Comscore Tracker

Mengenal Melinda Gates, Pendiri Yayasan Amal Swasta Terbesar di Dunia

Melinda Gates pisah dengan Bill setelah 27 tahun menikah

Jakarta, IDN Times – Bill Gates dan istrinya Melinda, mengumumkan melalui Twitter pada Senin (3/5/2021) bahwa mereka memutuskan untuk berpisah. Diketahui bahwa keduanya sudah menjalin rumah tangga selama 27 tahun lamanya. Selain itu, rumah tangga mereka juga jarang diterpa isu miring.

Publik pun turut terkejut dengan kabar yang disampaikan oleh pasangan yang dikenal kaya raya dan dermawan itu. Berikut perjalanan Melinda Ann French dari sejak awal pertemuan dengan Bill. 

Baca Juga: Segini Harta Kekayaan Bill Gates, Duda Terkaya Dunia setelah Bezos

1. Lahir di Texas pada 15 Agustus 1964

Mengenal Melinda Gates, Pendiri Yayasan Amal Swasta Terbesar di Duniagatesfoundation.org

Melinda yang lahir di Dallas, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 15 Agustus 1964, merupakan putri Raymond Joseph French Jr dan Elaine Agnes Amerland. Raymond adalah insinyur kedirgantaraan dan agen persewaan rumah. Sementara Amerland adalah seorang ibu rumah tangga.

Melinda memiliki satu kakak perempuan dan dua adik laki-laki, sebagaimana disampaikan Conan Daily.

2. Mendirikan yayasan yang memberikan miliaran dana untuk memerangi berbagai isu

Mengenal Melinda Gates, Pendiri Yayasan Amal Swasta Terbesar di DuniaMelinda Gates (instagram.com/melindafrenchgates)

Saat masih menjadi istri Bill Gates, Melinda turut mendirikan Yayasan Bill & Melinda Gates pada tahun 2000. Kini yayasan itu telah menjadi yayasan amal swasta terbesar di dunia.

Yayasan tersebut telah memberikan miliaran dana untuk memerangi berbagai isu seperti kesehatan global, pembangunan dan pendidikan, perubahan iklim, dan pandemik COVID-19.

3. Mengembangkan minat pada komputer saat mengambil kelas matematika di Akademi Ursulin

Mengenal Melinda Gates, Pendiri Yayasan Amal Swasta Terbesar di Duniainstagram.com/melindafrenchgates

Sebelum menjadi istri Bill, Melinda melamar pekerjaan di Microsoft Corporation pada 1987. Dia memulai sebagai manajer produk, yang tugas utamanya mengembangkan produk multimedia dan interaktif.

Selama sembilan tahun bekerja untuk Microsoft, Melinda juga pernah mengisi posisi manajer umum produk informasi. Produk yang dia kerjakan termasuk situs web perencanaan perjalanan anggaran Expedia, panduan film interaktif Cinemania, dan ensiklopedia digital multimedia Encarta.

Menurut BBC, Melinda mengembangkan minat awal pada komputer saat mengambil kelas matematika lanjutan di Akademi Ursulin, sebuah sekolah Katolik untuk perempuan. Dia melanjutkan untuk mengejar minatnya di perguruan tinggi, mendapatkan gelar sarjana dalam ilmu komputer dari Duke University pada 1986. Tahun berikutnya, dia memperoleh gelar master dalam administrasi bisnis, dengan fokus di bidang ekonomi, dari Fuqua School of Business di Duke University.

Baca Juga: Cerai Setelah 27 Tahun Menikah, Ini Permintaan Bill dan Melinda Gates

4. Sebelum menikah dengan Bill, mereka berpacaran selama enam tahun

Mengenal Melinda Gates, Pendiri Yayasan Amal Swasta Terbesar di DuniaMelinda Gates (instagram.com/melindafrenchgates)

Melinda pertama kali bertemu bos barunya, Bill, di pameran dagang PC di Manhattan pada 1987. Keduanya menemukan kecocokan karena memiliki selera humor yang sama, hingga akhirnya Bill mengajaknya berkencan.

Setelah berpacaran selama enam tahun, Bill melamar Melinda dan pada 1994 keduanya menikah di pulau Lanai di Hawaii. Melinda melahirkan anak pertama mereka, seorang putri bernama Jennifer Katharine Gates, pada 1996.

Saat itu, ia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya di Microsoft agar dapat fokus membesarkan anak dan kegiatan filantropi. Melinda dan Bill kemudian memiliki dua anak lagi, yaitu seorang anak laki-laki bernama Rory John dan seorang anak perempuan bernama Phoebe Adele.

Baca Juga: Umumkan Cerai, Bill dan Melinda Gates Tidak Buat Perjanjian Pranikah

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya