Comscore Tracker

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk Survived

Penting nih untuk masa depan anak

Supaya anak bisa survived di masa depan, sangat penting untuk mendidik dan melatih mereka agar bisa mandiri yaitu dengan cara belajar menabung sedini mungkin. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar anak mulai terbiasa untuk menabung. Setiap orang tua tentu ingin agar anaknya bisa lebih disiplin dengan finansialnya sejak kecil. 

Pendekatan yang dilakukan setiap orang tua dengan anak-anaknya tentu tidak ada yang sama. Ada yang merasa lebih pas dengan cara yang agak tegas, tapi ada juga yang merasa lebih nyaman dengan pendekatan lembut. Nah, kamu bisa coba jadikan 10 cara di bawah ini sebagai referensi untuk melatih anak agar mulai rajin menabung. 

1. Kenalkan nilai mata uang dan bentuknya

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedPixabay/Blick

Memori si kecil terbentuk dan tumbuh dengan sangat kuat. Jadi, tak ada salahnya mengenalkan uang kepada mereka, sekaligus mengajarkan kebiasan menabung. Kamu bisa mengenalkan mulai dari nilai mata uang, bentuknya, hingga fungsinya.

2. Jelaskan fungsinya menabung

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah diajarkan mengenai nilai mata uang serta fungsinya, jangan lupa memberitahu apa tujuan menabung. Misalnya salah satunya untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

3. Belikan celengan dengan warna kesukaan anak

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedPexels.com/maitree rimthong

Anak-anak pasti menyukai barang-barang lucu, kan? Nah, salah satu cara untuk mengajarkan anak rajin menabung adalah dengan membelikan celengan yang lucu, unik, dan berwarna kesukaan mereka.

4. Latih cara menyisihkan uang harian

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedIlustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Setelah anak mengerti dengan uang dan fungsinya menabung, jangan lupa memberikan uang harian atau bulanan. Ajarkan pula menyisihkan uang untuk ditabung.

5. Beri bonus tambahan jika anak rajin menabung

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedIlustrasi Keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Supaya anak rajin menabung, kamu harus menjanjikan sesuatu kepadanya. Seperti membelikan sesuatu yang diinginkannya dengan menggunakan hasil tabungannya. Berikan juga "bonus tambahan" kepada mereka karena rajin menabung dan memenuhi targetnya.

Baca juga: 17 Trik Menabung Paling Jitu, Millennials Wajib Tahu Nih!

6. Kenalkan anak cara menabung di bank

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedIlustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Jika dirasa umur anak sudah cukup untuk diajak menabung dengan nominal besar, mulailah dengan mengajak anak menabung di bank. Kenalkan bagaimana cara membuka rekening di bank.

7. Belajar catat sendiri uang yang ditabungkan

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedIlustrasi Keuangan (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak sekadar memasukan uang ke dalam celengan saja, kamu juga harus mengajarkan cara mencatat berapa jumlah uang yang ditabungkan. Tujuannya supaya anak dapat menghitung sendiri berapa hasil tabungannya.

8. Ajarkan cara memilih barang sesuai keperluan

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Jika anak ingin membeli suatu barang, kamu sebagai orangtua wajib mendampinginya. Ajarkan mereka bagaimana cara memilih barang yang baik, supaya pandai dalam memilih sesuatu sesuai kebutuhannya.

9. Ajari tentang konsep meminjam uang

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk Survivedpexels.com/

Jika anak sudah kehabisan uang, tak ada salahnya untuk meminjam uang. Tetapi ingatkan lagi bahwa itu bukan hal yang baik. Cara satu ini akan membuat anak lebih disiplin dan bisa mengembalikan uang yang dipinjam dengan tepat waktu.

10. Sebagai contoh bagi anak, orangtua juga harus menabung

10 Cara Sederhana Melatih Si Kecil Menabung, Biar Bisa untuk SurvivedIlustrasi Menabung (IDN Times/Mardya Shakti)

Sambil sang buah hati menabung, orangtua juga harus memberikan contoh yang baik untuk menabung dong. Misalnya, kamu juga harus menyisihkan sebagian uangmu dan memasukkannya ke celenganmu sendiri. Bisa dipastikan mereka akan meniru kebiasaan baik ini.

Nah itu 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih anak agar mau rajin menabung, tentu hal ini demi kebaikan masa depan si kecil. Selamat mencoba ya!

Baca juga: 5 Tips untuk si Boros yang Ingin Hemat dan Belajar Menabung

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya