makanan khas Kabupaten Klungkung

5 Makanan Khas Vegetarian yang Hanya Kamu Temukan di Baliinstagram.com/serombotan.bugeria/

Semuanya berisi sayuran. Seperti kacang panjang, bayam, tauge, terung bulat, pare dan lainnya. Sayurannya direbus dulu.

Bumbu yang dipakai juga beragam seperti sambal nyuh, yaitu kelapa parut yang diberi bumbu, sambal bumbu kacang yang terdiri dari kacang halus kemudian diberi bumbu, serta uyah sere limau yang dalam Bahasa Indonesia artinya campuran terasi, garam, dan jeruk limau. Kamu wajib mencobanya deh.

2. Sayur gonda

5 Makanan Khas Vegetarian yang Hanya Kamu Temukan di Baliinstagram.com/paonmakmo/

Sayur gonda sebenarnya adalah gulma padi yang diolah menjadi makanan. Sayur gonda biasa direbus dan dicampur bersama bumbu merah maupun sambal goreng. Penampilannya sekilas mirip dengan sayur kangkung. Namun rasanya memang agak sedikit pahit. Tetapi kalau terbiasa, mungkin kamu bisa menikmatinya dan ketagihan.

Baca Juga: 7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidah

3. Plecing kangkung

5 Makanan Khas Vegetarian yang Hanya Kamu Temukan di Baliinstagram.com/ornellachrislie/

plecing kangkung ini paling populer di Bali. Kalau makan ayam betutu, pasti ada plecing kangkungnya. Ya, kalau orang Korea bilang, makanan tidak akan lengkap rasanya tanpa kimchi.

Kangkung mudah tumbuh liar di air. Biasanya juga dipakai sebagai pakan ternak babi. Plecing kangkung menggunakan sayuran yang lebih muda. Setelah direbus, kangkung akan dicampur bersama bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, tomat merah, cabai rawit, terasi bakar, garam dan gula. Rasanya asam, manis, gurih, dan pedas. Dijamin akan menggugah selera.

4. Sayur nangka

5 Makanan Khas Vegetarian yang Hanya Kamu Temukan di Baliinstagram.com/andrianda/

Sayur nangka hampir semua ada di Indonesia, termasuk Bali. Mereka memanfaatkan nangka muda. Masyarakat Bali menggunakan bumbu kuning khas dengan kuah yang melimpah.

Perlu kamu ketahui, orang Bali terutama kaum tua memiliki cara menikmati sayur nangka ini. Yaitu dengan megerosang, artinya sayur ditaruh ke dalam mangkuk kemudian kuahnya diseruput, dan nangka mudanya dimakan menggunakan tangan. Kebiasaan makan ini masih ada sampai sekarang.

Baca Juga: Mencicipi Gurihnya Entil Pupuan, Kuliner Khas Tabanan Bali

5. Sayur batang muda pisang yang bernama ares

5 Makanan Khas Vegetarian yang Hanya Kamu Temukan di Baliinstagram.com/pre_sella

Pohon pisang mudah tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia. Makanya tanaman ini banyak kamu temukan di berbagai daerah, termasuk Bali. Hampir semua bagian pohon pisang dapat dimanfaatkan, termasuk batangnya. Nah, batang itulah yang dinamakan sayur ares.

Sama seperti sayur nangka, ares termasuk makanan yang biasanya disajikan dalam acara adat atau keagamaan di Bali. Batang pisang muda diiris tipis, dicuci dan diremas sampai hancur, kemudian diberi garam. Cuci lagi dan rebus bersama bumbu kuning khas Bali. Rasanya enak banget.

Makanya kamu wajib mencoba makanan vegetarian khas Bali ya. Biar tahu bagaimana nikmatnya sayur-sayuran tersebut.

Baca Juga: 8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh I Putu Yoga Sadhu di IDN Times Community dengan judul 5 Rekomendasi Makanan Vegetarian Khas Bali yang Menggoda Selera

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya